INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengatakan produk sepatu hasil kolaborasi antara Wonderful Indonesia dengan jenama sepatu asal Indonesia Aerostreet telah mencetak rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).
"Terima kasih kepada MURI atas pengakuan ini. Ini adalah bukti nyata bahwa jenama lokal Indonesia mampu bersaing secara global. Jika kita bersatu mendukung jenama lokal, kita pasti bisa mendunia," kata Wakil Menteri Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Irene Umar dalam keterangan resmi dikutip Senin (18/11/2024).
Menurutnya lagi, penghargaan tersebut diraih untuk penjualan sepatu terbanyak dalam waktu sepuluh menit. Penjualan katalog sepatu bertajuk "Nusantara" mencatatkan rekor penjualan 20 ribu pasang sepatu dalam waktu sepuluh menit melalui platform belanja daring.
Produk sepatu kolaborasi itu memiliki konsep desain yang merepresentasikan kekhasan enam pulau di Indonesia yaitu Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
Keenam desain tersebut memiliki filosofi mendalam dari setiap daerahnya, misalnya Sumatra dengan Batik gorga-nya yang melambangkan sukacita, solidaritas, dan gotong royong dan Jawa lewat Batik tujuh rupa dari Pekalongan yang mencerminkan kefasihan dan kelembutan.
Dia menambahkan, pencatatan tersebut menunjukkan adanya sinergi yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan dapat menggerakkan ekonomi sekaligus membuktikan potensi jenama lokal untuk bersaing di kancah internasional.
“Pencapaian ini menjadi bukti bahwa ekonomi kreatif semakin menunjukkan perannya sebagai mesin pertumbuhan ekonomi baru (new engine of growth),” ujarnya.
Dia mengatakan perputaran ekonomi dari kegiatan itu pun diproyeksikan mencapai lebih dari Rp4 miliar.
"Jika permintaan pasar besar, artinya ada kepercayaan terhadap produk lokal. Dalam sepuluh menit saja, perputaran ekonominya mencapai Rp4 miliar. Ini menunjukkan bahwa potensi jenama lokal Indonesia sangat luar biasa," jelasnya.
Dia berharap pencapaian itu dapat menjadi pengungkit daya saing ekonomi masyarakat sekaligus memperkuat promosi jenama lokal melalui kolaborasi antara pemerintah dan pemangku kepentingan terkait.
Sementara itu, Wakil Presiden Aerostreet Rizal Maulana mengatakan pencapaian tersebut bisa terwujud berkat adanya rasa mencintai produk lokal yang berkualitas dan inovatif.
"Katalog "Nusantara" hasil kolaborasi Aerostreet dan Wonderful Indonesia merilis 20.000 pasang sepatu melalui platform daring dan 1.000 pasang sepatu secara langsung setelah penyerahan piagam MURI," pungkasnya.