Selasa, 04 Oktober 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Politeknik Astra Selesaikan Konstruksi PLTS Atap 0,5 Megawatt

Posted by: 28-04-2022 09:50 WIB 1067 viewer

Politeknik Astra Selesaikan Konstruksi PLTS Atap 0,5 Megawatt
Yudi Budiman Lesmana, sekretaris Yayasan Astra Bina Ilmu bersama dengan Tony Harley Silalahi, Direktur Politeknik Astra melaksanakan pemasangan soket solar PV yang terakhir terpasang sebagai tanda selesainya instalasi rooftop

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Polteknik Astra menyelesaikan Konstruksi Panel Surya (Solar Photovoltaic-PV) yang diimplementasikan di atap (Rooftop). Penyelesaian konstruksi dilakukan melalui acara seremoni instalasi panel terakhir Solar PV yang diadakan secara Hybrid di Kampus Politeknik Astra Delta Silicon Cikarang hari ini (27/04/2022).

Sesuai protokol kesehatan yang ketat, acara on-site dilakukan dengan kapasitas sangat terbatas, peserta dan undangan lainnya hadir secara virtual melalui platform Zoom serta disiarkan melalui kanal Youtube Politeknik Astra.

Hadir dalam acara untuk memberikan sambutan Presiden Direktur PT Energia Prima Nusantara (“PT EPN”) Chinthya Theresa, Direktur Politeknik Astra Tony Harley Silalahi, Yudi Budiman Lesmana selaku Sekretaris Yayasan Astra Bina Ilmu (“YABI”), berserta juga Tim Pengembangan Teknologi PLTS Politeknik Astra serta Sivitas Akademika Politeknik Astra.

Pengerjaan proyek konstruksi Solar PV dimulai sejak 22 Februari 2022 bekerjasama dengan PT EPN dan melibatkan dosen serta mahasiswa Politeknik Astra dari Program Studi Diploma 3 Pembuatan Peralatan Perkakas Produksi (“P4”), Teknologi Produksi dan Proses Manufaktur (“TPM”) serta Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung (“TKBG”). Solar PV diimplementasi di atap Gedung Kampus utama dan Dormitory dengan total luas area implementasi 3.300 m3, dengan 832 panel terpasang akan berpotensi menghasilkan energi listrik hampir mencapai 0,5 Megawatt-puncak atau tepatnya 449 Kilowatt-puncak.

Dalam sambutannya Presiden Direktur EPN Chinthya Theresa memperkenalkan kiprah dan portofolio bisnis EPN dalam bidang Energi Baru dan Terbarukan (“EBT”) yang saat ini tengah menjalankan beberapa proyek konstruksi PLTS baik di Grup Astra. “PT EPN berterima kasih kepada Politeknik Astra yang telah menggandeng EPN sebagai partner pengembangan dan implementasi Solar PV. Sepanjang tahun 2022 EPN tengah menjalankan proyek konstruksi Solar PV di beberapa perusahaan Grup Astra yang jika ditotal kapasitasnya berpotensi menghasilkan sekitar 15 Megawatt-puncak,” ujar Chinthya.

Menurut Chinthya, PT EPN akan terus mengembangakan berbagai energi baru terbarukan, selain solar PV akan jugamengembangankan mini-hidro, turbin angin dan sebagainya, dalam rangka mendukung target zero carbon di tahun 2060. Dalam pengembangan ini PT EPN akan berkerjasama dengan Politeknik Astra dalam penelitian dan pengembagan teknologi terkait renewable energy.

Direktur Politeknik Astra Tony Harley Silalahi dalam sambutannya menyampaikan bahwa konstruksi PLTS yang dilakukan bersama EPN dan melibatkan dosen dan mahasiswa Politeknik Astra sangat berpotensi untuk membuka kolaborasi jangka panjang antara Dunia Industri dan Pendidikan Tinggi Vokasi dalam menghasilkan berbagai aktivitas pengembangan teknologi untuk Green Energy. “Saya berharap Politeknik Astra mampu memberikan solusi aplikatif permasalahan yang dihadapi industri di bidang Green Energy khususnya PT EPN, seperti pengembangan dan pembuatan komponen instalasi PLTS bahakan sampai dengan pengembangan drone untuk proses operation dan maintenance PLTS. Ini baru kerjasama awal, di kemudian hari diharapkan semakin banyak kerjasama penelitian yang bisa dikembangkan, hal ini sejalan dengn peluang kerjasama yang disampaikan oleh Ibu Chinthya”, ucap Tony.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Industri Politeknik Astra Budi Wahyu Utomo dalam laporan proyek yang disampaikan. “Mahasiswa dan Dosen dari P4 dan TPM ikut mengasah kompetensi melalui proyek konstruksi Solar PV ini, salah satu komponen penting yaitu bracket dibuat oleh mahasiswa melalui proses pembelajaran bersama Dosen, sedangkan mahasiswa TKBG ikut ambil bagian dalam pengelolaan proyek konstruksi,” ujar Budi.

Dengan selesainya konstruksi Rooftop Solar PV di Gedung Kampus Politeknik Astra ini maka selanjutnya akan menempuh proses Energizing dan pengurusan perijinan terkait. “Seiring dengan proses energizing dan pengurusan sertifikat laik operasi yang sedang ditempuh, tim pengembagan tekonologi PLTS Politeknik Astra tengah melaksanakan penelitian aplikatif yang nantinya dapat menghasilkan prototype yang mendukung pemanfaatan EBT yang dihasilkan oleh Solar PV di kampus Politekink Astra”, ujar Harki Apriyanto Kepala Pengembangan Produk dan Penerapan Teknologi Politeknik Astra.

Seremoni ditutup dengan prosesi simbolis dengan pemasangan unit Solar PV terakhir oleh perwakilan Mahasiswa dan tim pengembangan teknologi PLTS serta pemasangan instalasi kabel Solar PV oleh Tony Harley Silalahi dan Yudi Budiman Lesmana.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


BSI Konsisten Menerapkan Green Economy dan Menciptakan Islamic Ecosystem

BSI Konsisten Menerapkan Green Economy dan Menciptakan Islamic Ecosystem
INFOBRAND.ID-Pembangunan ekonomi berkelanjutan terus di lakukan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Salah satu bentuk implementasinya adalah konsiste...


Aquaprof Luncurkan Produk Terbaru Aquagard ECO7

Aquaprof Luncurkan Produk Terbaru Aquagard ECO7
INFOBRAND.ID- Untuk memenuhi kebutuhan aplikator maupun pemilik rumah yang mengalami kesulitan dalam pengaplikasian produk semen pelapis anti bocor, A...


Terobosan MamyPoko, Hadirkan Popok Bayi Organic Cotton Pertama di Indonesia 

Terobosan MamyPoko, Hadirkan Popok Bayi Organic Cotton Pertama di Indonesia 
INFOBRAND.ID - PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan terobosan baru popok bayi sekali pakai berbahan organic cotton dari MamyPoko Royal Soft. Produk...


Melihat Perjalanan Ajinomoto Selama 3 Tahun Mendirikan AVC

Melihat Perjalanan Ajinomoto Selama 3 Tahun Mendirikan AVC
INFOBRAND.ID-Perusahaan yang memulai bisnisnya di Tanah Air sejak 1969 dan mendirikan pabrik pertamanya di Mojokerto pada 1970, ternyata membuat PT Aj...