Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Resto Sambal Bakar Milik Influencer ini Siap Ekspansi ke Seluruh Indonesia

Posted by: 4044 viewer

Resto Sambal Bakar Milik Influencer ini Siap Ekspansi ke Seluruh Indonesia
Launching Resto Sambal Bakar milik Influencer

INFOBRAND.ID-Dibuka pada Juli 2022, resto Sambal Bakar Indonesia sudah berhasil meraih pendanaan awal atau pre-seed funding senilai US$ 1 juta atau setara dengan Rp 15 miliar (kurs Rp 15.000/US$), pada Oktober ini.

Restoran khas Indonesia tersebut juga terhitung menjadi rumah makan unik pertama yang mendapatkan pendanaan awal US$ 1 juta dari investor private investment. Pendanaan pre-seed ini biasa diartikan sebagai tahap pendanaan awal startup.

Restoran Sambal Bakar Indonesia hadir berkat permintaan para followers TikTok agar influencer Benjamin Master Adhisurya atau akrab disapa Iben Ma untuk membuka resto. Hasilnya, sejak dibuka, saat ini akun Instagram Sambal Bakar Indonesia sudah diikuti lebih dari 118.000 orang.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Pendanaan ini akan digunakan untuk memperluas pengembangan produk, layanan, serta basis pelanggan. Dana ini juga akan dialokasikan untuk pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) berkualitas dan peningkatan daya saing di pasar," ucap Iben Ma.

Lebih jauh ia menjelaskan, untuk strategi jangka pendek, Sambal Bakar Indonesia akan memperluas layanan dan mengembangkan bisnis secara terstruktur dan masif di area Jabodetabek dengan membuka 8 outlet di tahun ini dan 30 outlet di tahun depan.

Sementara itu, untuk jangka panjang, perusahaan akan menghadirkan produk khas Indonesia yang baru, unik, menarik, dan autentik ke para pelanggan.

“Kami juga akan menghadirkan produk dalam kemasan yang dapat ditemukan pada minimarket di seluruh Indonesia agar konsumen dapat lebih mudah menikmati produk dari brand Sambal Bakar serta perluasan bisnis di seluruh Indonesia dan mancanegara," lanjut Iben Ma.

Sebelum mendapatkan pendanaan awal ini, diakuinya, selama ini perusahaan mengandalkan strategi bootstrapping atau ekspansi dengan memanfaatkan modal dari satu pihak, baik itu pendiri (founder) maupun pemilik (owner) untuk membuka produk dan layanan pertama.

IKLAN INFOBRAND.ID

Meski produk yang dihadirkan ada kalanya dipandang sebelah mata karena perusahaan hanya menjual makanan khas Indonesia, namun nyatanya produk yang dihadirkan memang menjadi kultur yang tak bisa lepas dari masyarakat Indonesia, yaitu sambal dan lauk khasnya.

“Berbeda dari yang lain, sambal kami mempunyai keunikan sendiri dengan cara dibakar. Selain itu, brand Sambal Bakar lahir dari konsep yang diinginkan oleh masyarakat dengan tagar #IbenBikinRestoran yang telah ditonton lebih dari 80 juta kali pada akun TikTok. Ini membuat brand mempunyai komunikasi dua arah dengan konsumen. Dengan kata lain, selalu mendengarkan konsumennya. Konsep ini jarang diterapkan sebuah brand, bahkan brand market leader sekalipun. Setiap harinya kami melayani kurang lebih 1.200 pengunjung dan lebih dari 10.000 kilogram cabai yang telah diolah," paparnya.

Selain sambal, Sambal Bakar juga menjual berbagai macam lauk pauk, mulai dari ayam,  ikan gurame, cumi, iga bakar, paru, kulit, usus, kikil, dan sebagainya.

Iben Ma menjelaskan, perseroan akan membagi dua target, yakni jangka pendek dan jangka panjang. Tujuan jangka pendek, periode di bawah 3 tahun, yakni target pembukaan outlet sebanyak 150 outlet di seluruh Indonesia. Tujuan jangka panjang, di atas 10 tahun, yakni membidik target 500 outlet di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

 

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kami akan menerapkan sistem operasional layaknya fast food global brand untuk meningkatkan pelayanan dan standarisasi produk di seluruh restoran kami. Kami yakin makanan Indonesia dapat bersaing secara global maupun dengan brand global di tanah air dan menjadi market leader diantara brand global tersebut," ujarnya.

Dia pun berharap, nantinya Sambal Bakar Indonesia akan bisa menjual sahamnya ke publik lewat mekanisme penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Sebagai perusahaan Indonesia yang membawa nilai-nilai kultur asli, melalui produk dan layanan, menjadi perusahaan terbuka lewat IPO adalah mimpi bersama, agar masyarakat dapat berkontribusi terhadap karya lokal, sehingga kami dapat bersaing dan menjadi market leader dengan brand mancanegara yang hadir di market,” ucap pria yang punya followers Tiktok mencapai 9,2 juta ini.

Sayangnya, menurut Iben, market share kuliner masih didominasi global brand di pasar Indonesia. Namun sejak tiga tahun terakhir, banyak bermunculan brand Indonesia dengan kualitas dan kuantitas yang dapat bersaing di pasar. Salah satunya, brand Sambal Bakar Indonesia.

Kedepan, imbuhnya, tantangan global seperti kenaikan bahan pangan merupakan tantangan terbesar yang akan dihadapi industri. “Tetapi sebagai negara agraris, Indonesia memiliki ketahanan pangan yang cukup kuat dan tidak bergantung kepada negara lain ini menjadi keunggulan dan keuntungan bagi kita," pungkasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...