Jum'at, 23 Februari 2024

Follow us:

infobrand

PNM Gelontorkan Rp450 Miliar untuk Pembiayaan Modal Usaha di Situbondo

Posted by: 470 viewer

PNM Gelontorkan Rp450 Miliar untuk Pembiayaan Modal Usaha di Situbondo
PNM/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) menggelontorkan sekitar Rp450 miliar untuk pembiayaan modal usaha kepada sekitar 110 ribu orang pelaku usaha di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Menurut Direktur Operasional, Digital dan Teknologi Informasi pada PT PNM (Persero) Sunar Basuki menyebutkan bahwa dari 110 ribu orang nasabah itu terbagi menjadi sekitar 550 kelompok.

"Sampai dengan saat ini PNM memberikan akses keuangan pembiayaan modal sekitar Rp450 miliar khusus di Situbondo saja," katanya dikutip Antara, Senin (4/9/2023).

IKLAN INFOBRAND.ID

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bergerak di bidang jasa keuangan itu, dikatakan Sunar, memberikan penawaran modal awal dalam berusaha tanpa agunan dengan bunga terjangkau.

"Kami tidak menggunakan istilah persen, tapi pembiayaan dari kami bunganya terjangkau. Misal setiap minggu ada pembayaran jasa sebesar Rp10.000 per orang," ujarnya.

Dia menyampaikan, masyarakat kecil dapat dipercaya meskipun meminjam tanpa menggunakan agunan dan terbukti kredit macet hanya di bawah 1 persen, selebihnya nasabah membayar dengan lancar dan tuntas.

Selain itu, kata Sunar, PNM juga memberikan pendampingan kepada nasabah dengan memberikan pemahaman tentang kejujuran, disiplin, kerja keras, termasuk tanggung jawab dalam membayar tanggungan nasabah.

PNM, lanjutnya, memberikan pinjaman modal usaha kepada nasabah minimal sebesar Rp2,5 juta, sedangkan pinjaman terbesar akan disesuaikan dengan besarnya usaha yang dimiliki.

IKLAN INFOBRAND.ID

"PNM hadir dengan memberikan pinjaman kepada pelaku usaha kecil tanpa jaminan. Bisa disebut PNM adalah antitesis perbankan dengan memberdayakan kelompok perempuan," jelasnya.

Sunar Basuki juga mengajak pemuda yang tergabung dalam Pengurus Cabang Ikatan Pemuda Nahdlatul Ulama (IPNU) Situbondo yang hadir dalam dialog itu agar memiliki jiwa entrepreneur.

"Entrepreneur itu harus dimiliki oleh para anak muda. Membangun usaha sendiri membutuhkan kompetensi dan mengetahui pangsa pasar. Permodalan nomor sekian. Banyak orang yang punya modal namun tidak punya kemampuan menjadi pengusaha sehingga modalnya sia-sia," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bank Jatim Berikan Mobil Pelayanan Pajak di Bangkalan

Bank Jatim Berikan Mobil Pelayanan Pajak di Bangkalan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank Jatim menyalurkan corporate social responsibility (CSR) berupa satu unit mobil kepada Pemerintah Kabupaten Bangkalan untu...


Sulap Tutup Botol jadi Produk Baru yang Estetik

Sulap Tutup Botol jadi Produk Baru yang Estetik
INFOBRAND.ID - Sampah jika tidak dikelola dengan baik akan mencemari lingkungan. Terutama sampah platik, yang tidak dapat terurai secara alami, akan m...


Gandeng Baznas, PT PII Bangun Rumah Kemas untuk UMKM di Sulsel

Gandeng Baznas, PT PII Bangun Rumah Kemas untuk UMKM di Sulsel
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan pembangunan...


BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak

BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BSI Maslahat menyalurkan bantuan kepada penyintas banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, senilai Rp100...