Jum'at, 24 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Sustainable Business: Peran Perusahaan dalam Mewujudkan SDGs

Posted by: 806 viewer

Sustainable Business: Peran Perusahaan dalam Mewujudkan SDGs
SDGs

INFOBRAND.ID-Perubahan iklim yang melanda dunia memicu munculnya berbagai gerakan menjaga bumi. Para aktivis, pemerintah, dan anak muda mulai memberikan perhatian mereka pada fenomena yang banyak terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Salah satu kontributor terbesar terjadinya berbagai permasalahan lingkungan saat ini adalah adanya industrialisasi dan operasional bisnis yang tidak bertanggung jawab. Sementara itu, dampak yang dihasilkan menjadi dampak global yang dirasakan oleh semua pihak dari kalangan atas hingga bawah.

Hal ini menjadi agenda besar bagi seluruh pemimpin dunia untuk dapat mengurangi dampak negatif dari aktivitas industrialisasi. Oleh karena itu, pelaku usaha sebagai salah satu faktor pemicu permasalahan lingkungan harus dapat bertanggung jawab dan mulai melakukan perbaikan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dengan demikian, berkembanglah sebuah model bisnis berkelanjutan yang mengutamakan aspek lingkungan dan masyarakat sosial yang disebut sustainable business.

Lalu, apa sebenarnya sustainable business? Mengapa penting bagi bisnis? Apa manfaatnya? Simak penjelasan sustainable business berikut ini:

 

Apa itu sustainable business?

Sustainable business mengacu pada strategi perusahaan untuk mengurangi dampak lingkungan negatif yang dihasilkan dari operasional bisnis. Praktik berkelanjutan yang diterapkan perusahaan biasanya berdasarkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola.

IKLAN INFOBRAND.ID

Konsep sustainable business ini hadir untuk menanggapi ancaman perubahan iklim yang mengancam keberlangsungan hidup umat manusia. Kerusakan alam yang melanda dunia tentu akan memiliki efek domino dalam sistem masyarakat global.

Kondisi ini menjadi tekanan dan peluang bagi para pelaku bisnis. Umumnya, penerapan sustainable business ini diselaraskan dengan target pencapaian sustainable development goals (SDGs) untuk mengentaskan kemiskinan ketidaksetaraan, degradasi lingkungan dan perubahan iklim.

 

Berikut beberapa contoh dari penerapan sustainable business:

  • Penggunaan sumber daya alternatif dan menghitung penggunaan karbon untuk meningkatkan efisiensi manajemen energi.
  • Membangun infrastruktur untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, melestarikan sumber daya air, dan mengolah limbah.
  • Memberdayakan ekonomi sirkular, pengelolaan limbah, konsumsi berkelanjutan, dan melindungi sumber daya alam dengan mengoperasikan rantai pasok yang dinamis dan efisien.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ini Pesan CEO Fore Coffee untuk Para Produsen Biji Kopi Lokal

Ini Pesan CEO Fore Coffee untuk Para Produsen Biji Kopi Lokal
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen biji kopi lokal dikatakan Co-Founder dan CEO perusahaan rintisan ritel kopi Indonesia, Fore Coffee, Vico Lomar harus...


Hadirkan IFP VTK Series, Vannoe Tawarkan Solusi Papan Tulis Modern

Hadirkan IFP VTK Series, Vannoe Tawarkan Solusi Papan Tulis Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand lokal Vannoe menawarkan produk Interactive Flat Panel (IFP) VTK Series, sebuah layar pintar interaktif untuk solusi papa...


Identitas Merek Jaminan Orisinalitas Suatu Produk

Identitas Merek Jaminan Orisinalitas Suatu Produk
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyatakan identitas merek merupakan jaminan orisinalitas dari suatu produk Indikasi G...


NETA V-II Resmi Mengaspal, Segini Loh Maharnya

NETA V-II Resmi Mengaspal, Segini Loh Maharnya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT NETA Auto Indonesia mengumumkan bahwa mobil listrik NETA V-II, yang sebelumnya diperkenalkan di ajang Periklindo Electric V...