Senin, 26 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Resmikan BSI, Indonesia Siap Jadi Pusat Gravitasi Ekonomi Syariah

Posted by: 1472 viewer

Resmikan BSI, Indonesia Siap Jadi Pusat Gravitasi Ekonomi Syariah
Bank Syariah Indonesia.

JAKARTA - Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Indonesia bahkan digadang-gadang menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah regional dan global.

Menjawab perkembangan tersebut, Pemerintah akhirnya resmi menghadirkan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang merupakan gabungan (merger) tiga bank syariah BUMN, yakni PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah. Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, dengan nama resmi PT Bank Syariah Indonesia Tbk.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan PT Bank Syariah Indonesia Tbk resmi diluncurkan berdirinya,” ujar Jokowi, dalam acara peresmian di Istana Negara, Jakarta, Senin (1/2/2021).

IKLAN INFOBRAND.ID

Jokowi menyebut, perkembangan ekonomi syariah di Indonesia ditandai dengan peringkat Ekonomi Syariah Indonesia yang terus menanjak dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2018 Indonesia berada di peringkat 10, di tahun 2020 telah melesat menduduki peringkat 4.

“Kenaikan peringkat tersebut harus kita syukuri. Namun kita harus terus bekerja keras untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat gravitasi ekonomi syariah regional dan global,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Project Management Office Integrasi dan Peningkatan Nilai Bank Syariah BUMN Hery Gunardi, dalam Dalam diskusi Rabu Hijrah baru-baru ini mengungkapkan, tujuan dari penghabungan tiga bank syariah itu meningkatkan kompetensi bank syariah di Indonesia.

Merger tersebut menciptakan bank syariah terbesar di Indonesia dengan total aset sekitar Rp239,56 triliun. Dengan aset yang besar, BSI diharapkan memiliki daya saing global dan memiliki potensi menjadi 10 bank syariah teratas secara global berdasarkan kapitalisasi pasar.

Selain itu, merger akan menghasilkan bank syariah dengan produk konsumer yang beragam didukung oleh kemampuan teknologi yang terbaik untuk menyediakan pelanggan dengan pengalaman perbankan digital yang lebih baik. Bank syariah akan didukung dengan jaringan yang luas lebih dari 1.200 cabang yang akan cukup untuk melayani permintaan nasabah. Bank syariah juga akan memiliki neraca dan kinerja keuangan yang baik, dengan target Rp272 triliun pembiayaan pada 2025 dan pendanaan Rp336 triliun pada 2025.

IKLAN INFOBRAND.ID

Per Desember 2020, tiga bank syariah BUMN peserta merger tersebut mencatat total pembiayaan mencapai Rp156,51 triliun. Dana pihak ketiga mencapai sebesar Rp209,98 triliun. Selanjutnya, modal tiga bank syariah milik negara itu senilai total Rp22,61 triliun. Serta, laba bersih yang dibukukan senilai total Rp2,19 triliun.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Gelar Startup Studio Indonesia Batch 8, Kominfo Gandeng 17 Startup

Gelar Startup Studio Indonesia Batch 8, Kominfo Gandeng 17 Startup
INFOBRAND.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memulai program akselerator Startup Studio Indonesia Batch 8. Menggandeng 17 sta...


Garuda Indonesia Luncurkan Pesawat Pokemon

Garuda Indonesia Luncurkan Pesawat Pokemon
INFOBRAND.ID - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, secara resmi mengumumkan peluncuran livery terbarunya yakni kartun Pokemon yang lucu pa...


Lindungi Pengguna, WhatsApp akan Batasi Screenshot Foto Profil

Lindungi Pengguna, WhatsApp akan Batasi Screenshot Foto Profil
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Aplikasi pesan instan, WhatsApp, tengah melakukan pengetesan untuk pembatasan tangkapan layar atau screenshot pada foto profil...


Garuda Indonesia Laksanakan CNY Sales Blitz di Kuala Lumpur

Garuda Indonesia Laksanakan CNY Sales Blitz di Kuala Lumpur
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Maskapai nasional Garuda Indonesia menggelar "Chinese New Year (CNY) Sales Blitz 2024" selama empat hari sejak 19 Fe...