Senin, 24 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Terus Dikebut, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Garap Terowongan Sepanjang 1,8 Kilometer

Posted by: 2037 viewer

Terus Dikebut, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Garap Terowongan Sepanjang 1,8 Kilometer
Proses pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung.

JAKARTA - Memasuki penghujung tahun 2020, Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) kembali menapaki pencapaian konstruksi dengan ditembusnya struktur terowongan yang terbentang sepanjang 1,8 kilometer, melintang di bawah Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yakni Tunnel #1 Halim pada acara Tunnel #1 breakthrough yang berlangsung di sisi luar ruas Jalan Tol Jakarta - Cikampek KM 5+500 (arah Jakarta), Selasa (15/12).

Hadir dalam acara tembusnya Tunnel #1 tersebut, antara lain: Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjatian, Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok, Xiao Qian,  Wakil Menteri II Kementerian BUMN, Kartiko Wirjoatmodjo, Dirjen Perkeretaapian Heru Wisnu Prabowo, Dirjen Bina Marga Tri Sasongko, Dirjen Bina Konstruksi Hedi Rahadian, Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Agraria dan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Arie Yuriwin, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Danang Parikesit,

Turut hadir pula; Komisaris dan Direksi KCIC, Direksi PSBI, Direksi dan Manajemen PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. [WIKA], PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Kereta Api Indonesia (Persero) [KAI], PT Perkebunan Nusantara 8  (Persero) [PTPN 8], Konsorsium Kontraktor dan Konsultan Pembangunan KCJB , serta piihak-pihak yang terlibat dan mendukung pembangunan kereta cepat pertama di Asia Tenggara tersebut.             

IKLAN INFOBRAND.ID

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi tembusnya Tunnel #1  KCJB. Prestasi itu menunjukkan bahwa kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam konstruksi proyek ini berjalan sangat baik.

“Hanya dengan team work yang kuatlah, kita semua bisa mewujudkan transportasi mobile modern yang kelak membanggakan bangsa Indonesia,” ujar Luhut dalam sambutannya.

Pada  kesempatan yang sama, Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra menyampaikan bahwa penembusan tersebut merupakan hasil sinergi dan kolaborasi dua negara untuk menghadirkan kereta cepat ke hadapan masyarakat tanah air.

“Para ahli dari Indonesia dan Tiongkok bersinergi dalam setiap proses, sehingga transfer ilmu terjadi secara terus menerus di berbagai sisi persiapan,” ujar Chandra dalam acara Tunnel #1 Breakthrough di Tunnel #1 Outlet Proyek KCJB.

Sementara, Wakil Ketua Komisi Pembangunan Nasional dan Reformasi Cina (Vice Chairman of NDRC) Ning Ji Zhe dalam pidatonya yang disampaikan secara virtual juga mengatakan hal serupa. Dengan dukungan dua negara, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung terus memberikan kabar baik. Sederet pencapaian konstruksi telah tercapai.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih lanjut, Chandra menambahkan bahwa tuntasnya pekerjaan Tunnel #1 menambah sederet prestasi Proyek KCJB dan mendorong progres konstruksi hingga mencapai presentase 63,9%. Di lapangan, angka ini merepresentasikan 5 tunnel yang telah ditembus. Dengan demikian, progress pekerjaan tunnel telah mencapai 74.94 % dari total panjang seluruh tunnel kereta cepat yakni 16km.

Chandra juga menyebutkan bahwa setelah Tunnel #1, dalam kurun waktu dua bulan kedepan akan terdapat dua tunnel kereta cepat yang akan tertembus. Sejalan dengan hal tersebut, pada konstruksi struktur elevated, 1.741 batang pier telah berdiri di sepanjang lintasan Jakarta–Bandung dan siap untuk dihubungkan. Disisi lain, lebih dari 12.000 batang rel kereta cepat dengan panjang masing – masing 50 meter, juga tengah memasuki proses pengiriman dari Tiongkok secara bertahap.

“Salah satu fokus kami dalam menghadirkan sebuah moda transportasi massal modern bagi masyarakat Indonesia, yang diharapkan mampu mengubah paradigma dan perilaku masyarakat dalam menggunakan transportasi publik di masa mendatang,” jelas Chandra.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...