Rabu, 08 Februari 2023

Follow us:

infobrand

9th Spirit INFOBRAND

Peringati Hari UMKM Nasional, Tokopedia Bantu UMKM Lokal Lewat Pemanfaatan Teknologi Digital

Posted by: 12-08-2022 17:22 WIB 1231 viewer

Peringati Hari UMKM Nasional, Tokopedia Bantu UMKM Lokal Lewat Pemanfaatan Teknologi Digital
Tokopedia Bantu UMKM Lewat Teknologi Digital/Istimewa

INFOBRAND.ID-Peringati  Hari UMKM Nasional 12 Agustus 2022, Tokopedia terus berkolaborasi membantu UMKM lokal menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi. Misalnya dengan KemenKop UKM RI, Tokopedia telah bekerja sama dengan Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) dalam memberikan sosialisasi dan fasilitasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM di Tokopedia, Digitalisasi Warung dan Kelas Akselerasi Digital.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Tokopedia yang senantiasa menjadi mitra pemerintah dalam mengakselerasi transformasi digital UMKM di tanah air. Tiga tahun ke belakang berjuang bersama menghadapi tantangan pandemi, kita memahami pentingnya UMKM untuk mengoptimalkan ekosistem digital, bukan hanya untuk bertahan, namun pulih dan semakin kokoh sebagai salah satu pilar utama ekonomi nasional,” kata Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki.

Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Salah satu manifestasinya, yaitu halaman kurasi produk UMKM setempat ‘Kumpulan Toko Pilihan’ (KTP) berdasarkan lokasi pengguna.

IKLAN INFOBRAND.ID

Deretan inisiatif tersebut berdampak positif. Selama semester I 2022 dibandingkan dengan periode yang sama di 2021, Mempawah, Lampung Barat dan Lombok Utara adalah beberapa daerah dengan kenaikan jumlah penjual tertinggi,” kata VP of Marketplace Tokopedia, Yudhiaji Kusuma.

Sebelum merumuskan inisiatif atau inovasi, yang sesuai dengan kebutuhan sekitar 12 juta penjual di Tokopedia dan telah dijelaskan di atas, Tokopedia melakukan riset komprehensif lewat tim yang dipimpin oleh Head of Product and UX Research Tokopedia, Jesslyn Siswanto. Tokopedia melakukan pengembangan konten di Pusat Edukasi Seller, fitur Bundling Produk dan Banner Toko, serta masih banyak lagi. Kemudahan ini dimanfaatkan oleh UMKM lokal, seperti UniNam, iniTempe dan Heritage Brass.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Indocement Tunggal Prakarsa Rilis Produk Semen Ramah Lingkungan

Indocement Tunggal Prakarsa Rilis Produk Semen Ramah Lingkungan
INFOBRAND.ID-PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) meluncurkan produk semen baru pada Jumat (27/1) lalu. Produk baru ini disebut sebagai semen ram...


Teknologi Plasmacluster SHARP Berhasil Menunjukan Efektifitasnya Kurangi Novel Coronavirus

Teknologi Plasmacluster SHARP Berhasil Menunjukan Efektifitasnya Kurangi Novel Coronavirus
INFOBRAND.ID-Sharp Corporation tidak pernah berhenti untuk terus melakukan pengujian terhadap teknologi Plasmacluster guna berkontribusi dalam melindu...


Pigeon Hadirkan Botol Susu Berteknologi T-Ester

Pigeon Hadirkan Botol Susu Berteknologi T-Ester
INFOBRAND.ID-Di era digital sekarang ini, tak jarang ibu dituntut menjalani multiperan dan membuatnya tidak selalu bisa bersama buah hati dalam 24 jam...


DFSK  Luncurkan Mobil Listrik Ambulans Pertama di Indonesia

DFSK Luncurkan Mobil Listrik Ambulans Pertama di Indonesia
INFOBRAND.ID-DFSK menunjukan komitmennya secara kuat dalam memacu era elektrifikasi di Indonesia dengan berbagai teknologi. Sejumlah kendaraan penumpa...