Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

SMART Teacher, Upaya Nyata BCA Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik Indonesia

Posted by: 1856 viewer

SMART Teacher, Upaya Nyata BCA Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik Indonesia
Foto dari BCA

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Istilah ’Pahlawan Tanpa Tanda Jasa’ tentunya telah melekat sejak lama bagi seluruh tenaga pendidik maupun tokoh pendidikan di Indonesia. Sejauh itu pula telah lahir generasi penerus bangsa di berbagai sektor yang menciptakan berbagai inovasi dan gagasan yang membanggakan.

Atas dasar tersebut, apresiasi serta program pengembangan bagi tenaga pendidik telah menjadi bentuk tanggung jawab untuk membalas jasa-jasa yang diberikam. Apresiasi bagi tenaga pendidik juga menjadi salah satu program yang dimiliki oleh PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dibawah naungan CSR Bakti BCA. Sejak September lalu, BCA mengadakan kegiatan SMART Teacher Award yang merupakan ajang kompetisi bagi tenaga pendidik di 20 sekolah binaan BCA.

Rangkaian kegiatan SMART Teacher ini menghadirkan program SMART Teacher Competition, webinar inspiratif dan hari ini adalah puncaknya yaitu SMART Teacher Award diikuti dengan kegiatan webinar dengan tema “Be Inspiring Teacher”. Kegiatan ini dihadiri oleh EVP CSR BCA Inge Setiawati, Dirjen GTK Kemendikbud Iwan Syahril, segenap Kepala Dinas Pendidikan di wilayah sekolaah binaan dan penulis buku “Character Excellence” dan konsultan pengembangan karakter Bapak Rizal Badudu, Bapak Sigit Suryono dan Ibu Mardiana Radjah yang merupakan guru berprestasi pada Rabu (22/12).

IKLAN INFOBRAND.ID

“Apresiasi setinggi-tingginya bagi tenaga pendidik merupakan bentuk ungkapan terima kasih yang dapat kita persembahkan dengan tulus setelah menempuh pendidikan beberapa tahun silam. BCA sebagai bagian yang turut serta berperan dalam kemajuan pendidikan Indonesia pun mencermati hal tersebut melalui program Bakti BCA. Kehadiran kegiatan hari ini juga merupakan upaya nyata yang dilakukan untuk memfasilitasi guru dan memotivasi guru di tengah tantangan pendidikan selama pandemi,” ujar Inge.

Kehadiran kegiatan ini turut menjembatani guru untuk lebih mendalami soft skill serta meningkatkan kemampuan pedagogik untuk melahirkan kreativitas pada saat proses belajar mengajar.  Hal ini menjadi esensial karena di tengah tantangan pembelajaran secara daring, siswa diharuskan memiliki fokus serta kedisiplinan yang lebih tinggi untuk dapat menyerap ilmu dengan maksimal.

Atas hal tersebut, peranan guru menjadi penting dan BCA memahami perlu adanya pembelajaran mengenai metode pengajaran seperti ini. Tujuan utama dari pelatihan ini juga selain meningkatkan kompetensi guru, juga untuk membentuk karakter positif siswa.

Rangkaian program ini dilakukan dalam berbagai fase pelatihan yang diselaraskan dengan penyelenggaraan kegiatan SMART Teacher Competition. Fase pertama dengan tema “Menjadi Pengajar Blended Learning yang Efektif di Era Pembelajaran Jarak Jauh” yang terdiri dari empat materi.

Kemudian, Fase kedua mengangkat tema “Pelatihan Soft Skills Guru untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran”. Selain mendapatkan materi, para guru mendapatkan pendampingan berupa coaching berkala, membuat essay inovasi pembelajaran selama pandemi untuk meningkatkan kemampuan menulis, serta ditugaskan untuk berbagi materi dengan guru dan sekolah lain untuk memperluas dampak pelatihan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara itu, untuk SMART Teacher Competition terdiri dari beberapa kategori, yaitu: Kategori SMART Teacher, Kategori The Best Teacher, Kategori Guru Inspiratif, Kategori Guru Teladan, Kategori Guru Inovatif, dan Kategori Most Improvemed Teacher.

Tidak hanya itu, untuk sekolah terbaik akan mendapatkan donasi sarana prasarana untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Kategori tertinggi yaitu SMART Teacher 2021 tingkat Sekolah Dasar diraih oleh Ibu Khairul ma’sumah dari SDN Kwangen, tingkat SMP diraih oleh Bapak Iwan Muharji dari SMPN 1 Karangmojo dan Bapak Zidiq saifuddin dari SMAN 3 Kota Serang.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...