Jum'at, 21 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

SCG Cleanergy & Rondo Energy Akan Gunakan Heat Battery Pertama di Dunia untuk Mendukung Produksi Semen

Posted by: 127 viewer

SCG Cleanergy & Rondo Energy Akan Gunakan Heat Battery Pertama di Dunia untuk Mendukung Produksi Semen

Heat battery pertama di Asia Tenggara – heat battery komersial pertama di dunia di pabrik semen – membuka jalan menuju dekarbonisasi industri yang sederhana dan berbiaya rendah.

ALAMEDA, California dan BANGKOK, 17 Mei, 2024 /PRNewswire/ -- Rondo Energy, dan SCG Cleanergy, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Siam Cement Group (SCG), mengumumkan bahwa kedua perusahaan ini telah memulai pembangunan Rondo Heat Battery (RHB) di Thailand.

Rondo Heat Battery menangkap listrik terputus-putus, menyimpan energi sebagai panas bersuhu tinggi pada batu bata, dan menyalurkan panas dan daya industri secara terus-menerus sesuai permintaan. Instalasi ini akan mengubah tenaga surya lokal menjadi tenaga listrik dan panas tanpa karbon yang terus-menerus untuk pabrik semen SCG di Provinsi Saraburi, Thailand.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Rondo sedang membangun infrastruktur industri abad ini dengan memanfaatkan angin dan matahari untuk menyediakan daya listrik pada pabrik-pabrik di dunia," kata CEO Rondo, John O'Donnell. "Kami membangun kemitraan yang mendalam dengan berbagai perusahaan raksasa industri untuk mengatasi masalah terbesar mereka dan mewujudkannya dalam skala besar.  Kami telah membangun kapasitas produksi berskala besar dengan SCG, dan kami senang sekali bekerja sama dengan SCG Cleanergy untuk memenuhi kebutuhan yang besar di dunia, yaitu: dekarbonisasi semen."

SCG Cleanergy adalah investor dan pengembang energi ramah lingkungan yang terkemuka di Asia Tenggara dengan kapasitas operasional dan saluran pipa lebih dari 550 MW di Thailand. Tahun 2023, perusahaan induk SCG Cleanergy, SCG, mengumumkan rencana memperluas kapasitas produksi penyimpanan Rondo Heat Battery hingga 90 GWh per tahun di fasilitas SCG. 

"SCG Cleanergy sangat berfokus pada penerapan teknologi energi ramah lingkungan yang canggih untuk memberikan solusi dekarbonisasi yang efisien bagi sektor industri," kata CEO SCG Cleanergy, Attapong Sathitmanothum. "SCG Cleanergy menyatukan kapasitas penyediaan dan keahlian industri SCG dengan dorongan untuk melayani pasar energi dengan pertumbuhan tercepat di dunia, yaitu: energi industri ramah lingkungan di Asia Tenggara."

Permintaan energi industri di Asia Tenggara meningkat lebih dari 10% setiap tahun, menurut Asosiasi Perdagangan Internasional. Tahun 2023, Thailand meminta "teknologi dan solusi penangkapan karbon, jaringan pintar, dan penyimpanan energi A.S. untuk memenuhi ambisi iklim Thailand" termasuk metode mitigasi emisi dari produksi semen. Panas industri yang bersih dan didukung oleh energi terbarukan akan memungkinkan Thailand dan wilayah Asia Tenggara sekitarnya untuk melakukan dekarbonisasi manufaktur tanpa menaikkan harga barang-barang kebutuhan pokok.

"Elektrifikasi produksi semen memerlukan solusi penyimpanan energi berskala besar dan berbiaya rendah karena energi terbarukan tidak tersedia selama 24 jam sehari dalam seminggu, tapi produksi semen harus tersedia," kata Presiden Rondo, Eric Trusiewicz. "Rondo telah menyediakan solusi penyimpanan energi panas yang terukur, bersuhu tinggi, dan berbiaya rendah yang pertama di dunia; dan proyek ini adalah langkah pertama untuk menerapkan teknologi ini secara lebih luas pada semen dan di negara yang sedang berkembang, di mana 90% semen diproduksi dan digunakan. Sektor-sektor yang sulit didekarbonisasi seperti semen dan baja harus beralih dari bahan bakar fosil di seluruh dunia dan mulai menggunakan listrik terbarukan agar kita bisa mencapai emisi nol selambatnya tahun 2050."

IKLAN INFOBRAND.ID

Rondo adalah penyedia listrik dan pemanas industri nol karbon yang terkemuka, yang memungkinkan dekarbonisasi industri yang mendalam dan menguntungkan. Rondo tidak hanya membantu menggantikan bahan bakar fosil untuk beberapa sektor yang paling sulit didekarbonisasi, namun teknologinya juga dapat membantu menstabilkan jaringan listrik dengan menambahkan permintaan listrik yang sangat fleksibel yang dapat menyerap energi terbarukan saat tersedia melimpah. Rondo Heat Battery terbukti dalam skala besar untuk menghasilkan panas dan listrik berbiaya rendah bagi pelanggan, semuanya dari listrik terbarukan yang terputus-putus.

"Solusi Rondo diterapkan secara luas di berbagai segmen industri dan jenis pelanggan, dan kini juga meluas ke berbagai wilayah baru," kata Olivia Oo, Head of Partnerships di Breakthrough Energy wilayah Asia Pasifik. "Kami percaya, kemitraan ini akan menjadi instalasi pertama Rondo di Asia Tenggara sekaligus membuka lebih banyak peluang untuk mendorong dekarbonisasi di wilayah yang sedang berkembang dan bertumbuh pesat."

Saat ini, 15% emisi CO2 global dihasilkan oleh panas industri, dan menggantikan panas industri dengan energi ramah lingkungan adalah salah satu peluang bisnis terbesar zaman ini. Menurut penelitian terbaru oleh SystemIQ tentang panas industri, heat battery dapat mengurangi emisi gas rumah kaca global hingga 20% sekaligus memangkas biaya dan emisi dalam sistem ketenagalistrikan dan mengurangi pembakaran gas fosil hingga 40%.

Tentang Siam Cement Group ("SCG")
SCG adalah salah satu konglomerasi terkemuka di ASEAN. SCG menjalankan bisnis yang mematuhi prinsip-prinsip ESG dan tujuan pembangunan berkelanjutan di bidang perekonomian, masyarakat, dan lingkungan hidup yang didukung oleh tata kelola yang baik. SCG terdiri dari tiga usaha inti: Usaha Bahan Bangunan Semen, Usaha Bahan Kimia, dan Usaha Pengemasan. SCG berupaya menanggapi beragam kebutuhan pelanggan kami melalui jalinan kemitraan kerja sama dan pengembangan produk, layanan, maupun solusi yang inovatif.

Tentang SCG Cleanergy
SCG Cleanergy adalah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh SCG dan didirikan untuk menyediakan solusi listrik dari energi terbarukan, termasuk energi surya dan energi angin di Thailand maupun kawasan ASEAN dan sekitarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Informasi lebih lanjut tentang solusi Rondo
Rondo dibuat khusus untuk fasilitas industri: Rondo Heat Battery dibuat dari bahan yang telah terbukti dan tahan lama serta dirancang untuk integrasi tanpa kendala dengan peralatan dan proses industri yang ada. Bila digunakan sebagai pengganti drop-in untuk peralatan pemanas berbahan bakar fosil yang sudah tidak digunakan lagi atau sebagai pelengkap yang tangguh pada sistem yang ada, Rondo tidak menyebabkan perubahan yang mengganggu pada pengoperasian pelanggan.

Saat ini, Rondo mengoperasikan sistem penyimpanan energi komersial dengan suhu tertinggi dan efisiensi tertinggi di dunia, di Calgren Renewable Fuels di Pixley, California. Bekerja sama dengan mitranya, Siam Cement Group (SCG), Rondo memperluas kapasitas produksi media penyimpanan dari 2 GWh/tahun saat ini menjadi 90 GWh per tahun yang terdepan di industri ini.

Sumber panas yang bersih dan berbiaya rendah ini menciptakan dan mempertahankan lapangan kerja lokal, menjadikan industri lokal lebih kompetitif dan meningkatkan kualitas udara. Berbeda dengan boiler berbahan bakar gas, Rondo Heat Battery adalah teknologi tanpa pembakaran yang tidak mengeluarkan NOx, SOx, atau Particulate Matter(PM) yang memperburuk kualitas udara lokal dan membahayakan kesehatan masyarakat.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Sojern Telah Tersedia di Oracle Cloud Marketplace

Sojern Telah Tersedia di Oracle Cloud Marketplace
Tingkatkan interaksi tamu di waktu nyata dan sederhanakan upaya pemasaran dengan menggunakan Guest E...


Hikvision luncurkan lini produk dan teknologi LED terbaru

Hikvision luncurkan lini produk dan teknologi LED terbaru
HANGZHOU, Tiongkok, 20 Juni 2024 /PRNewswire/ -- Hikvision menggelar "Peluncuran Produk Layar LED 20...


Omdia: Pengiriman layar LCD dengan lampu latar LED Mini diperkirakan akan melampaui layar OLED di tahun 2025

Omdia: Pengiriman layar LCD dengan lampu latar LED Mini diperkirakan akan melampaui layar OLED di tahun 2025
LONDON, 20 Juni, 2024 /PRNewswire/ -- Menurut  Mini LED Backlight Market Trac...


Menurut penelitian Omdia, lemahnya permintaan menyebabkan penurunan pasar semikonduktor selama kuartal tersebut

Menurut penelitian Omdia, lemahnya permintaan menyebabkan penurunan pasar semikonduktor selama kuartal tersebut
LONDON, 20 Juni 2024 /PRNewswire/ -- Pada kuartal pertama tahun 2024, pasar s...