Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Targetkan Investor Muda, Amartha Terapkan Nilai Keberagaman & Inklusi

Posted by: 1423 viewer

Targetkan Investor Muda, Amartha Terapkan Nilai Keberagaman & Inklusi
Foto dari Amartha

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) perusahaan fintech pionir peer-to-peer lending yang berfokus pada pembiayaan modal usaha dan pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di pedesaan, menerapkan nilai-nilai keberagaman dan inklusi keuangan sebagai landasan dalam menjalankan operasional bisnisnya. Ini merupakan nilai-nilai yang diusung oleh Amartha salah satunya untuk membidik investor millennial agar melakukan impact investing.

Impact investing atau investasi berdampak sosial sendiri merupakan penanaman modal yang mengakomodir dua tujuan sekaligus, yakni untuk memperoleh keuntungan dari hasil investasi dan memastikan investasi tersebut menciptakan dampak sosial yang positif, seperti peningkatan taraf hidup di pedesaan, membuka peluang kesetaraan gender, dan menyejahterakan masyarakat prasejahtera.

Andi Taufan Garuda Putra, Founder dan CEO Amartha dalam konferensi internasional Reshape Summit 2021 menyampaikan, “Sejak berdiri di tahun 2010, Amartha telah berkomitmen untuk menyediakan akses permodalan bagi perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Ini merupakan bagian dari diversity atau keberagaman serta inklusi yang kami wujudkan melalui penyaluran dana usaha.

IKLAN INFOBRAND.ID

Berdasarkan riset internal kami, nilai keberagaman dan inklusi menjadi nilai tambah yang dilihat oleh para investor untuk berinvestasi pada instrumen yang memberikan dampak sosial (impact investing), salah satunya pengembangan UMKM perempuan”.

Porsi investor retail di Amartha didominasi oleh generasi millennial, yakni sebanyak 68%, kemudian disusul 19% oleh generasi X, dan 10% oleh generasi Z. Masih berdasarkan riset internal di Januari 2021, alasan millennial memilih Amartha sebagai platform investasi adalah karena Amartha membawa dampak sosial yang nyata, sehingga investasi yang diberikan juga turut membangun perekonomian masyarakat yang tidak tersentuh oleh layanan keuangan konvensional.

Tren investasi berdampak sosial akan terus berkembang, khususnya pada sektor usaha mikro yang selama ini kurang diminati oleh lembaga keuangan formal. Berdasarkan studi Angel Investor Network Indonesia (ANGIN) pada 2020 lalu, salah satu sektor yang menjanjikan impact investment adalah pada perempuan pelaku usaha mikro yang dinilai dapat memberikan kontribusi US$ 135 miliar pada PDB tahunan.

Keberagaman dan inklusi juga terbukti mendukung Amartha dalam memperoleh pendanaan lebih dari $85,5 juta dari investor institusi seperti Women’s World Bank, Norfund dari Norwegia, dan Lendable Inc. Investor institusi tersebut memercayakan Amartha sebagai mitra untuk menyalurkan permodalan bagi UMKM perempuan di Indonesia karena adanya kesamaan prinsip dalam hal keberagaman dan inklusi, yang membawa tujuan pembangunan berbasis kesetaraan gender melalui akses layanan keuangan.

Andi Taufan menambahkan, “Kami membawa nilai keberagaman dan inklusi yang memberdayakan perempuan pengusaha mikro dengan membuka akses permodalan, khususnya bagi mereka yang tidak terlayani oleh bank konvensional. Kami optimis, dengan nilai ini, Amartha dapat menjangkau lebih banyak lagi investor milenial dan institusi, untuk bergabung sebagai pendana dan bersama-sama memberikan dampak sosial bagi Indonesia”.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam kesempatan yang sama, Andi Taufan melanjutkan bahwa nilai keberagaman dan inklusi yang diadaptasi oleh fintech terbukti dapat meningkatkan ketahanan sekaligus inovasi dalam suatu perusahaan.

“Kami melihat, adanya tantangan pandemi covid-19 di Indonesia justru menjadi pendorong bagi mitra perempuan pengusaha mikro di Amartha untuk terus berinovasi dan memiliki daya juang lebih besar lagi. Misalnya saja, beberapa mitra kami mulai memproduksi masker dan kebutuhan lain yang memiliki permintaan tinggi di kala pandemi, sehingga tetap dapat melunasi pinjaman dan justru berhasil memperluas usahanya ke bidang lain”, lanjut Andi Taufan.

Hingga saat ini, sebanyak 100.000 investor retail telah bergabung sebagai pendana di platform Amartha dengan nilai investasi sekitar  empat juta rupiah di setiap portofolio. Amartha telah berhasil menyalurkan lebih dari Rp 4.46 Triliun kepada lebih dari 800,000 perempuan pengusaha mikro di Indonesia, menjadikan Amartha sebagai P2P terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah peminjam, dan tiga teratas dalam hal outstanding pinjaman.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...