Rabu, 10 Agustus 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Prudential Hadirkan Kurikulum Cha-Ching untuk Tingkatkan Literasi Keuangan

Posted by: 03-01-2022 16:11 WIB 606 viewer

Prudential Hadirkan Kurikulum Cha-Ching untuk Tingkatkan Literasi Keuangan
Prudential,

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mengajarkan anak cara mengelola keuangan akan sangat bermanfaat bagi anak di kemudian hari. Dengan bekal pemahaman sejak dini, anak dapat tumbuh menjadi sosok yang mandiri secara finansial. Itulah yang membuat

Asuransi jiwa terkemuka di Indonesia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerja sama dengan Kipin School, menghadirkan aplikasi sarana belajar berbasis digital untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Inovasi ini akan mengajarkan anak cara mengelola keuangan yang akan bermanfaat di kemudian hari.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang dilakukan OJK pada 2019, tercatat indeks literasi keuangan di Indonesia masih tergolong rendah, yaitu 38,03%. Dengan bekal pemahaman sejak dini, anak dapat tumbuh menjadi sosok yang mandiri finansial. Oleh karena itu, Prudential Indonesia menjalin kerja sama dengan berbagai mitra termasuk Kipin School untuk memperluas jangkauan kurikulum Cha-Ching, guna membantu mengatasi masalah rendahnya kesadaran literasi keuangan di Indonesia.


Kurikulum Cha-Ching merupakan program dari Prudence Foundation yang mengajarkan konsep dasar keuangan untuk anak usia 7 sampai 12 tahun. Empat konsep dasar tersebut adalah Memperoleh (Earn), Menyimpan (Save), Membelanjakan (Spend), dan Menyumbangkan (Donate). Selain bermanfaat untuk anak, kurikulum Cha-Ching dapat membantu orang tua dalam membimbing anak untuk mulai belajar mengatur keuangan sejak dini. Program ini juga ditayangkan melalui kanal TV dan Youtube, dan telah diimplementasikan di 12 negara di Asia dan Afrika.


Indrijati Rahayoe, Chief Human Resources & Community Investment Officer Prudential Indonesia, dalam siaran media, Senin (3/1/2022) menjelaskan, Prudential Indonesia berkomitmen untuk terus melanjutkan inisiatif Community Investment guna meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, termasuk anak-anak. Untuk mewujudkannya, kolaborasi dengan pihak eksternal sangatlah penting, karena itu kami menggandeng Kipin School dalam kesempatan ini.


Dengan jangkauan digital Kipin School yang luas, Prudential Indonesia berharap semakin banyak juga anak-anak yang paham mengelola keuangan melalui kurikulum Cha-Ching. Pihaknya melihat antusiasme anak-anak cukup tinggi, terlihat lebih dari 3.000 anak yang sudah mendaftar program kurikulum Cha-Ching di Aplikasi Kipin School sejak akhir November 2021.

“Semoga dalam delapan bulan ke depan, program ini bisa menjangkau hingga 100.000 anak,” tambah Indrijati.


Steffina Yuli, VP Business Development Kipin School, juga menambahkan, salah satu isu utama pembelajaran digital adalah akses internet yang tidak merata. Menjawab masalah tersebut, Kipin School memberikan akses pendidikan yang efisien dan tepat guna, tanpa perlu menggunakan internet.

“Kami sangat antusias dalam melakukan kerja sama ini untuk turut berperan dalam meningkatkan pengetahuan terkait ilmu manajemen keuangan khususnya bagi anak-anak di seluruh Indonesia,” jelasnya.


Penerapan kurikulum Cha-Ching pada Kipin School dikemas secara kreatif sehingga bisa menarik perhatian anak untuk belajar tentang keuangan. Seperti menggunakan kuis dan weekly challenge. Di akhir sesi, Kipin School akan memberikan merchandise dan sertifikat sebagai tanda penghargaan setelah menyelesaikan dan memahami materi kurikulum Cha-Ching.


Kurikulum Cha-Ching dapat diakses dengan mudah kapan pun dan di mana pun melalui aplikasi Kipin School 4.0 yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. Setelah melakukan pendaftaran, proses pembelajaran bisa langsung dimulai dengan memilih opsi “Sekolahku”, lalu pilih “Video Cha-Ching Curriculum” untuk mengakses seluruh materi video kurikulum Cha-Ching, yang berisikan enam video pembelajaran bertahap tentang literasi keuangan.


Sebelumnya, kurikulum Cha-Ching sudah aktif diterapkan sejak 2017 di berbagai daerah termasuk DKI Jakarta, Sidoarjo, Trenggalek dan Blitar, yang mencakup sebelas juta murid, 146.799 diantaranya dari sekolah dasar, dan melibatkan 4.828 guru dari 2.675 sekolah yang tersebar di daerah-daerah tersebut. Memasuki pandemi di awal 2020, Prudential Indonesia bergerak cepat dan mengadaptasi kurikulum Cha-Ching ke dalam format daring menjadi Cha-Ching Kids at Home.

Hingga kini, Prudential Indonesia terus berkomitmen ke depannya untuk memperluas jangkauan kurikulum Cha-Ching sehingga makin banyak anak-anak yang paham dasar pengelolaan keuangan.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Pakai Kartu Debit Global Wallet OCBC NISP, Liburan ke Luar Negeri Jadi Lebih Mudah 

Pakai Kartu Debit Global Wallet OCBC NISP, Liburan ke Luar Negeri Jadi Lebih Mudah 
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pelesiran lagi ke luar negeri pastinya menjadi impian semua orang. Sayangnya ada banyak alasan membuat orang berpikir dua kali...


Inovasi Hadirkan E-Cigarette dan E-Liquid Herbal, MOVI Sabet Rekor MURI

Inovasi Hadirkan E-Cigarette dan E-Liquid Herbal, MOVI Sabet Rekor MURI
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Setelah sebelumnya tahun lalu dianugerahi penghargaan oleh LEPRID (Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia) maka tahun ini, PT....


CIMB Niaga Perkenalkan Fitur Pembelian Voucher Elektronik di OCTO Clicks

CIMB Niaga Perkenalkan Fitur Pembelian Voucher Elektronik di OCTO Clicks
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam mendapatkan voucher dari berbagai merchant melalui satu channel terintegrasi,...


Investasi Proyek Gas Bumi Nasional Topang Transisi Energi Indonesia

Investasi Proyek Gas Bumi Nasional Topang Transisi Energi Indonesia
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Tutuka Ariadji beberapa waktu yang la...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index

BRAND ACHIEVEMENTS





Index