Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tingkatkan Bisnis UMKM, Kadin Dorong Pemanfaatan Digital

Posted by: 426 viewer

Tingkatkan Bisnis UMKM, Kadin Dorong Pemanfaatan Digital
Ilustrasi digitalisasi UMKM/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong digitalisasi bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan bisnis mereka, mulai dari promosi hingga penjualan.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang menyatakan, keterlibatan Kadin ditujukan agar UMKM kita ini tidak lagi melakukan penjualan, melakukan promosi itu tidak lagi menggunakan teknologi yang lama tetapi sudah memasuki pasar digital.

"Digitalisasi berperan dalam membuka peluang baru yang dapat mengubah banyak aspek kehidupan, terutama di negara berkembang seperti Indonesia," kata dia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Apalagi Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan untuk menjadikan sekitar 30 juta UMKM masuk ke ranah digital pada tahun 2025. Kadin, kata dia, aktif terlibat dalam mempromosikan transisi UMKM dari metode penjualan dan promosi yang konvensional ke pasar digital.

Hal ini dinilainya tidak hanya memudahkan akses pasar bagi UMKM, tetapi juga menarik minat generasi muda untuk terlibat dalam bisnis dengan cara yang lebih modern.

"Ini juga memiliki suatu daya tarik kepada anak muda kita sehingga mereka tidak lagi pusing untuk melakukan promosi dengan berbagai sarana dan prasarana digital ini sudah bisa menjangkau masyarakat luas," ujarnya.

Selain itu, menurut Sarman, Kadin juga berkolaborasi dengan berbagai industri untuk meningkatkan keterampilan digital para pekerja. KADIN juga berusaha memperkuat ekonomi digital dengan fokus pada peningkatan pengetahuan UMKM melalui pelatihan digitalisasi dan pembangunan platform informasi digital.

Adapun dalam upaya mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, Kadin telah menyampaikan peta jalan kepada Presiden Joko Widodo yang salah satunya menyoroti pentingnya pengembangan infrastruktur digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sarman menambahkan dengan pembangunan infrastruktur digital yang luas, Kadin berharap hal tersebut dapat memastikan akses internet cepat dan terjangkau di seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah-daerah terpencil.

"Kita tahu, hampir 60 juta UMKM kita ada di seluruh Indonesia dan itu ada di daerah-daerah dan kita ingin mereka juga melek teknologi dalam berbagai aspek. Kita berharap bahwa UMKM kita ini dengan menguasai teknologi mereka juga bisa naik kelas dari mikro ke kecil, kecil ke menengah, dan tentu kita harapkan dari menengah bisa ke besar," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Resmi Beroperasi, Ini Harga dan Cara Berlangganan Starlink

Resmi Beroperasi, Ini Harga dan Cara Berlangganan Starlink
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Penyedia jasa internet berbasis satelit, Starlink, dipastikan beroperasi di Indonesia setelah sang pemilik, Elon Musk meresmik...


Inovasi Lulur Tanpa Bilas Pertama Di Indonesia dari Beautetox, Seperti Apa?

Inovasi Lulur Tanpa Bilas Pertama Di Indonesia dari Beautetox, Seperti Apa?
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di tengah maraknya produk kecantikan konvensional, inovasi lulur tanpa bilas dari Beautetox menjadi terobosan yang menarik per...


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...