Rabu, 10 Agustus 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Strategi Memenangkan Persaingan di Era Digital

Posted by: 05-10-2021 15:48 WIB 1578 viewer

Strategi Memenangkan Persaingan di Era Digital
Konferensi pers Daring, Brand Choice Award 2021 digelar oleh infobrand.id bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital memang memberikan peluang bagi pelaku bisnis, perusahaan dan brand untuk memperluas pasar. Namun demikian, mudahnya akses pasar melalui teknologi digital juga menjadikan persaingan semakin sengit, karena semua brand dari yang kecil sampai yang besar memiliki kesempatan yang sama. Di antara ratusan ribu, bahkan jutaan brand, membuat brand sulit untuk dapat ditemukan oleh konsumen yang tepat.

Untuk dapat mudah ditemukan dan mendapatkan peluang menjadi brand pilihan konsumen, perusahaan atau brand harus memiliki strategi jitu. Demikian terungkap dalam konferensi pers daring, Brand Choice Award 2021 yang digelar infobrand.id, Indonesia number one brand media, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia.

Diungkapkan oleh Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengungkapkan, yang pertama yang dapat dilakukan adalah dengan bagaimana sebuah perusahaan atau brand semakin banyak diulas di berbagai media digital. Dengan semakin banyak diulas, tentunya brand awareness sebuah brand menjadi semakin baik. Selain itu, ulasan dengan berita positif, juga akan mengangkat reputasi brand di tengah-tengah masyarakat.

Ulasan di media digital juga diperlukan, karena perilaku masyarakat atau konsumen dalam mengakses informasi. Masyarakat atau calon konsumen melakukan penelurusan di mesin pencari. Informasi melalui website, media digital, atau media sosial. Karena itu media digital menjadi penting, karena membangun reputasi, membangun kepercayaan, awareness ke masyarakat, channel efektif melalui media digital.

Menurut Tri Raharjo, perusahaan atau brand tentu memiliki berbagai aktivitas, yang mana yang dikomunikasikan ke masyarakat, itu sangat penting. Misal otomitif dan perbankan, ada ribuan pemberitaan dalam satu tahun. Karena itu media digital sangat penting, reputasi dan kepercayaan meningkat, dan awareness juga, sehingga konsumen akan melakukan pembelian terhadap produk dari brand tersebut.

Namun yang lebih penting, lanjut Tri Raharjo, setelah melihat berita, di media sosial, mesin pencari, dan marketplace, yang penting adalah eksekusi akhir. Melalui marketplace, itu jadi penting, terlebih kemudahan dari marketplace, berbagai promosi, seperti gratis ongkir, dan promo tertentu. Itu jadi penting untuk dikethaui oleh konsumen, sehingga mereka memutuskan untuk memilih brand tertentu karena informasi yang mereka terima.

“Harga, gratis ongkir, dan kualitas produk. Kalau sudah beli produk akan tahu, tapi kalau belum, bisa melihatnya dari review. Untuk itu, membutuhkan ulasan dari media digital, untuk menyampaikan informasi tersebut kepada para calon konsumen. sehingga produk menjadi pilihan,” jelas Tri Raharjo.

Agar Brand Mudah Ditemukan

Selanjutnya, agar brand mudah ditemukan di internet, menurut Tri Raharjo, paling mudah adalah dengan cara beriklan di ranah digital, baik itu di google, media sosial, maupun marketplace. Dengan demikian, sebuah brand akan menempati posisi di halaman pertama, sehingga mudah ditemukan oleh calon konsumen atau pengguna internet.

“Tapi yang organik, adalah bagaimana membangun dan mengoptimalkan SEO, sehingga tetap mendominasi di mesin pencari. Demikian juga di marketplace, kalau produk pencarian rendah, juga bisa beriklan. Sama seperti konsep yang ada di search engine, artinya ada yang organik dan tidak organik,” jelas Tri Raharjo.

Dan tentunya, saat belanja iklan, di ranah digital, harus melakukan tes dan ukur. Misalkan sudah pasang iklan selama 1 bulan, bagaimana efektivitas dari iklan tersebut, juga harus diketahui. Berapa orang yang lihat iklan, berapa orang yang klik, berapa orang yang akan membeli, dan berapa orang yang repeat. Juga memberikan ulasan dan review, itu harus diukur, agar kita tidak membuang-buang budget. Karena di era digital ini semua transparan, dan mudah diukur, sehingga efektivitas itu menjadi sangat penting.

Selain itu, perusahaan atau pemilik brand, tidak hanya membangun brand melalui sarana digital, tapi juga melalui offline. Dan membentuk tim penjualan, seperti distributor, reseller dan dan agen. Karena ketika memiliki jaringan besar, tingkat penjualan juga semakin tinggi.

Jadi kuncinya, membangun brand di ranah digital, adalah, bagaimana hadir di mesin pencari, mudah ditemukan pengguna, dan bagaimana membangun engagement melalui sosial media, seperti instagram, facebook dan tiktok. Karena kedepan, media sosial akan berkembang ke arah e-commercenya. Karena orang-orang setiap hari mengakses sosial media.

“Sehingga ketika masyarakat mengakses sosial media, masyarakat menjadi lebih mudah mendapatkan informasi tersebut. Ketiga, media digital, dan melalui marketplace itu sendiri. Dan brand besar juga membangun official store,” jelas Tri Raharjo.

Senada dengan penjelasan Tri Raharjo, Diana Fatimah Azzahro, Direktu CV Ohmyskin Natura Indonesia, produsen Brand Oh My Skin mengatakan, rahasia perusahaannya agar produk yang dijual mudah ditemukan di internet, adalah dengan aktif beriklan. Bahkan setiap hari ada iklan, dan tidak hanya di mesin pencari, tapi juga di media sosial seperti facebook, instagram, bahkan marketplace Shopee.

Sementara itu, Intantya Putri, Marketing Manager Mooimom Indonesia, mengatakan, agar brand Mooimom mudah ditemukan di internet, selain melakukan iklan, juga memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), bahkan menggunakan Superconducting Supercollider (SSC), Solenoidal Detector Collaboration. (SDC) Google Display Network, dan lain sebagainya.

“Itu yang berbayar, tapi yang organik, Mooimom juga punya bloger community, yang akan aktif memberikan review produk Mooimom, itu juga akan meningkatkan pencarian,” tutup Intantya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, Penghargaan Khusus Brand Produk Kesehatan dan Kecantikan

Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, Penghargaan Khusus Brand Produk Kesehatan dan Kecantikan
INFOBRAND.ID - Dari 275 juta penduduk Indonesia, 20% atau lebih dari 50 juta orang merupakan kelas menengah, kelompok penduduk yang mampu mencukupi ke...


Infobrand.id dan TRAS N CO Indonesia Hadirkan Brand Choice Award for Mom & Kids 2022

Infobrand.id dan TRAS N CO Indonesia Hadirkan Brand Choice Award for Mom & Kids 2022
INFOBRAND.ID - Menurut data Badan Koordinasi dan Keluarga Berencana (BKKBN), setiap tahun sedikitnya ada 5 juta anak lahir di Indonesia. Tingginya ang...


Digital Popular Brand Award 2022 : Jajaran Brand - Brand Juara di Ranah Digital

Digital Popular Brand Award 2022 : Jajaran Brand - Brand Juara di Ranah Digital
INFOBRAND.ID - Masifnya penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari telah melahirkan kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Termasuk dalam...


Top Corporate Award 2022, Apresiasi untuk Emiten dengan Kinerja Positif

Top Corporate Award 2022, Apresiasi untuk Emiten dengan Kinerja Positif
INFOBRAND.ID - Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun lebih telah memberikan tantangan bagi perusahaan di Indonesia. Salah satu tantangan...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index

BRAND ACHIEVEMENTS





Index