INFOBRAND.ID - Menurut Harvard Business School, peluang Menciptakan Nilai Bersama berpusat pada tiga tingkatan: Memahami kembali produk dan pasar, Mendefinisikan ulang produktivitas dalam rantai nilai, dan Meningkatkan lingkungan bisnis lokal dan regional.
1. Memahami Kembali Produk dan Pasar
Ini tentang menciptakan pasar baru dan merancang produk baru yang dibutuhkan masyarakat. Ini berarti memenuhi kebutuhan pelanggan yang belum terlayani atau kurang terlayani dan memfokuskan bisnis Anda pada pengembangan produk bagi mereka yang paling membutuhkannya. Ini adalah peluang untuk menghasilkan layanan atau teknologi inovatif untuk memecahkan beberapa masalah dunia sekaligus mengembangkan pasar Anda.
2. Mendefinisikan Ulang Produktivitas dalam Rantai Nilai
Ini tentang merancang dan merestrukturisasi model bisnis Anda untuk menambah nilai dalam skala yang lebih sosial. Hal ini tidak lagi sekedar menyediakan produk terbaik dengan harga terendah namun menawarkan produksi barang dan jasa yang lebih berkelanjutan dan efisien. Ini adalah peluang untuk memperkenalkan lebih banyak model kerja kooperatif, menerapkan program daur ulang, atau mengurangi jejak karbon bisnis Anda.
3. Meningkatkan Lingkungan Bisnis Lokal dan Regional
Peluang Menciptakan Nilai Bersama sering kali ditemukan di tingkat lokal di mana Anda dapat berupaya membangun perekonomian di sekitar Anda. Ini tentang menciptakan lebih banyak lapangan kerja di komunitas Anda, mendorong pertumbuhan regional, dan memperkuat hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda. Ini tentang menemukan cara baru bagi bisnis Anda untuk mendukung badan amal atau organisasi nirlaba lokal, memikirkan kembali dinamika kekuasaan dalam industri, atau bahkan bermitra dengan lembaga pendidikan.