Selasa, 27 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Plastic Reborn 3.0 Bantu Ekosistem Pengelolaan Sampah Lewat Pemberdayaan Sektor Informal

Posted by: 1324 viewer

Plastic Reborn 3.0 Bantu Ekosistem Pengelolaan Sampah Lewat Pemberdayaan Sektor Informal
Plastic Reborn Perkuat Ekosistem Pengelolaan Sampah

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) didukung The Coca-Cola Foundation hari ini (16/11) kembali menjalin kemitraan bersama Ancora Foundation serta Plastic Bank Indonesia dan MallSampah sebagai mitra pelaksana dalam fase baru dari program “Plastic Reborn 3.0” yang bertujuan untuk mencari solusi terhadap permasalahan sampah plastik di Indonesia. Melalui Plastic Reborn 3.0, kemitraan ini bertujuan untuk memperkuat ekosistem pengumpulan sampah melalui pemberdayaan pengumpul sampah informal.

Plastic Reborn diluncurkan pada bulan Maret 2017 sebagai program kolaborasi yang diinisiasi oleh Coca-Cola Foundation Indonesia dan Ancora Foundation untuk mendorong terbangunnya ekosistem daur ulang ekonomi sirkular di Indonesia. Plastic Reborn 3.0 berupaya memberdayakan dan meningkatkan taraf hidup dari para pekerja sampah, yaitu pemulung dan pengepul di wilayah pesisir Indonesia yang meliputi Lombok dan Makassar, melalui pemanfaatan teknologi seperti aplikasi pengumpulan sampah yang memungkinkan pengumpul sampah untuk melakukan pencatatan, pelacakan, dan pemantauan data daur ulang sehingga dapat meningkatkan kapasitas pengumpulan dari pekerja sektor informal. Plastic Reborn 3.0 didanai oleh The Coca-Cola Foundation, dimana Coca-Cola Foundation Indonesia akan memantau implementasi dana hibah tersebut di Indonesia.

Ancora Foundation bersama dengan mitra pelaksana yaitu Plastic Bank Indonesia dan Mall Sampah dalam program Plastic Reborn 3.0 telah berhasil mengumpulkan lebih dari 14 juta – atau setara dengan 293 ton – botol plastik PET dari wilayah Lombok dan Makassar. Plastic Bank Indonesia dan MallSampah juga telah memberikan pelatihan dan pendampingan intensif kepada 436 pemulung dan pengepul untuk mengakselerasi adopsi teknologi di bidang pengelolaan sampah, serta meningkatkan kapabilitas pengelolaan sampah kemasan plastik pasca konsumsi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ketua Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) Triyono Prijosoesilo mengungkapkan, “Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bersama Ancora Foundation sebagai mitra terus berupaya mewujudkan ekosistem pengelolaan sampah yang kuat di Indonesia. Melalui inisiatif Plastic Reborn 3.0, para pemulung dan pengepul mendapatkan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas lewat penggunaan teknologi yang mampu mengoptimalkan kinerja pengumpul sampah, serta menerima berbagai program pengembangan masyarakat.

Program ini juga mendorong terbentuknya sistem persampahan dan pendaurulangan yang efisien, khususnya agar wilayah pesisir Lombok dan Makassar dapat terhubung dengan infrastruktur daur ulang yang  dibutuhkan.”

Lombok dan Makassar terletak di wilayah pesisir Indonesia yang rentan terhadap berbagai ancaman pencemaran lingkungan, termasuk sampah yang berasal dari daratan. Sementara itu, penanganan sampah di kedua wilayah ini mengalami kendala seperti infrastruktur persampahan yang belum memadai.

“Belajar dari inisiatif Plastic Reborn sebelumnya, kami menemukan bahwa pemanfaatan teknologi dan pemberdayaan sektor masyarakat informal merupakan dua komponen utama yang dibutuhkan untuk memperkuat ekosistem ekonomi sirkular di Indonesia,” jelas Direktur Eksekutif Ancora Foundation, Ahmad Zakky Habibie. “Hal yang cukup penting adalah bagaimana membuka jalan agar mereka dapat terhubung dengan infrastruktur daur ulang di daerah mereka masing-masing.”

Perpaduan kapabilitas antara Plastic Bank Indonesia dan MallSampah sebagai mitra pelaksana program Plastic Reborn 3.0 menawarkan solusi transparansi, pemantauan, peningkatan kapasitas, dan adopsi solusi teknologi untuk membangun sistem pengelolaan sampah yang menyeluruh di wilayah pesisir. Dengan bantuan teknologi, kini pemulung dapat memantau jadwal, data transaksi, jumlah dan frekuensi transaksi jual beli, serta total kemasan botol pasca konsumsi yang telah dikumpulkan. Adanya peran dan kolaborasi tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan pemulung dan masyarakat yang terlibat dalam program tersebut.

IKLAN INFOBRAND.ID

Country Manager, Plastic Bank Indonesia, Paola Cortese, mengatakan, “Melalui program Plastic Reborn 3.0, kami menggunakan bisnis untuk meningkatkan literasi daur ulang para pemulung dan pengepul yang tersebar di delapan titik tempat pengumpulan sampah dan sekitarnya. Kami juga memberikan inklusi keuangan, transparansi, dan kemudahan pelacakan melalui platform blockchain kami yaitu Alchemy™ -- seraya mengukur dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi yang ditimbulkan.”

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bank Jatim Berikan Mobil Pelayanan Pajak di Bangkalan

Bank Jatim Berikan Mobil Pelayanan Pajak di Bangkalan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank Jatim menyalurkan corporate social responsibility (CSR) berupa satu unit mobil kepada Pemerintah Kabupaten Bangkalan untu...


Sulap Tutup Botol jadi Produk Baru yang Estetik

Sulap Tutup Botol jadi Produk Baru yang Estetik
INFOBRAND.ID - Sampah jika tidak dikelola dengan baik akan mencemari lingkungan. Terutama sampah platik, yang tidak dapat terurai secara alami, akan m...


Gandeng Baznas, PT PII Bangun Rumah Kemas untuk UMKM di Sulsel

Gandeng Baznas, PT PII Bangun Rumah Kemas untuk UMKM di Sulsel
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan pembangunan...


BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak

BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BSI Maslahat menyalurkan bantuan kepada penyintas banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, senilai Rp100...