Kamis, 06 Februari 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Tahun Ini Transaksi E-Commerce Indonesia Diprediksi Bisa Tembus Rp700 Triliun

Posted by: 1719 viewer

Tahun Ini Transaksi E-Commerce Indonesia Diprediksi Bisa Tembus Rp700 Triliun
E-commerce.

INFOBRAND.ID - E-commerce masih jadi penopang ekonomi Indonesia pada 2023, di saat ekonomi global masih dibayangi ancaman resesi. Transaksi e-commerce Indonesia diprediksi bisa tembus Rp700 triliun.

Demikian diungkapkan Rudiantara, Ketua Dewan Pembina Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), menyusul masih besarnya dominasi sektor tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional. Dikatakan, lebih dari setengah ekonomi digital kita ini berasal dari e-commerce sebetulnya.

Bahkan tahun 2023 ini diperkirakan [transaksi] e-commerce bisa mencapai Rp600 triliun-Rp700 triliun, itu untuk semua jenis e-commerce. Data tersebut berdasarkan proyeksi transaksi e-commerce yang diungkap Bank Indonesia (BI) pada November 2022 di mana transaksi e-commerce diperkirakan bisa mencapai Rp572 triliun.

IKLAN INFOBRAND.ID

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika itu juga mengungkapkan meski kondisi ekonomi global tengah diselimuti awan resesi, situasi di Indonesia justru sebaliknya. Hal itu lantaran ekonomi Indonesia ditopang oleh konsumsi domestik yang diyakini masih akan tetap tumbuh di tengah situasi global yang gelap.

Aktivitas ekonomi yang masih tetap tumbuh itu, juga jadi peluang emas bagi e-commerce. Sebab e-commerce saat ini menjadi cara orang beli sesuatu dengan cara yang lebih efisien. Artinya nilai produknya sama saja, tapi lebih efisien karena tidak perlu ke toko, tidak sewa toko, bahkan produsen bisa kirim langsung ke pembeli sehingga harganya jadi lebih murah.

Rudiantara menilai keberadaan e-commerce tidak hanya memberi opsi efisiensi tetapi juga variasi yang lebih luas atas produk yang ditawarkan. Dia juga menyebut saat ini banyak orang yang menggunakan e-commerce untuk membeli kebutuhan pokok seperti bahan makanan, tidak lagi barang-barang yang sifatnya konsumtif semata.

"Jadi memang secara makro ekonomi Indonesia tetap akan tumbuh dan ini akan berdampak positif kepada e-commerce karena ekonomi Indonesia di-drive (didukung) oleh konsumsi domestik," katanya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Kabar Gembira, Pasokan BBM Shell Mulai Tersedia Catat Lokasi-nya!

Kabar Gembira, Pasokan BBM Shell Mulai Tersedia Catat Lokasi-nya!
INFOBRAND.ID-Angin segar datang bagi para pengendara. Sebab sejumlah SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) milik Shell sudah memiliki st...


Grouu Umumkan Pencapaian 2024: Raih Pertumbuhan Pendapatan dan EBITDA Positif

Grouu Umumkan Pencapaian 2024: Raih Pertumbuhan Pendapatan dan EBITDA Positif
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Grouu, perusahaan nutrisi keluarga yang tengah berkembang, dengan bangga mengumumkan pencapaian luar biasa sepanjang 202...


Telkomsel – Mastercard Hadirkan Proteksi Identitas Digital Berbayar

Telkomsel – Mastercard Hadirkan Proteksi Identitas Digital Berbayar
INFOBRAND.ID-Memperkuat perlindungan terhadap ancaman pencurian identitas digital, Telkomsel, bersama Mastercard, meluncurkan layanan inovatif terbaru...


Sukses dengan Haus!, IBS Ekspansi ke Bisnis Restoran Cepat Saji

Sukses dengan Haus!, IBS Ekspansi ke Bisnis Restoran Cepat Saji
INFOBRAND.ID-Grup perusahaan food & beverage lokal, PT Inspirasi Bisnis Nusantara (IBN), resmi meluncurkan Mecca – sebuah fam...