Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tiga Bidang Ini Semakin Berkembang Mengikuti E-Commerce

Posted by: 1739 viewer

Tiga Bidang Ini Semakin Berkembang Mengikuti E-Commerce
E-Commerce.

JAKARTA - Pandemi yang sedang berlangsung telah membawa perubahan yang luas dan mendalam ke dunia online untuk bisnis dan konsumen, sebuah tren yang akan terus berlanjut di kondisi kenormalan baru. Perkembangan pasar e-commerce, akan memperdalam penetrasi di bidang lainnya, meliputi peningkatan pembayaran digital, logistik dan digitalisasi.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, 2020 adalah tahun yang sangat transformatif untuk e-commerce. Konsumen diharuskan mengikuti regulasi social distancing dan beraktivitas di rumah, sehingga mereka beralih ke platform online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta mencari hiburan dan interaksi. Hal ini menyebabkan belanja online berkembang dari sekedar pengalaman transaksional menjadi pengalaman yang lebih sosial, dimana platform e-commerce mengintegrasikan lebih banyak elemen interaktif, seperti game dan live streaming untuk mengajak pengguna berpartisipasi.

“Dengan kemajuan teknologi, peningkatan penetrasi internet, serta pertumbuhan pesat populasi anak muda yang melek teknologi, kami berharap e-commerce memainkan peran penting dalam memfasilitasi pemenuhan kebutuhan, bersosialisasi, dan berbisnis,” ujar Handhika, Senin (8/1/2021).

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih lanjut Handhika menjelaskan, tiga bidang utama yang diprediksi akan semakin berkembang di tahun ini 2021, pembayaran digital adalah metode transaksi terfavorit untuk e-commerce, dan dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan e-commerce, akan mulai mendorong pergerakan pembayaran non-tunai ke ranah offline.

Faktanya, Shopee melihat peningkatan sebesar 4 kali lipat dalam jumlah total transaksi yang menggunakan ShopeePay di seluruh negara tempat Shopee beroperasi. Peningkatan terbesar yang tercatat berasal dari pengguna yang berusia di atas usia 50 tahun, yang merupakan bukti kemudahan penggunaan ShopeePay, mengingat pengguna di kelompok usia ini biasanya lebih sulit untuk beradaptasi dengan pembayaran digital.

Sementara pemerintah telah bergerak menuju masyarakat non-tunai, pandemi telah mempercepat kebutuhan tersebut di wilayah dimana sebagian besar transaksi konsumen masih menggunakan uang tunai. Sejalan dengan pembatasan pergerakan dan upaya social distancing yang berkelanjutan, konsumen dan bisnis semakin merangkul pembayaran digital untuk kenyamanan dan keamanan yang lebih baik.

“Shopee terus menawarkan berbagai pilihan pembayaran digital untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang terus berkembang, termasuk dompet digital milik Shopee, yaitu ShopeePay. Selain penggunaan ShopeePay dalam aplikasi, jumlah pedagang offline yang menggunakan ShopeePay juga meningkat 9 kali lipat di tahun 2020, termasuk mitra seperti Alfamart, McDonald's dan Chatime,” jelas Handhika.

Kedua, logistik akan menjadi semakin penting karena konsumen semakin mengandalkan platform e-commerce dan memiliki harapan besar untuk pengiriman yang lebih efisien. Peningkatan permintaan sangat signifikan terlihat pada kategori kebutuhan sehari-hari dan rumah tangga. Mitra brand dan penjual perlu memanfaatkan teknologi secara efektif untuk memastikan bahwa paket dikirim tepat waktu dan hemat biaya. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah dengan memanfaatkan jaringan platform e-commerce yang luas dan terintegrasi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di Indonesia, Shopee melihat peningkatan lebih dari 4,5 kali lipat untuk pengiriman produk makanan dan kesehatan dari gudang Shopee. Shopee memberikan kesempatan kepada mitra brand untuk menskalakan secara efisien dan fokus pada pertumbuhan, dengan mempersiapkan seluruh proses mulai dari penelusuran hingga pengiriman, termasuk penguatan jaringan logistik dan kapabilitas gudang secara berkelanjutan.

Sepanjang tahun 2020, Shopee Express, layanan pengiriman ekspres Shopee, memperluas cakupan geografisnya untuk menjangkau lebih banyak pengguna, termasuk pengguna di pelosok daerah. Shopee juga melihat lebih banyak brand yang memanfaatkan infrastruktur logistiknya secara efisien dengan peningkatan 3 kali lipat dalam produk dari mitra brand yang dikirim dari gudang pada tahun 2020.

Dan ketiga, melalui digitalisasi, mitra brand dan penjual akan mengimplementasikan strategi ritel yang inovatif. Pandemi mendorong bisnis, dari brand premium hingga pengusaha mikro, untuk segera menerapkan strategi digital agar dapat terus menjangkau pelanggan di tengah kondisi saat ini. Ketika berjualan online menjadi sumber pendapatan yang lebih besar bagi brand dan penjual, platform e-commerce perlu beradaptasi dan berkolaborasi dengan brand dan penjual ini untuk menerapkan strategi ritel inovatif guna membantu mereka mengajak  pelanggan untuk berpartisipasi dan mengembangkan online presence.

Saat ini, ada lebih dari 20.000 brand global dan lokal terkemuka di Shopee Mall yang menawarkan pengguna berbagai pilihan produk resmi dari barang sehari-hari hingga produk premium. Shopee bekerja sama dengan brand-brand ini untuk terus mendorong batasan dan menciptakan pengalaman belanja yang baru, menarik, dan unik.

Salah satu contohnya adalah kolaborasi Shopee dengan POND's untuk mengintegrasikan solusi teknologi kecantikan bertenaga AI, Skin Advisor Live, ke dalam pengalaman belanja online. Fitur ini membantu pembeli menikmati analisis perawatan kulit pribadi gratis secara online dan membuat keputusan pembelian yang lebih tepat. POND's berhasil memanfaatkan fitur in-app Shopee yaitu livestreaming untuk berinteraksi dengan target audiens mereka.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di Shopee, sendiri, menurut Handhika, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan setiap orang di negara tempat kami beroperasi dengan menggunakan teknologi terbaik. Dia sangat yakin bahwa negara kami memiliki potensi dalam menciptakan jalur baru ke depannya untuk menghubungkan bisnis dan konsumen dengan lebih baik.

“Kami akan terus berinovasi untuk tetap menjadi yang terdepan dengan mengikuti tren yang berkembang, dan mendorong pertumbuhan e-commerce di tahun 2021 dan seterusnya,” tutup Handhika.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...