Sabtu, 31 Juli 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Permintaan Mobil Meningkat, Pencarian Membanjiri Ranah Digital

Posted by: 08-07-2021 21:49 WIB 159 viewer

Permintaan Mobil Meningkat, Pencarian Membanjiri Ranah Digital
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, dalam pemaparan hasil riset Indonesia Digital Popular Brand Award.

JAKARTA, INFOBRAND - Seiring dengan perkembangan ekonomi digital, masyarakat semakin terbiasa dengan melakukan transaksi secara digital. Bukan hanya barang konsumsi seperti kebutuhan sehari-hari, tapi juga termasuk barang mewah seperti mobil.

Dari riset yang dilakukan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan bran di Indonesia, bekerjasama dengan IMFocus Digimarketing Consultant Certified Google Partner, menemukan 10 kategori produk yang banyak dicari di internet adalah; Resto Fried Chicken (552,5 ribu), Sepeda Motor Matic (387,2 ribu), City Car (327,1 ribu), Mobil SUV (249,4 ribu), Mobil MPV (241,9 ribu), Kendaraan Niaga (224,6 ribu), Supermarket Perabot Rumah Tangga (215,5 ribu), Kredit Barang Elektronik (198,4 ribu), Vitamin Sistem Imunitas Anak (160,6 ribu), dan Sepatu Runing (151,9 ribu).

Yang menarik dari hasil riset tersebut adalah, kategori mobil paling banyak muncul, sebanyak 4 kategori, yang jika ditotal ada 1,4 juta pencarian per bulan. Hal itu terjadi karena pada saat pasar otomotif di ranah offline masih lesu, masyarakat cenderung melakukan pencarian di ranah online. Diketahui, pameran otomotif yang digelar rutin setiap tahun menjadi moment yang ditunggu-tunggu, namun sejak tahun 2020 pameran otomotif ditiadakan karena pandemi covid-19.

Di sisi lain, sektor otomotif yang sempat mengalami kelesuan, atau penurunan penjualan di masa awal pandemi covid, saat ini telah mulai bergairan kembali. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), sempat anjlok di angka terendah 3.551 unit di bulan Mei 2020, penjualan mobil telah pulih menjadi 84.915 unit di bulan Maret 2021.

Sayangnya untuk menjawab tren peningkatan penjualan mobil atau permintaan pasar tersebut, belum dapat dijawab dengan pameran otomotif yang sudah menjadi agenda rutin. Akibatnya pencarian mobil di ranah online pun mengalami kenaikan.

Adapun kebiasaan mencari produk atau jasa yang dilakukan para konsumen melalui mesin pencari adalah untuk mengumpulkan informasi. Ketika pencarian kategori mobil paling banyak, artinya masyarakat banyak mencari informasi terkait mobil, di berbagai kategori tersebut.

Selanjutnya, ketika sudah menemukan mobil yang dicari, konsumen akan membandingkan antara brand yang satu dengan brand yang lain. Saat melakukan pencarian, masyarakat dapat menemukan jawaban di berbagai channel, seperti artikel, review di youtube, marketplace, maupun website resmi.

Sebab, ada 5 tahap konsumen membeli produk melalu platform online yaitu; awareness atau mengenal yang dilakukan dengan pencarian di mesin pencari.  Kedua, Appeal, atau tertarik yang kemudian seorang konsumen mencari berbagai referensi akan sebuah produk.

Ketiga, Ask atau bertanya, untuk memenuhi hal ini beberapa perusahaan saat ini berinovasi mengembangkan Chatbot untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan calon. Keempat, Action atau melakukan pembelian. Dan terakhir, advocate dengan memberikan rating dan review terhadap produk atau brand yang dibelinya.

Maka dari itu, bagi pelaku brand termasuk pabrikan mobil harus hadir di ranah digital dengan membuat website resmi, atau memperbanyak konten di media sosial, seperti facebook, instagram, youtube. Serta hadir di marketplace.

Itu seperti dilakukan oleh Wuling yang memiliki official website, untuk memudahkan memberikan informasi kepada konsumen tentang harga, keunggulan, dan inovasi yang dimiliki. Kehadiran website resmi penting, untuk memberikan informasi yang akurat kepada konsumen.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Tiga Inovasi Ini Jadikan Mom Uung Brand Paling Unggul di Masa Pandemi

Tiga Inovasi Ini Jadikan Mom Uung Brand Paling Unggul di Masa Pandemi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Branding di masa pandemi saat ini saling berinovasi satu sama lain kearah digital, dimana hampir semua aktivitas dilakukan di...


Ajak 2.000 Apotik, GoApotik Ikut Dukung Layanan Farma Plus dari Kemenkes

Ajak 2.000 Apotik, GoApotik Ikut Dukung Layanan Farma Plus dari Kemenkes
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Tingginya kebutuhan obat-obatan khususnya terkait Covid-19 di Indonesia, membuat pemerintah meningkatkan layanan akses informa...


Layanan Pengiriman Meningkat, Konsumen Inginkan Layanan Cepat dan Murah

Layanan Pengiriman Meningkat, Konsumen Inginkan Layanan Cepat dan Murah
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Maraknya e-commerce di Indonesia mendorong meningkatnya persaingan di bisnis kurir dan logistik. Hal ini ditandai dengan marak...


Bank Syariah Semakin Inovatif ke Ranah Digital

Bank Syariah Semakin Inovatif ke Ranah Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Seiring berkembangnya pasar muslim di Indonesia, ekonomi Syariah khususnya industri  keuangan Syariah turut berkembang pe...