Kamis, 27 Maret 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Gelar Rakernas, IWAPI Siap Perkuat Peran Perempuan Pengusaha Menuju Indonesia Emas 2045

Posted by: Benny S. | 03-10-2024 22:55 WIB | 2099 views

Gelar Rakernas, IWAPI Siap Perkuat Peran Perempuan Pengusaha Menuju Indonesia Emas 2045 Rakernas IWAPI/Istimewa

INFOBRAND.ID, Kuala Lumpur – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dengan bangga menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2024 yang mengusung tema besar “Peran Strategis Perempuan Pengusaha dalam Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas.” 

Mengutip keterangan resminya, Kamis (3/10/202), rakernas ini bertujuan untuk memperkuat peran perempuan pengusaha dalam pembangunan nasional dan global, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045. 

IWAPI, yang telah berdiri sejak 1975, kini menjadi salah satu organisasi perempuan pengusaha terbesar di Indonesia. Dengan lebih dari 40.000 anggota terdaftar yang tersebar di seluruh nusantara dan perwakilan di negara Malaysia, IWAPI memiliki jaringan yang luas dan terus berkontribusi dalam pemberdayaan ekonomi perempuan. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Organisasi ini berkomitmen untuk mendorong pengusaha perempuan agar aktif dalam kegiatan ekonomi dan mengambil bagian dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Di usia ke - 49 yang cukup matang ini dengan semangat Inovatif, Inklusif dan Kolaboratif IWAPI tetap konsisten & terus eksis dan fokus dalam hal pemberdayaan ekonomi perempuan serta menjadi bagian\ dari penggerak roda perekonomian Indonesia. 

IWAPI merupakan organisasi perempuan pengusaha terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. Anggota IWAPI 98% nya adalah UMKM dan 2% berskala usaha besar. 

Sedangkan UMKM memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional bahkan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia saat krisis moneter ditahun 1998 dan 2008. 

UMKM di Indonesia memberi Kontribusi terhadap PDB sekitar 61,1% lalu penyerapan tenaga kerja terbesar yaitu 96,99% - 97,22% dengan jumlah pelaku UMKM mencapai 62 juta atau sekitar 98% dari pelaku usaha nasional.

IKLAN INFOBRAND.ID

Indonesia dan Malaysia adalah Negara - negara serumpun telah menjalin hubungan berpuluh- puluh tahun. Selama ini posisi neraca perdagangan antara Malaysia dengan Indonesia mencapai USD 27.9 milliar ( data 2022 ). Export Indonesia ke Malaysia tercatat USD 15.4 milliar dan Impor USD 12.5 miliar.

Surplus Indonesia senilai USD 29.9 miliar. Perempuan Pengusaha Indonesia dan Malaysia memiliki banyak tantangan - tantangan didalam menjalankan usahanya. Melihat kedekatan dari posisi geografis maupun budaya maka para Perempuan pengusaha Indonesia Malaysia perlu meningkatkan lagi intensitas kerjasama yang lebih baik dari masing- masing negara dan hubungan yang lebih erat agar memperkokoh ekonomi kedua negara.

Pembangunan berkelanjutan merupakan pokok penting yang menjadi acuan untuk mencapai Indonesia Emas 2045 yaitu Indonesia akan mengalami Bonus Demografi dimana Indonesia memiliki potensi besar dalam memanfaatkannya untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 di Era Revolusi 4.0. 

Untuk mencapai Indonesia Emas 2045 dengan bonus demografi dimana 70% penduduk adalah di usia yang produktif dengan usia ( 15 - 64 Tahun ) dan 30% dengan usia non produktif ( dibawah usia 14 tahun dan diatas usia 65tahun ), sehingga dibutuhkan strategi yang tepat dan kolaborasi lintas sektor. 

Fakta tersebut merupakan tantangan bagi Dunia usaha sehingga diperlukan adanya Political stability, Social cohesiveness (harmony),effective institution (efectif birokrasi, kepastian hukum dll), serta longterm planning dari pemerintah.

IKLAN INFOBRAND.ID

Hasil studi juga menyebutkan apabila memberdayakan perempuan, maka produk domestik bruto (PDB) bisa naik. Studinya McKinsey Global juga menyebutkan, kalau Indonesia bisa menaikkan partisipasi angkatan kerja perempuan 3 % saja, PDB Indonesia bisa naik USD135 miliar di 2025. 

Berdasarkan fakta tersebut maka peran strategis IWAPI diusia ke 49 tahun harus terus konsisten dalam hal pemberdayaan ekonomi perempuan dengan beradabtasi terhadap tehnologi dan inovasi untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan kompetitif (berdaya saing). Ini semua untuk meningkatkan kontribusi IWAPI terhadap ekonomi Indonesia dan peran vitalnya untuk berjuang dengan memanfaatkan kekayaan dan potensi Indonesia dengan tetap mengedepankan prinsip inovatif, inklusif dan kolaboratif.

Pada RAKERNAS III IWAPI dapat membuat program kerja yang bermanfaat untuk seluruh anggota IWAPI dan dapat merumuskan rekomendasi internal serta merumuskan rekomendasi external yang akan sangat bermanfaat untuk pemerintah agar dapat membuat kebijakan- kebijakan yang pro pengusaha dan rakyat. 

Dalam transisi pemerintahan Presiden Jokowi yang sudah baik ke Presiden terpilih Bpk Prabowo harus lebih baik lagi dengan terus menjaga kemitraan strategis bersama Pemerintah dan pihak swasta . IWAPI siap untuk membantu pemerintah dalam hal penyediaan makanan bergizi , ikut partisipasi pengadaan rumah murah serta program pemerintah lainnya dibawah pemerintah Presiden baru yang akan dilantik tanggal 20 Oktober 2024. 

IWAPI berkomitmen pada beberapa point penting lainya, antara lain: Pembangunan Berkelanjutan untuk Masa Depan Indonesia, Mendorong Partisipasi Global, Arah Kebijakan dan Program (Pemberdayaan ekonomi digital, Inklusi keuangan, Pengembangan usaha ramah lingkungan), Kerjasama internasional.

IKLAN INFOBRAND.ID

Acara ini akan dihadiri oleh tokoh-tokoh penting dari kalangan pemerintah, dunia usaha, serta perwakilan internasional yang akan memberikan pandangan tentang peran strategis perempuan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan. Dengan Rakernas ini, IWAPI berupaya memperkuat kontribusi nyata perempuan dalam pembangunan Indonesia, sejalan dengan visi besar Indonesia Emas 2045.
 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!