Senin, 03 Oktober 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Peringati Hari UMKM Nasional, Tokopedia Bantu UMKM Lokal Lewat Pemanfaatan Teknologi Digital

Posted by: 12-08-2022 17:22 WIB 609 viewer

Peringati Hari UMKM Nasional, Tokopedia Bantu UMKM Lokal Lewat Pemanfaatan Teknologi Digital
Tokopedia Bantu UMKM Lewat Teknologi Digital/Istimewa

INFOBRAND.ID-Peringati  Hari UMKM Nasional 12 Agustus 2022, Tokopedia terus berkolaborasi membantu UMKM lokal menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi. Misalnya dengan KemenKop UKM RI, Tokopedia telah bekerja sama dengan Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) dalam memberikan sosialisasi dan fasilitasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM di Tokopedia, Digitalisasi Warung dan Kelas Akselerasi Digital.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Tokopedia yang senantiasa menjadi mitra pemerintah dalam mengakselerasi transformasi digital UMKM di tanah air. Tiga tahun ke belakang berjuang bersama menghadapi tantangan pandemi, kita memahami pentingnya UMKM untuk mengoptimalkan ekosistem digital, bukan hanya untuk bertahan, namun pulih dan semakin kokoh sebagai salah satu pilar utama ekonomi nasional,” kata Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki.

Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Salah satu manifestasinya, yaitu halaman kurasi produk UMKM setempat ‘Kumpulan Toko Pilihan’ (KTP) berdasarkan lokasi pengguna.

Deretan inisiatif tersebut berdampak positif. Selama semester I 2022 dibandingkan dengan periode yang sama di 2021, Mempawah, Lampung Barat dan Lombok Utara adalah beberapa daerah dengan kenaikan jumlah penjual tertinggi,” kata VP of Marketplace Tokopedia, Yudhiaji Kusuma.

Sebelum merumuskan inisiatif atau inovasi, yang sesuai dengan kebutuhan sekitar 12 juta penjual di Tokopedia dan telah dijelaskan di atas, Tokopedia melakukan riset komprehensif lewat tim yang dipimpin oleh Head of Product and UX Research Tokopedia, Jesslyn Siswanto. Tokopedia melakukan pengembangan konten di Pusat Edukasi Seller, fitur Bundling Produk dan Banner Toko, serta masih banyak lagi. Kemudahan ini dimanfaatkan oleh UMKM lokal, seperti UniNam, iniTempe dan Heritage Brass.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


BSI Konsisten Menerapkan Green Economy dan Menciptakan Islamic Ecosystem

BSI Konsisten Menerapkan Green Economy dan Menciptakan Islamic Ecosystem
INFOBRAND.ID-Pembangunan ekonomi berkelanjutan terus di lakukan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Salah satu bentuk implementasinya adalah konsiste...


Aquaprof Luncurkan Produk Terbaru Aquagard ECO7

Aquaprof Luncurkan Produk Terbaru Aquagard ECO7
INFOBRAND.ID- Untuk memenuhi kebutuhan aplikator maupun pemilik rumah yang mengalami kesulitan dalam pengaplikasian produk semen pelapis anti bocor, A...


Terobosan MamyPoko, Hadirkan Popok Bayi Organic Cotton Pertama di Indonesia 

Terobosan MamyPoko, Hadirkan Popok Bayi Organic Cotton Pertama di Indonesia 
INFOBRAND.ID - PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan terobosan baru popok bayi sekali pakai berbahan organic cotton dari MamyPoko Royal Soft. Produk...


Melihat Perjalanan Ajinomoto Selama 3 Tahun Mendirikan AVC

Melihat Perjalanan Ajinomoto Selama 3 Tahun Mendirikan AVC
INFOBRAND.ID-Perusahaan yang memulai bisnisnya di Tanah Air sejak 1969 dan mendirikan pabrik pertamanya di Mojokerto pada 1970, ternyata membuat PT Aj...