Selasa, 11 Mei 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

ShipperHack 2021, Ciptakan Aplikasi Gudang Pintar Dukung Digitalisasi Logistik Berkelanjutan

Posted by: 12-04-2021 18:09 WIB 328 viewer

ShipperHack 2021, Ciptakan Aplikasi Gudang Pintar Dukung Digitalisasi Logistik Berkelanjutan
Aktivitas pergudangan modern nantinya mendukung digitalisasi dalam aktivitasnya.

JAKARTA - Empat tim yang berisi talenta muda Indonesia berhasil memenangkan kompetisi ShipperHack 2021, ajang hackathon1 yang mengambil topik pergudangan pintar alias smart warehousing. Para pemenang ShipperHack 2021 berhak membawa pulang hadiah total puluhan juta rupiah dan produk-produk Amazon.

Terobosan-terobosan inovatif dari para finalis mencakup solusi pelabelan, pemindaian barcode, optimasi proses picking dan packing, hingga prakiraan barang masuk dan keluar gudang. Para tim juara adalah: Pemenang pertama: Tim Chicken Little yang terdiri dari I Putu Gede Wirasuta, Pandyaka Aptanagi, dan Rifky Bariansyah dengan inovasi Smart Packing Station. Pemenang kedua: Tim ArmStrong yang terdiri dari Inri Sumitra Dewi, Adrita Bima Adi, Muhamad Rizky Esa Ariono, dan Kevin Abram dengan inovasi Outbound Forecasting. Pemenang ketiga: Tim Jamblang yang terdiri dari Alvin Radeka Pratama, Andi Danca Prima Raharja, Fithrah Fauzan, Muhammad Faishal Akbar, dan Dhanto Santika Yudha dengan inovasi JamScan. Pemenang favorit: Tim Skyline Ranger yang terdiri dari Hardefa Rizky Putu Rogonondo, Adif Dwi Maulana, Ahmad Ibnu Setiadi, dan Dicky Surachman dengan inovasi Hive Network.

Keputusan pemenang tersebut berdasarkan hasil seleksi yang ketat dari dewan juri ShipperHack 2021 yang terdiri dari CTO Shipper.id Marvinus Kokoh Arif; Senior Developer Advocate AWS Indonesia Petra Novandi Barus; Co-Founder & CEO Jovee.id & Lifepack.id Natali Ardianto; Partners & Head of Tech Insignia Venture Partners Ridy Lie; dan Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan SRG dan PLK BAPPEBTI Widiastuti. Penilaian pemenang berdasarkan pada pertimbangan kreativitas gagasan, nilai bisnis, inovasi, dan seberapa realistis pengembangan aplikasi untuk pengguna.

IKLAN INFOBRAND.ID

Setelah proses seleksi yang dilakukan terhadap lebih dari 500 pendaftar, ShipperHack 2021 diikuti oleh 65 talenta digital terbaik dan berlangsung pada 9-11 April 2021. Para peserta terbagi dalam 13 tim, yang terhubung secara virtual dari Jakarta, Pontianak, bahkan Sorong, diberi kesempatan selama 48 jam untuk mengembangkan aplikasi smart warehousing. Kompetisi ini diikuti oleh para developers, desainer, business experts, dan pegiat startup.

Tema pergudangan pintar dipilih oleh Shipper karena pentingnya dukungan pergudangan untuk mewujudkan ekosistem logistik yang efisien. Perkembangan teknologi membuat pergudangan masa kini semakin dibekali dengan fitur digital. Namun, bagi Shipper, masih banyak potensi yang bisa digali untuk meningkatkan aspek digital dalam pengelolaan gudang.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Pergudangan adalah salah satu aset strategis untuk mewujudkan sistem logistik yang efisien. Dengan pengelolaan gudang yang efisien, maka biaya logistik dapat semakin ditekan sehingga harga komoditas diharapkan bisa lebih murah dan terjangkau yang pada akhirnya akan membantu mendorong daya beli masyarakat,” ungkap Co-Founder & COO Shipper Budi Handoko.

Budi turut memaparkan bahwa gudang pintar adalah ekosistem teknologi yang mendukung proses penerimaan, pengidentifikasian, penyortiran dan pengaturan barang secara otomatis. Sistem ini memastikan proses otomasi pada keseluruhan operasi pergudangan, mulai dari pemasok ke pelanggan sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas layanan logistik secara keseluruhan. Sistem gudang terintegrasi juga telah dioperasikan oleh perusahaannya, pada lebih dari 150 gudang di berbagai wilayah Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Salah satu dewan juri yang juga CTO Shipper Marvinus Kokoh Arief menyatakan apresiasinya terhadap antusiasme peserta ShipperHack 2021. Lewat ShipperHack tersebut, katanya sangat optimis bahwa talenta muda Indonesia mampu hadir menjadi solusi agar sektor logistik kita dapat terus berinovasi dan memberikan dampak positif terhadap aspek sosial-ekonomi masyarakat luas.

“Saya melihat, para peserta sudah mampu menuangkan gagasannya dalam membuat aplikasi, dan cukup memahami apa yang diperlukan oleh stakeholders di bidang logistik. Mudah-mudahan tidak lewat ShipperHack saja, tapi pihak-pihak lain juga terus mendukung talenta muda Indonesia di bidang digital,” ujar Budi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Perkembangan digitalisasi sektor logistik yang pesat, khususnya pergudangan, tidak luput dari pengamatan pemerintah Indonesia. Hadir sebagai salah satu juri adalah Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan Sistem Resi Gudang (SRG) dan Pasar Lelang Komoditas (PLK), Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Widiastuti.

ShipperHack merupakan salah satu sarana bagi Shipper untuk membangun SDM digital masa depan. Inisiatif lainnya seperti Shipper University, Shipper Academy dan Shipper Trainee Program merupakan program-program pengembangan diri dan pelatihan yang menyasar karyawan Shipper, mahasiswa, lulusan baru universitas, serta profesional muda di Indonesia. Penguatan SDM digital merupakan komitmen utama perusahaan dalam terus membangun ekosistem logistik nasional guna mempercepat pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan.

Dengan didukung oleh para pimpinan dan karyawan perusahaan yang didominasi oleh talenta muda, Shipper adalah salah satu perusahaan teknologi dengan perkembangan paling pesat di Indonesia. Selama 3 tahun terakhir, Shipper berhasil untuk mengembangkan cakupan operasional di lebih dari 30 kota di Indonesia, menangani lebih dari 400 ribu meter persegi lahan pergudangan, didukung oleh lebih dari 1.900 tenaga kerja profesional, dan bekerja sama dengan lebih dari 40 mitra logistik ternama.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Inovasi EIGER, Hadirkan Carrier Ramah Lingkungan

Inovasi EIGER, Hadirkan Carrier Ramah Lingkungan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sampah plastik masih menjadi salah satu masalah lingkungan terbesar, bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia. Kajian yang...


WIKA Smart Block, Platform Digital Dukung Bisnis UMKM Naik Kelas

WIKA Smart Block, Platform Digital Dukung Bisnis UMKM Naik Kelas
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) meluncurkan WIKA Smart Block (WSB), sebuah...


Danone Bangun Fasilitas Boiler Biomassa Pertama di Jawa Tengah

Danone Bangun Fasilitas Boiler Biomassa Pertama di Jawa Tengah
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dalam upaya mengurangi jejak karbon, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia mengawali pembangunan fasilitas Boiler Biomas...


RoboARMS Berhasil Jaga Kinerja Investasi Unit Link di atas IHSG

RoboARMS Berhasil Jaga Kinerja Investasi Unit Link di atas IHSG
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sejak setahun lalu masih membawa dampak signifikan terhadap pergerakan harga saham di...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS








Index
Elnusa