Jum'at, 21 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Social Commerce di Indonesia Tumbuh Dua Kali Lipat

Posted by: 1202 viewer

Social Commerce di Indonesia Tumbuh Dua Kali Lipat
Pertumbuhan Social Commerce.

INFOBRAND.ID - Pesatnya perkembagan media sosial di Indonesia telah mendorong pertumbuhan social commerce. Berdasarkan laporan Sirclo dan Ravenry, GMV social commerce di Indonesia diperkirakan sebesar US$25 juta pada 2022. Jumlah itu melonjak lebih dari dua kali lipat dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar US$12,3 juta.

Ada sejumlah alasan mengapa social commerce punya potensi besar untuk berkembang di Indonesia. Menurut Hootsuite, belanja lewat media sosial memberikan pengalaman baru yang lebih interaktif terhadap konsumen dibandingkan e-commerce. Melalui media sosial, konsumen juga dapat dengan mudah membagikan produk yang mereka inginkan atau sudah dibeli kepada temannya.

Lalu, konsumen bisa berkonsultasi kepada temannya ketika ingin membeli suatu produk. Kemudian, media sosial membuat konsumen lebih mudah membeli setelah melihat-lihat berbagai produk. Selain itu, media sosial memudahkan interaksi antara pembeli dengan penjual.

IKLAN INFOBRAND.ID

Meski dianggap prospektif, pemerintah was-was dengan kehadiran salah satu social commerce yang diluncurkan TikTok, Project S. Sebab, platform tersebut dianggap dapat merugikan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Pasalnya, melalui Project S, Tiktok diduga mampu mengetahui berbagai data barang yang diminati konsumen. Kemudian, mesin algoritmanya mendorong konsumen untuk membeli barang yang diproduksi langsung oleh TikTok.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...