Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Produk Pasta Gigi Ciptaan Mahasiswa FTUI Ini Mulai Dipasarkan

Posted by: 1607 viewer

Produk Pasta Gigi Ciptaan Mahasiswa FTUI Ini Mulai Dipasarkan
Pasta Gigi ToothBites/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Lima mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menciptakan sebuah inovasi pasta gigi yang efisien dan menarik bernama ToothBites yang siap dipasarkan melalui sistem preorder.

"Kami berharap ToothBites dapat menjadi wadah bagi kami sebagai mahasiswa Teknik Kimia dan Teknik Bioproses UI, untuk berkontribusi dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah kami dapatkan," kata Theresia Evelyn Octaviany salah seorang pencipta ToothBites seperti dikutip Antara, Kamis (2/9/2021).

Lima mahasiswa FTUI tersebut adalah Christina Angel Mutiara (Program Studi Teknik Kimia, 2019), Ahmad Gumilang (Program studi Teknik Kimia, 2019), Felicia Fransius (Program Studi Teknik Kimia, 2019), Ryan Rafi Rustamadji (Program Studi Teknik Kimia, 2019), dan Theresia Evelyn Octaviany (Program Studi Teknik Bioproses, 2019) dibimbing dosen Program Studi Teknologi Bioproses FTUI, Apriliana Cahya Khayrani S.T.P., M.Eng., Ph.D.

IKLAN INFOBRAND.ID

Saat ini, ToothBites sudah memasuki tahap produksi dan selanjutnya siap untuk dipasarkan melalui preorder. 

Preorder dapat dilakukan melalui tautan bit.ly/POToothBites. Untuk info mengenai prapesan berikutnya dapat dilihat melalui kanal Instagram @toothbites.id.

Inovasi pasta gigi tersebut digagas oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) ToothBites sebagai wujud kepedulian mahasiswa UI terhadap kurangnya kesadaran masyarakat dalam merawat kesehatan gigi dan mulut, serta keterbatasan waktu untuk melakukannya.

Inovasi ToothBites dibuat dengan teknik enkapsulasi dengan lapisan luar berbahan sodium alginate yang mudah pecah di dalam mulut dan aman dikonsumsi.

Nama ToothBites berasal dari kata “tooth” untuk “gigi” dan “bites” untuk “gigit”, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman baru dalam menyikat gigi melalui penggunaannya yang unik, yaitu cukup digigit sebanyak dua kali agar lapisan kapsul lisis dan ToothBites siap dipakai dengan cara menggosoknya menggunakan sikat gigi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui inovasi ini, tim ToothBites juga memiliki misi mengajak masyarakat untuk memiliki kebiasaan menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari sesuai dengan slogan yang mereka angkat adalah two bites, two times a day.

Kata TwoBites merujuk kepada penggunaan ToothBites yang hanya perlu digigit sebanyak dua kali untuk mengeluarkan pasta gigi di dalamnya. Sementara itu, “TwoTimesADay” menggambarkan penggunaan dua tablet ToothBites untuk menyikat gigi dua kali sehari.

ToothBites menggunakan bahan alami seperti ekstrak serai (Cymbopogon nardus) sebagai perasa dan antibakteri serta charcoal berbasis tempurung kelapa (Cocos nucifera) sebagai agen pemutih.

Selain praktis, ToothBites juga menggunakan wadah botol plastik berbahan polyethylene terephthalate (PET) yang dapat didaur ulang.

"Dari aspek ekonomi, harga ToothBites relatif tidak mahal dan memiliki target pasar yang luas serta penggunaan bahan yang terjangkau," kata Felicia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Inovasi ToothBites dilatarbelakangi oleh data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan RI Tahun 2018 yang menyatakan bahwa proporsi terbesar masalah gigi di Indonesia adalah gigi berlubang dengan persentase 88,8 persen.

Tingginya angka penduduk yang memiliki masalah gigi berlubang ini disebabkan oleh intensitas sikat gigi yang rendah pada tiap individu. Hanya 2,8 persen penduduk Indonesia yang menggosok gigi dua kali sehari (Kemenkes, 2018).

"Kesadaran masyarakat yang rendah terhadap pentingnya sikat gigi sebanyak dua kali sehari terjadi bukan tanpa alasan. Beberapa di antaranya adalah rasa malas yang sudah mengakar dalam masyarakat serta beberapa orang lebih memprioritaskan kegiatan atau kesibukan lain dibandingkan menyikat gigi," ujar Christina selaku ketua tim.

Untuk menciptakan ToothBites Christina mengatakan bahwa timnya melakukan diskusi dan konsultasi dengan mentor serta dosen pembimbing. Pada pelaksanaannya, tim ToothBites juga sudah melakukan uji coba produk.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...