Ahad, 21 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Strategi Avian Pakai Yuan, Antisipasi Fluktuasi Dolar AS

Posted by: 972 viewer

Strategi Avian Pakai Yuan, Antisipasi Fluktuasi Dolar AS
avian-cat

INFOBRAND.ID- Fluktuasi dolar AS disebut berdampak pada penurunan penjualan emiten cat milik Hermanto tanoko, PT Avia Avian Tbk. (AVIA) sebesar 1,2 persen. Angka tersebut merupakan dampak dari setiap kenaikan 10 persen dolar AS terhadap rupiah. Head of Investor Relation Avia Avian Andreas Timothy Hadikrisno menjelaskan 35 persen dari bahan baku cat merupakan bahan impor. Bahan baku tersebut berperan pada angka beban pokok penjualan (cost of goods sold/COGS) sebesar 56,66 persen.

“Raw material sendiri adalah 56,66 persen dari COGS, jadi practically efek dolar AS ke COGS sekitar 16 – 17 persen. Sedangkan COGS itu 57-59 persen dari total sales, berarti dampak dari fluktuasi dolar adalah 9 -10 persen dari sales,” jelasnya.

Lebih lanjut, Andreas menjelaskan jika dolar AS naik sebesar 10 persen terhadap rupiah maka gross margin profit akan berkurang sebesar 1,2 persen. Untuk mengantisipasi fluktuasi tersebut, AVIA memakai mata uang yuan China sebagai alat pembayaran di sebagian transaksinya. Hal itu dikarenakan bahan baku seperti pigmen berasal dari China.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Karena raw material kebanyakan diambil dari China, kita mulai mengubah sebagian pembelian dari dolar ke yuan, untuk mengurangi dampak dolar yang naik turun,” jelasnya.

Selain fluktuasi dolar AS, kinerja keuangan AVIA juga bergantung pada fluktuasi harga crude oil, di mana crude oil dalam bentuk resin dan solvent merupakan bahan baku utama cat.

“Kalau dari raw material itu isinya resin, packaging, pigment, additive, dan solvent. Crude oil tadi berpengaruh ke solvent sebesar 6 persen serta resin dan packaging. Sementara fluktuasi dolar berpengaruh terhadap bahan baku pigment, additive dan solvent yang merupakan produk impor, itu yang menyebabkan gross margin kita tergerus,” jelasnya.

Meski demikian, Andreas mengatakan pada kuartal ke IV/2022, harga bahan baku sudah mulai normal. Saat ini, AVIA memiliki 109 pusat distribusi sendiri dan 35 pusat distribusi pihak ketiga. Lokasinya mayoritas berada di Pulau Jawa. AVIA menargetkan penambahan pusat distribusi sebanyak 8 buah per tahun.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...