Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Siap untuk Pulih, Angkasa Pura II Siapkan Strategi Ini

Posted by: 1299 viewer

Siap untuk Pulih, Angkasa Pura II Siapkan Strategi Ini
Terminal III Bandara Soekarno Hatta dikelola oleh PT Angkasa Pura II.

JAKARTA - Tahun pertama pandemi covid-19 di tahun 2020 membuat hampir seluruh pelaku bisnis tiarap. Tidak mau berkepanjangan dalam situasi tersebut, tahun ini sejumlah pelaku bisnis berharap dapat segera pulih. Sejumlah strategi pun mulai diterapkan, jika di tahun 2020 para pelaku bisnis bisa dibilang menerakan strategi bertahan hidup, tahun ini mulai menerapkan strategi untuk bangkit.

PT Angkasa Pura II (Persero), perusahaan operator bandar udara (bandara) telah menetapkan tiga program pemulihan bisnis di tahun 2021. Demikian diungkapkan Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, yang menyebut tiga program tersebut sebagai Leapfrogging The Corporation, Lean Operation dan Leading Digital.

Selain tiga program tersebut, lanjut menurut Awaluddin, ada faktor lain seperti pemulihan ekonomi nasional yang turut mempengaruhi. Dimana diperkirakan jumlah pergerakan penumpang di bandara-bandara PT Angkasa Pura II pada 2021 dapat mencapai 45 juta penumpang atau naik sekitar 27% dibandingkan dengan 2020 sebanyak 35,54 juta penumpang. Sementara, pergerakan pesawat tahun ini diproyeksikan 550.000 pergerakan atau naik sekitar 33%.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Melalui Leapfrogging The Corporation, PT Angkasa Pura II akan menciptakan bisnis baru dan membangun ekosistem yang lebih besar. Contohnya, dibukanya hotel bintang 4 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta baik di area domestik dan internasional,” kata Awaluddin dalam siaran pers.

Awaluddin menambahkan, peluang menciptakan bandara sebagai pusat MICE juga dapat diwujudkan dengan adanya hotel ini. Perseroan juga tetap konsisten dengan program cost leadershipdan upaya-upaya menyiapkan model bisnis yang berbasis ekosistem kebandarudaraan (airport ecosystem-based business model).

Adapun program Lean Operation akan melakukan optimalisasi sumber daya di bandara guna meningkatkan kualitas layanan dengan tetap mengedepankan safety, security, service through compliancedan environment sustainability. Ia mengatakan implementasi Airport Collaborative Decision Making [ACDM] akan membuat seluruh stakeholder dapat secara optimal memanfaatkan seluruh sumber daya di bandara melalui pendekatan pemanfaatan infrastruktur bersama, kolaborasi sumber daya dan pengggunaan platform operasi bandara secara bersama.

Muhammad Awaluddin mengatakan pada tahun ini perseroan juga akan mempercepat proses digitalisasi sistem kebandarudaraan melalui program Leading Digital. Ia menegaskan AP II pada tahun ini harus mampu memanfaatkan teknologi yang terintegasi untuk memberikan digital experience bagi seluruh stakeholder.

“Pada tahun ini kami akan memperkenalkan konsep Airport ID bagi stakeholder bandara dengan berbasis implementasi  Know Your Customer (KYC),” kata Awaluddin.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu Angkasa Pura II juga bakal memaksimalkan sinergi anak usaha yakni PT Angkasa Pura Propertindo, PT Angkasa Pura Kargo, PT Angkasa Pura Aviasi, PT Gapura Angkasa, serta PT Angkasa Pura Solusi bersama dengan anak usaha PT Angkasa Pura Solusi Integra dan PT Angkasa Pura Sarana Digital.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Revolusi Brand Digital: Menguasai Owned-Media untuk Hubungan Interaktif

Revolusi Brand Digital: Menguasai Owned-Media untuk Hubungan Interaktif
INFOBRAND.ID-Di tengah gempuran era digital, merek-merek besar kini beralih ke senjata pemasaran terampuh mereka: media milik (owned media). Dengan ke...


Melirik Perkembangan  Pionir Brand Metaverse di Indonesia

Melirik Perkembangan Pionir Brand Metaverse di Indonesia
INFOBRAND.ID-Konvergensi kehidupan nyata dengan realitas virtual kini tidak hanya sebatas pada dunia game, tapi berbagai sektor lain, termasuk bisnis...


Hansaplast Edukasi Penanganan Luka lewat First Aid Conference 2022

Hansaplast Edukasi Penanganan Luka lewat First Aid Conference 2022
INFOBRAND.ID-Hansaplast menyelenggarakan Hansaplast First Aid Conference 2022 yang dihadiri oleh 3.000 peserta secara online dan 500 peserta secara of...


Strategi Starbucks Hadirkan 2 Produk Kemasan Kaleng

Strategi Starbucks Hadirkan 2 Produk Kemasan Kaleng
INFOBRAND.ID- Belakangan ini, media sosial dihebohkan hadirnya Starbucks kemasan atau ready to drink yang dijual di minimarket. Berkolaborasi dengan P...