JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) menjalin kerja sama dengan PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) mengembangkan dari platform komersial untuk jaringan ritel Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta memperkuat strategi kolaborasi kegiatan digital marketing kedepannya.
Melalui kerja sama tersebut, SiCepat Ekspres melalui platform commerce enabler milik SiCepat Group, akan memberikan dukungan penuh dalam pengadaan pasokan (supply) groceries/raw materials/supplies kepada UMKM yang tergabung dalam jaringan DMMX. Aktivitas pengadaan pasokan tersebut akan didukung oleh layanan logistik terintegrasi SiCepat Ekpres. Bersama DMMX, UMKM akan diberikan pengembangan e-commerce dan marketplace serta pemasangan Digital Marketing / Digital Cloud Advertising pada titik-titik UMKM tersebut.
The Kim Hai, CEO SiCepat Ekspres, mengatakan, dengan berbagai layanan yang dimiliki oleh SiCepat dan DMMX yang semakin terintegrasi. Pihaknya optimis dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada program pemberdayaan UMKM Indonesia, yang saat ini jumlahnya mencapai 62 juta, untuk Go Digital.
“Pada saat ini, SiCepat sudah melakukan investasi kepemilikan sebesar 4,5% pada DMMX. Kami berencana untuk memperbesar kepemilikan pada DMMX guna semakin memperkuat sinergi tersebut,” ujar Kim, dalam siaran media, Kamis (27/5/2021).
Budiasto Kusuma, Presiden Direktur DMMX, menambahkan, berbagai solusi yang diimplementasikan di antaranya untuk memperkuat layanan e-commerce dan marketplace serta pemasangan Digital Marketing / Digital Cloud Advertising dari DMMX. Terdapat potensi efek jaringan yang luar biasa yang dapat diwujudkan dari harmonisasi jaringan pemasaran DMMX dengan kemampuan logistik SiCepat.
Sampai dengan tahun 2021, SiCepat telah memberikan kontribusi layanan pengiriman yang signifikan pada pertumbuhan pelaku UMKM online di Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan lebih dari 6 juta seller menggunakan layanan SiCepat Ekspres dan diprediksi akan tumbuh 35% pada akhir tahun 2021.
Sementara itu, jaringan UMKM DMMX juga terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Per 2020, DMMX sudah berhasil melakukan digitalisasi pada 83.881 UMKM, atau tumbuh 67% YoY dibanding 50.182 UMKM pada tahun 2019.