Rabu, 17 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

SPSL: Penerapan SROI Berdampak Signifikan Terhadap Program TJSL

Posted by: 486 viewer

SPSL: Penerapan SROI Berdampak Signifikan Terhadap Program TJSL
PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL)/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL), Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo, menyebut penerapan metode social return on investment (SROI) memberikan dampak signifikan terhadap program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

Direktur Utama SPSL Joko Noerhudha mengatakan untuk meningkatkan kualitas serta evaluasi terhadap pelaksanaan program TJSL, SPSL melakukan perhitungan dampak program dengan metode SROI tersebut.

Pengukuran tersebut dilakukan agar program TJSL yang telah dilaksanakan selama ini tepat sasaran dan memiliki dampak yang baik bagi perusahaan maupun masyarakat.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Perhitungan SROI ini dilakukan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas kepada pemangku kepentingan untuk mengontrol penggunaan sumber daya agar lebih efektif, efisien, dan berkelanjutan," kata dia dalam keterangannya dikutip Kamis (30/11/2023).

SPSL mencontohkan program TJSL beasiswa "Sang Juara" yang diimplementasikan perusahaan memberikan dampak signifikan terhadap penerima manfaat.

Berdasarkan perhitungan dengan metode SROI, diketahui bahwa setiap 1 rupiah yang diinvestasikan perusahaan melalui program TJSL memberikan social value sebesar 3,95 rupiah.

"Ini menunjukkan, program TJSL kami memberikan nilai manfaat hampir empat kali lipat nilai investasi. SPSL akan terus menjalankan program TJSL dengan menerapkan prinsip terintegrasi, terarah, terukur, dan akuntabilitas serta fokus pada empat pilar, yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, serta hukum dan tata kelola," ujarnya.

Sebagai bagian Pelindo Group, kata dia lagi, SPSL memiliki tanggung jawab sosial, di mana salah satunya memberikan kesempatan belajar seluas-luasnya bagi masyarakat yang mempunyai kendala ekonomi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia menambahkan agar perhitungan SROI tersebut kredibel, SPSL juga menggandeng PT Dampak Sosial Indonesia.

Sementara itu, Direktur PT Dampak Sosial Indonesia Rio Zakarias W menjelaskan program TJSL beasiswa "Sang Juara" yang telah diselenggarakan itu, sejalan dengan tujuan pembangunan keberlanjutan atau sustainable development goals (SDGs), khususnya tujuan SDGs ke-4, yaitu pendidikan berkualitas (quality education).

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi

Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand dan perusahaan di seluruh dunia saat ini berhadapan dengan lanskap bisnis yang semakin kompetitif dengan perubahan yang...


Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma

Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero), melalui anak usaha PT PP Sinergi Banjaratma yang bergerak dalam bidang Rest Ar...


Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat

Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia melayani 52.567 pe...


Soal Bangun Pabrik di Indonesia, Begini Kata CEO Apple

Soal Bangun Pabrik di Indonesia, Begini Kata CEO Apple
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO), Apple Tim Cook menyatakan, pihaknya mempertimbangkan pembangunan pabrik produksi Apple di Indon...