Program KALCER Dorong UMKM Lokal Naik Kelas Lewat Digitalisasi
Posted by: Zeinal Wujud | 24-06-2025 15:36 WIB | 440 views
Program KALCER dorong UMKM lokal naik kelas lewat pelatihan digital bersama Tokopedia, TikTok Shop, dan Kemenperin.

INFOBRAND.ID, Jakarta - Tokopedia dan TikTok Shop, bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin), meluncurkan program KALCER (Kemenperin Angkat Lokal Cepat Terkenal). Inisiatif ini bertujuan mendorong pertumbuhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui peningkatan keterampilan digital dan strategi penjualan berbasis teknologi.
Dalam program KALCER, sebanyak 100 pelaku UMKM akan mendapatkan pelatihan intensif terkait cara membuka dan mengelola toko daring di Tokopedia dan/atau TikTok Shop. Mereka juga akan dibekali dengan pengetahuan seputar fitur-fitur yang mendukung aktivitas bisnis, seperti Live Stream, Program Afiliasi, serta edukasi mengenai #JualanNyaman dan #BelanjaAman.
Baca juga:
- Asuransi Astra Dorong Kesejahteraan UMKM Lewat Literasi Keuangan di Batam
- UMKM Naik Kelas: Strategi Digital Abii Kebab Tembus Pasar Lewat Cara Nyeleneh
"Kami terus berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM lokal yang berkelanjutan, yang diwujudkan hari ini melalui peluncuran program KALCER bersama Kementerian Perindustrian RI. Program ini dirancang untuk membantu UMKM bersaing dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital lewat Tokopedia dan TikTok Shop. Melalui program ini, pelaku usaha akan mendapatkan pelatihan, mulai dari cara membuka toko hingga strategi meningkatkan penjualan dan pendapatan di platform kami," ujar Vonny Susamto, Direktur Tokopedia dan TikTok E-Commerce Indonesia dalam keterangan resmi, Selasa (24/6/2025).
Dukungan pemerintah terhadap program ini juga ditegaskan oleh Wakil Menteri Perindustrian, Faisol Riza. Ia menyatakan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri digital merupakan langkah konkret dalam mempercepat transformasi digital sektor industri kecil dan menengah di Indonesia.
"Program KALCER merupakan wujud nyata dukungan pemerintah terhadap industri lokal, khususnya UMKM, dalam menghadapi era digital. Kolaborasi strategis dengan Tokopedia dan TikTok Shop ini diharapkan dapat mempercepat transformasi digital industri kecil dan menengah serta memperluas akses pasarnya melalui platform digital, seperti Tokopedia dan TikTok Shop. Melalui inisiatif ini, kami bertujuan memastikan produk lokal mampu mendominasi pasar domestik dan tetap memiliki daya saing tinggi," ungkapnya.
Dampak Positif Kampanye Beli Lokal bagi UMKM
Dalam beberapa tahun terakhir, sinergi antara Tokopedia dan TikTok Shop telah menunjukkan dampak positif signifikan bagi pelaku UMKM. Platform ini kini menaungi jutaan penjual, yang sebagian besar merupakan pelaku usaha kecil dan menengah. Kolaborasi keduanya mampu mendorong pertumbuhan bisnis, bahkan jika satu UMKM memanfaatkan kedua platform secara bersamaan, peningkatan penjualan dapat mencapai 118%.
Kampanye Beli Lokal menjadi salah satu motor penggerak utama pertumbuhan tersebut. Inisiatif ini berhasil meningkatkan penjualan UMKM lokal hingga 70%, dengan pertumbuhan transaksi harian hampir 90%, khususnya selama momen Ramadan.
"Sejak didirikan, No Void Minds fokus berjualan online di e-commerce, seperti Tokopedia dan TikTok Shop. Kampanye Beli Lokal yang diikuti No Void Minds membantu meningkatkan eksposur, transaksi, dan brand awareness sebagai brand lokal. Berkat optimalisasi penjualan di Tokopedia dan TikTok Shop, penjualan No Void Minds melesat hingga 3 kali lipat pada tahun 2024. Total omzet No Void Minds dalam sebulan lewat Tokopedia dan TikTok Shop berkisar Rp3 miliar," jelas Verrell Gunawan, CEO No Void Minds.
Pengalaman serupa juga dirasakan oleh brand fashion Minimal. "Dengan pemanfaatan Tokopedia dan TikTok Shop, Minimal berhasil menjangkau pembeli hingga ke kota-kota kecil di Indonesia. Berbagai kampanye yang diikuti, seperti Beli Lokal, turut meningkatkan penjualan di Tokopedia secara signifikan, sementara di TikTok Shop peningkatan penjualan kami mencapai 80%," kata Ruth Setiaty, Chief of Business Unit Retail Officer Minimal.
Baca juga:
- Tren Waralaba yang Semakin Diminati Generasi Muda
- BPDP Luncurkan Katalog Terbaru: 100 Produk UKMK Sawit Unggulan
Kolaborasi lintas sektor seperti ini menjadi kunci dalam membangun ekosistem bisnis digital yang inklusif dan berdaya saing. Dengan dukungan teknologi, pelatihan, dan kampanye terarah, program KALCER diharapkan mampu membuka jalan bagi UMKM lokal untuk tumbuh lebih cepat dan merambah pasar yang lebih luas.