Jum'at, 24 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif

Posted by: 513 viewer

SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif
SIG tingkatkan penggunaan bahan bakar alternatif/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meningkatkan penggunaan bahan bakar alternatif refuse-derived fuel (RDF) serta biomassa hasil olahan limbah industri dan sampah rumah tangga menjadi 559.625 ton pada 2023 atau naik 27 persen year-on-year (yoy).

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengungkapkan, sebagai perusahaan yang berorientasi pada keberlanjutan, SIG berkomitmen untuk berpartisipasi dalam upaya global mereduksi emisi gas rumah kaca melalui penggunaan bahan bakar alternatif sebagaimana ditetapkan dalam Sustainability Roadmap SIG 2030.

"Penggunaan bahan bakar alternatif sebagai substitusi batu bara merupakan strategi untuk mengoptimalkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) yang lebih ramah lingkungan," kata dia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Vita lagi, pihaknya berharap upaya tersebut juga dapat mengurangi limbah pertanian dan membantu menekan emisi gas rumah kaca yang menjadi penyebab utama perubahan iklim dan pemanasan global.

Dia menambahkan, selain aspek lingkungan, penggunaan bahan bakar alternatif juga memberikan manfaat ekonomi dan sosial.

Sementara dalam aspek ekonomi, penggunaan RDF turut membantu pemerintah mengurangi biaya pembelian lahan untuk pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sedangkan pemakaian biomassa memberikan manfaat ekonomi bagi para petani.

Kemudian, dalam aspek sosial, penggunaan bahan bakar alternatif berkontribusi dalam mencegah timbulnya persoalan dan penyakit akibat sampah yang menumpuk serta menciptakan lingkungan tempat tinggal yang bersih, sehat, dan nyaman bagi masyarakat.

Tidak hanya dengan menggunakan bahan bakar alternatif, Vita menyatakan bahwa pihaknya juga melakukan efisiensi konsumsi energi termal (Specific Thermal Energy Consumption/STEC) melalui digitalisasi dan optimasi proses produksi serta menerapkan teknologi hydrogen injection untuk mengurangi emisi

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, SIG juga memasang panel surya pada unit-unit operasionalnya dan mengonversi energi termal gas panas buang dari proses produksi semen menjadi energi listrik (Waste Heat Recovery Power Generation/WHRPG).

Berbagai upaya tersebut membantu perseroan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sepanjang tahun lalu sebesar 17 persen dari baseline 2010.

“SIG hadir memberikan solusi pengelolaan limbah dan sampah secara berkelanjutan dengan prinsip ekonomi sirkular yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi perusahaan dan masyarakat,” tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


OPPO Luncurkan Ponsel Standar Militer

OPPO Luncurkan Ponsel Standar Militer
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Oppo akhirnya secara resmi menghadirkan ponsel pintar dengan ketahanan berstandar militer yakni Oppo A60 untuk pembelian secar...


POLYTRON Buka Showroom EV Kedua di Bali

POLYTRON Buka Showroom EV Kedua di Bali
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kabar gembira bagi penggemar motor listrik POLYTRON di Bali! Baru-baru ini, merek motor listrik POLYTRON, membuka lagi showroo...


FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera dan Dua Lensa Baru, Apa Kehebatannya?

FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera dan Dua Lensa Baru, Apa Kehebatannya?
INFOBRAND.ID, JAKARTA - FUJIFILM Indonesia meluncurkan dua kamera digital mirrorless dan dua lensa terbaru ke pasar Indonesia yang disebut untuk melen...


Dalam Setahun, KTB Mampu Lego 29.276 Kendaraan

Dalam Setahun, KTB Mampu Lego 29.276 Kendaraan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) membukukan penjualan 29.276 unit kendaraan dan meraih 39,2 persen pangsa pasar dalam...