Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Super Indo Ajak Masyarakat Kumpulkan Sampah Plastik, Bisa Dapat Duit Loh!

Posted by: 1008 viewer

Super Indo Ajak Masyarakat Kumpulkan Sampah Plastik, Bisa Dapat Duit Loh!
Super Indo/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Supermarket Super Indo bersama PT Waste Hubs Indonesia mengajak masyarakat mengumpulkan sampah plastik ke Poin Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik terintegrasi atau Smart Waste Hub (WAHU) untuk kemudian ditukarkan dengan uang.
 
Dengan skema dari fasilitas tersebut diyakini akan mendorong pengembalian semua jenis sampah kemasan plastik rumah tangga sehingga bisa mengurangi limbah, memperluas penggunaan sumber daya, dan berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih.
 
"Terlebih lagi, kita bisa mendukung berjalannya ekonomi sirkular," kata President Director Super Indo, Boudewijn van Nieuwenhuijzen di Super Indo Pinang, Tangerang, Banten, kemarin.
 
Maklum, berbekal data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, timbulan sampah plastik di Indonesia mencapai lebih dari 3,7 juta ton per tahun atau 18,5 persen dari total sampah.
 
Ironisnya, tingkat daur ulang sampah plastik baru mencapai 7 persen, di mana 75 persennya hanya daur ulang plastik jenis PET yang biasa digunakan untuk air minum kemasan dan galon.
 
Oleh karena itu, kata Boudewijn lagi, Super Indo berkomitmen membantu negara mengelola sampah plastik dan mengurangi penggunaan plastik murni, dengan kebiasaan sederhana seperti menolak tas belanja sekali pakai dan membawa tas belanja yang bisa dipakai berulang kali.
 
Dia menambahkan, peluncuran Poin Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik ini merupakan bentuk peningkatan upaya Super Indo dalam membantu mengatasi masalah sampah plastik.
 
"Proyek ini telah kami uji coba bulan lalu dan mendapat respons positif dari pelanggan dan lingkungan sekitar," jelasnya.
 
Saat ini, Poin Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik baru tersedia di dua gerai Super Indo yakni Super Indo Pinang, Tangerang, dan Super Indo Wibawa Mukti, Bekasi, yang diklaim Boudewijn, fasilitas tersebut dapat memproses 100 ton sampah plastik per bulan.
 
Nah, untuk menukarkan sampah kemasan plastik menjadi uang, pelanggan harus mengunduh aplikasi WAHU terlebih dahulu. Setelah itu, setorkan sampah kemasan plastik ke Poin Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik. Nantinya, petugas akan memilah plastik sesuai kategorinya.
 
Adapun jenis kemasan plastik yang dapat ditukarkan adalah plastik kemasan produk apapun dari brand Super Indo senilai Rp5.000 per kilogram, plastik kemasan galon dan botol PET berwarna bening dan biru muda senilai Rp4.500 per kilogram, dan plastik campur seperti kresek, gelas plastik, botol PET berwarna, dan botol shampoo senilai Rp2.500 per kilogram.
 
Uang dari hasil penukaran sampah kemasan plastik pun dapat langsung ditransfer ke dompet digital yakni OVO, GoPay, LinkAja, ShopeePay, dan Dana.
 
Sementara itu, Founder WAHU Michiel Reinoud mengatakan, sampah kemasan plastik yang telah terkumpul akan didaur ulang menjadi produk-produk baru oleh pelaku industri anggota Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI).
 
"Misi utama dari program kolaborasi dengan Super Indo adalah mengumpulkan dan mendaur ulang sampah kemasan plastik di Indonesia sebanyak mungkin, untuk mengurangi sampah plastik yang bisa berakhir di TPA, mencemari tanah dan laut. Idenya sederhana namun sangat inovatif dan semua orang bisa mendapatkan manfaatnya," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...