JAKARTA - Pandemi Covid-19 memberikan dampak negati yang bervariasi pada beragam bidang bisnis, ada yang terdampak signifikan, tidak terdampak, atau justru meningkat. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, yang memengaruhi kebutuhan. Untuk produk kesehatan misalnya, kebutuhan cenderung stabil.
PT Ultra Sakti dengan tiga brand andalan, Madu TJ, Freshcare dan Hotin Cream, merupakan produk kesehatan yang dibutuhkan masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh. Di masa pandemi, sepanjang tahun 2020, permintaannya terbukti meningkat, meskipun tidak setinggi tahun-tahun sebelumnya.
“Penurunan daya beli masyarakat membuat growthnya tidak sebagik tahun sebelumnya,” ujar Meta Anggarini, Brand Manager FreshCare.
Menghadapi situasi tersebut, lanjut Meta, Ultra Sakti terus berinovasi untuk menghadirkan produk yang bervariasi, dari segi formula maupun kemasan. Itu dilakukan untuk tetap menghadirkan produk berkualitas untuk masyarakat.
Untuk meningkatkan penjualan, Ultra Sakti bekerjasama dengan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Tujuannya agar produk-produk Ultra Sakti dapat dijangkau secara online, sehingga konsumen tetap dapat menjangkau produk tanpa harus harus keluar rumah.
Untuk meningkatkan awareness, situasi pandemi juga dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan beragam kegiatan, seperti melakukan berbagai aktivitas CSR berupa donasi untuk tenaga kesehatan, instansi kesehatan, TNI dan lembaga keagamaan. Selain itu Ultra Sakti juga membuat iklan layanan masyarakat di media iklan, mengenai edukasi pencegahan covid-19.
Tidak hanya itu, Ultra Sakti juga tidak berhenti melakukan inovasi. Beberapa inovasi dilakukan sepanjang tahun 2020 antara lain mengembangkan beberapa produk yang sesuai dengan kebutuhan selama masa pandemi, seperti Hand Sanitizer, dengan aloe agar tangan tidak kering, madu TJ Jahe Merah Mint, dengan kandungan jahe merah yang cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh, My Well Vit C Plus Zinc dengan teknologi pureway C yang dapat bertahan dalam tubuh hingga 24 jam dan aman untuk lambung.
Berkat bagai inovasi yang dikeluarkan, tidak mengherankan jika Ultra Sakti dengan brand Madu TJ, Freshcare, Hotin Cream, layak mendapat predikat Indonesia Brand Champion 2021, sebuah apresiasi bergengsi yang dihadirkan oleh INFOBRAND.ID sebagai number one brand media, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia.
Bagaimana strategi PT Ultra Sakti bertahan di kala pandemi dan berusaha memenangkan persaingan di pasar produk yang ditawarkan. Baca selengkapnya di Annual Achievement Report Indonesia Brand Champion 2021 dan Indonesia Corporate Brand Champion 2021 yang akan terbit di Bulan Maret 2021.