Senin, 29 November 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Tiga Guru Inovatif Microsoft Bagikan Beragam Konsep Digitalisasi Bagi Pendidikan Indonesia

Posted by: 25-11-2021 13:53 WIB 94 viewer

Tiga Guru Inovatif Microsoft Bagikan Beragam Konsep Digitalisasi Bagi Pendidikan Indonesia
Yandri Soeyono (depan, kemeja putih) bersama siswa SMK Jayanegara Ambon sebelum pandemi

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Memasuki era belajar hybrid, inovasi kegiatan belajar mengajar berbasis teknologi menjadi semakin penting, demi mendukung terbentuknya talenta-talenta Indonesia yang berdaya saing tinggi. Metode ini pun memberi guru tanggung jawab baru untuk menjadi lebih piawai menggunakan teknologi dan menyertakan teknologi digital ke dalam pengajaran mereka.

Sebagai bagian dari komitmen untuk memodernisasikan pendidikan Indonesia, Microsoft terus menginisiasikan berbagai program pelatihan teknologi bagi guru Indonesia seperti Training of Trainers (ToT), Gurulympics, dan Pelatihan Keterampilan Digital Abad 21. Bersama dengan para ahli teknologi Microsoft, berbagai program ini memampukan para guru untuk menguasai berbagai teknologi yang dapat diterapkan dalam inovasi pendidikan. Pasca menyelesaikan program ini, para guru pun ikut dalam program diseminasi oleh Microsoft yang memungkinkan adanya transfer of knowledge kepada guru lain di berbagai pelosok negeri. Alhasil, lebih dari 250.000 guru telah terberdayakan selama setidaknya satu tahun terakhir untuk menjadi lebih piawai menggunakan teknologi digital, menerapkannya pada kegiatan belajar mengajar sehari-hari, dan membagikannya kepada sesama guru.

“Guru adalah fondasi utama pendidikan. Transformasi yang guru hadirkan akan menggerakkan transformasi sistem pengajaran dan siswa. Merupakan sebuah kehormatan bagi Microsoft dapat berkontribusi dalam mempersiapkan guru-guru Indonesia menyongsong penggunaan teknologi yang lebih sistematis di era ini. Menyambut Hari Guru 2021 dengan tema ‘Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan Indonesia’, kami harap kisah inspiratif tiga guru inovatif Microsoft yang kami bagikan dapat menginspirasi lebih banyak guru Indonesia untuk menghadapi tantangan-tantangan di masa pandemi ini dan mendorong kemajuan pendidikan Indonesia lebih jauh. Terima kasih kepada seluruh guru Indonesia  karena telah bekerja keras, beradaptasi dengan metode pengajaran terkini. Selamat Hari Guru!” ujar Obert Hoseanto, Education Programs & Skills Lead, Microsoft Indonesia.

Menyediakan modul mingguan siap baca untuk jembatani minimnya listrik dan internet di Sintang, Kalimantan Barat

Adalah Nurlyanto, Guru SDN 8 Semerunduk, Kecamatan Ketungau Hilir, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, yang sudah 4 tahun terakhir mengabdikan dirinya untuk dunia pendidikan di Daerah 3T dan aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan peningkatan kompetensi guru. Pada tahun 2020, Nurlyanto bergabung sebagai trainer dalam program ToT Microsoft sembari mengajar dan mencoba memperkenalkan teknologi digital bagi guru setempat.

“Pembelajaran jarak jauh menjadi tantangan bagi kami karena tidak adanya konektivitas internet yang memadai. Kami harus pergi ke pusat kecamatan untuk mendapatkan sinyal dan tidak banyak siswa yang memiliki ponsel. Jarak yang ditempuh dari desa ke kecamatan cukup jauh dengan kondisi medan yang sulit untuk dilalui. Sekolah dan warga setempat juga bergantung pada panel surya sebagai sumber listrik. Bahkan sebelum pandemi, kami bersyukur hanya dengan melihat siswa rajin hadir di kelas. Seringkali, terutama saat musim panen, biasanya anak-anak lebih memilih pergi ke ladang dan membantu orang tua mereka bekerja,” ungkap Nurlyanto.

Memahami bahwa kelas daring yang umum diterapkan di sekolah-sekolah perkotaan tidak akan bekerja di daerah 3T Sintang, Nurlyanto dan rekan-rekan gurunya memutuskan untuk membuat modul mingguan yang lebih mudah dipelajari oleh siswa sendiri. Dalam pembuatan modul tersebut, Nurlyanto memberikan pelatihan cara mengoperasikan Microsoft Office yang tidak memerlukan internet. “Sebelumnya, guru di sini cukup jarang menggunakan laptop, paling banyak digunakan ketika akan mengisi rapot siswa. Jadi saya coba mengajak mereka untuk lebih sering membuka laptopnya, mencoba menggunakannya, sehingga mereka dapat membuat materi yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Meski pada akhirnya materi tersebut masih perlu dicetak dan disampaikan secara konvensional, saya rasa ini adalah awal yang baik,” jelas Nurlyanto.

Berbeda dengan Nurlyanto, Yandri Soeyono, Pelaksana Tugas Kepala Sekolah SMK Jayanegara Ambon, melihat adanya peluang baru dengan adanya pandemi ini, terutama untuk merubah proses administratif sekolahnya. Pasalnya, sebelum beliau bergabung, aktivitas absensi guru, penghitungan honor guru, absensi siswa, hingga aktivitas administratif lainnya dilakukan secara manual tanpa mengandalkan teknologi terkini. Oleh sebab itu, beliau pun mulai mengajak rekan-rekannya untuk menerapkan transformasi teknologi digital di ekosistem sekolah tersebut.

“Kami mulai ajarkan bagaimana menggunakan Microsoft Forms dan Microsoft Power Automate untuk absensi guru dan siswa. Dengan demikian, honor guru juga bisa secara otomatis terhitung tanpa melalui proses yang panjang. Kami juga menggunakan Microsoft Teams untuk menyimpan dan bekerja secara kolaboratif dalam dokumen-dokumen sekolah agar terintegrasi dalam satu tempat. Proses administratif pun jadi lebih cepat dan transparan,” ujar Yandri.

Seiring dengan dimulainya normal baru, Yandri berharap dapat mengimplementasikan kelas yang fleksibel di masa depan. Dengan begitu, siswa dapat memilih sendiri di mana mereka ingin belajar; di sekolah atau di rumah. Dengan demikian, teknologi dapat terus memainkan sentral dalam aktivitas belajar mengajar.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Dukung Penghematan Biaya Operasional Mitra Driver, Program Gojek Swadaya Kembali Hadirkan Beasiswa Anak Mitra

Dukung Penghematan Biaya Operasional Mitra Driver, Program Gojek Swadaya Kembali Hadirkan Beasiswa Anak Mitra
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Komitmen Gojek, platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara,  dalam membantu taraf hidup mitra dan keluarga terus...


Utamakan Keamanan Anak Selama Berkendara, Mothercare Indonesia Hadirkan POLED

Utamakan Keamanan Anak Selama Berkendara, Mothercare Indonesia Hadirkan POLED
JAKARTA, INFOBRAND.ID –   Kenyamanan dan keamanan sang buah hati merupakan salah satu fokus utama yang perlu diperhatikan oleh para or...


Pecahkan Rekor MURI, 1.271 Anak Ikuti Lomba Menggambar Daring Bersama SGM Eksplor & Alfamidi

Pecahkan Rekor MURI, 1.271 Anak Ikuti Lomba Menggambar Daring Bersama SGM Eksplor & Alfamidi
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Dalam rangka memeringati Hari Anak Sedunia yang jatuh setiap tanggal 20 November, Danone Specialized Nutrition (SN) Indo...


Bangun Kredivo Hingga Siap IPO di US, Finaccel Kini Pimpin Keuangan Digital di Asia Tenggara

Bangun Kredivo Hingga Siap IPO di US, Finaccel Kini Pimpin Keuangan Digital di Asia Tenggara
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Hadir sejak 2016, FinAccel terus mengalami pertumbuhan yang pesat melalui anak perusahaannya. FinAccel telah berhasil mem...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

BRANDING & CSR






Index

BRAND ACHIEVEMENTS






Index