Program Corporate Sosial Responsibility yang dilakukan Telkomsel belakangan ini banyak melakukan serangkaian acara. Hal ini karena Telkomsel terus berkomitmen kaitanya masyarakat Indonesia untuk membantu meringankan beban lewat program CSR yang diselenggarakan oleh Telkomsel.
Salah satu kegiatan CSR adalah pemberdayaan UMKM, bantuan tenaga medis di rumah sakit dan juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah.
Disinggung mengenai Telkomsel menghabiskan dana CSR, Andri Priyo Santoso General Manager CSR Telkomsel mengatakan untuk budget sendiri relative besar, namun apa yang dilakukan dalam program CSR sangat positif dan membantu masyarakat yang membutuhkan.
“CSR kita hampir longway dan tiap tahun konsisten menggelar, karena kita (Telkomsel) mempunyai 4 pilar yang berkaitan dengan education community, M-Powering dan pilar trophy, jadi pilar tersebut kita kaitkan dengan program kerja yang ada, semuanya terstruktur,” jelasnya.
Meski kondisi saat ini masih di landa covid 19, Telkomsel pun mempunyai program CSR berbentuk UMKM. Dengan program tersebut dapat meng-scale up ekonomi melalui pemberdayaan UMKM. Telkomsel juga memiliki program andalan CSR Digital Entrepeneur, Telkomsel berkomitmen mengakselerasi transformasi digital sektor UMKM di Indonesia agar dapat maju dengan layanan digital.
Digital Creative Entrepreneurs ini adalah salah satu langkah untuk memaksimalkan pemberdayaan sektor UMKM lewat peningkatan kapasitas SDM.
Tujuannya agar para UMKM tersebut menjadi smart digitalpreneur yang cakap dan terampil memanfaatkan teknologi digital saat ini.
Teknologi digital bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pemasaran, brand value, hingga membuat produk inovatif untuk meningkatkan penjualan.
Inisiatif ini juga untuk mendukung upaya gencar pemerintah agar sektor UMKM dapat melewati berbagai tantangan, sehingga mereka tetap dapat menggerakkan roda perekonomian bangsa di berbagai kondisi melalui pemanfaatan teknologi terkini.
Tahun lalu, program sejenis pernah digelar Telkomsel yaitu Digital Creative Millenials, khusus untuk segmen UMKM khusus busana oleh milenial, bermitra dengan komunitas supplier dan marketer lokal di Jawa Barat.
Baru-baru ini Telkomsel meraih penghargaan TOP CSR of the year 2022 yang di selenggarakan oleh INFOBRAND.ID dan TRASNCO Indonesia pada 14 Juli 2022 bertempat di bilangan Ballroom Hotel Ayana, Jakarta Pusat.
Dalam penilaiannya penghargaan ini memiliki nilai 3 aspek. Pertama CSR Concept, menilai konsep kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan mengacu dari data yang dipublikasikan.
Kedua CSR Impact, menilai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan memberikan impact positif bagi masyarakat dilihat dari jumlah penerima manfaat dan bentuk donasi yang dilakukan.
Ketiga CSR Donation Value, mengukur jumlah donasi yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR).