Jum'at, 24 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Posted by: 263 viewer

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
Snapdragon X Plus/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperforma di laptop-laptop dengan dukungan kecanggihan artificial intelligence (AI).

Mengutip keterangan resminya pada Kamis (25/4/2024), Snapdragon X Plus menjadi adik dari Snapdragon X Elite dengan menampilkan CPU Oryon 10-core dengan clock hingga 3,4 GHz dan RAM hingga 64 GB serta bandwidth 135 GB/s. 

Chip ini diklaim memiliki 45 TOPS NPU, yang oleh Qualcomm disebut sebagai NPU tercepat di dunia untuk laptop. 

IKLAN INFOBRAND.ID

"Snapdragon X Plus akan mendukung PC AI-Supercharged yang memungkinkan lebih banyak pengguna untuk unggul seiring munculnya pengalaman AI baru yang radikal ini,” kata SVP and General Manager of Compute and Gaming Qualcomm Technologies, Inc Kedar Kondap. 

Snapdragon X Plus untuk laptop itu digadang-gadang menghadirkan performa CPU, kemampuan AI, dan efisiensi daya terdepan. Qualcomm menyebutnya sebagai produk inovasi yang mendorong batasan dari apa yang mungkin dilakukan pada komputasi seluler. 

Sementara itu, mengenai fitur yang diunggulkan dengan kehadiran 45 TOPS NPU pada chip tersebut di antaranya pembuatan kode dalam Visual Studio Code dari Codegen, pembuatan musik di aplikasi Audacity, hingga pembuatan teks secara langsung di aplikasi OBS Studio.

Fitur pertama dapat digunakan untuk membantu pengguna khususnya programmer untuk menghasilkan kode baru secara instan dengan AI yang hadir di gawainya.

Fitur kedua, pengguna dapat menikmati kemampuan AI mengubah kata-kata menjadi musik dan menciptakan musik baru atau menyiapkan awalnya yang baru untuk bermusik.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sedangkan fitur ketiga, pengguna laptop yang ditenagai Snapdragon X Plus akan mendapatkan akses ke terjemahan otomatis dari 100 bahasa lisan menjadi teks langsung menggunakan Whisper di perangkat dan hal itu berlangsung secara real-time selama melakukan streaming di perangkat.

Selain itu, dijelaskan pula bbahwa laptop yang ditenagai Snapdragon X Plus mungkin dirilis pada pertengahan 2024.

Lebih detail, CPU Oryon di X Plus diklaim memberikan kinerja 37% lebih cepat dibandingkan beberapa pesaing, sekaligus mengonsumsi daya hingga 54 persen lebih sedikit. Chip ini mendukung LPDDR5x, memiliki total cache 42MB, dan dibangun pada proses 4nm. 

Snapdragon X Plus juga mendukung akses terhadap tiga layar eksternal dan semuanya bisa menggunakan resolusi 4K HDR, dilengkapi dengan dukungan Wi-Fi 7, Bluetooth 5.4, ISP kamera canggih, dan pengalaman audio lossless imersif.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


OPPO Luncurkan Ponsel Standar Militer

OPPO Luncurkan Ponsel Standar Militer
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Oppo akhirnya secara resmi menghadirkan ponsel pintar dengan ketahanan berstandar militer yakni Oppo A60 untuk pembelian secar...


POLYTRON Buka Showroom EV Kedua di Bali

POLYTRON Buka Showroom EV Kedua di Bali
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kabar gembira bagi penggemar motor listrik POLYTRON di Bali! Baru-baru ini, merek motor listrik POLYTRON, membuka lagi showroo...


FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera dan Dua Lensa Baru, Apa Kehebatannya?

FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera dan Dua Lensa Baru, Apa Kehebatannya?
INFOBRAND.ID, JAKARTA - FUJIFILM Indonesia meluncurkan dua kamera digital mirrorless dan dua lensa terbaru ke pasar Indonesia yang disebut untuk melen...


Dalam Setahun, KTB Mampu Lego 29.276 Kendaraan

Dalam Setahun, KTB Mampu Lego 29.276 Kendaraan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) membukukan penjualan 29.276 unit kendaraan dan meraih 39,2 persen pangsa pasar dalam...