Sabtu, 02 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, TaniHub Group Berkolaborasi dengan BRI Agro

Posted by: 1630 viewer

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, TaniHub Group Berkolaborasi dengan BRI Agro
Penandatanganan nota kesepahaman antara TaniHub dan BRI Agro. (Foto TaniHub)

JAKARTA - TaniHub Group, perusahaan rintisan berbasis teknologi (Startup) yang bergerak di bidang pertanian (agritech) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pertanian di Indonesia. Kali ini TaniHub kolaborasi dengan BRI Agro, sebuah jasa perbankan yang dikembangkan oleh BRI Group sebagai digital attacker dalam bidang pertanian.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilaksanakan pada Rabu, 6 Januari 2021, di Gedung BRI Agro, Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan. Kolaborasi yang dinamai program “Indonesia Tani” ini bertujuan untuk mempercepat tercapainya digitalisasi pertanian Indonesia dengan memberikan akses pendanaan, pemberian sarana produksi, hingga jaminan penjualan hasil pertanian.

Ivan Arie Sustiawan, CEO TaniHub Group, mengatakan, kolaborasi tersebut juga membawa misi panjang bagi pertanian Indonesia yang nantinya dengan pendekatan digital, petani dapat membeli berbagai kebutuhan produksi bersubsidi melalui aplikasi ataupun laman TaniHub. Sebagai langkah pembuka atas kolaborasi ini, TaniHub Group melalui TaniFund akan memberikan kemudahan akses pembiayaan dan pengadaan sarana produksi kepada para petani dengan menyalurkan kredit dari BRI Agro.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Melalui langkah ini, para petani binaan TaniFund dapat membeli bibit, pupuk, hingga sarana produksi lainnya yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas produk mereka,” ujar Ivan, Rabu (6/1/2021).

Ivan menambahkan, menuturkan bahwa kemitraan yang terbangun antara TaniFund dan BRI Agro dapat membawa peran besar dalam peningkatan kesejahteraan petani Indonesia melalui akses pembiayaan. Menurutnya petani tidak perlu lagi khawatir mengenai salah satu masalah terbesar mereka, yakni akses permodalan. Bahkan dengan ekosistem TaniHub Group, para petani juga mendapatkan jaminan pasar.

Sejalan dengan Ivan, Ebeneser Girsang, Direktur Utama BRI Agro mengatakan bahwa program ini diharapkan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan petani dan berdampak terhadap pemulihan ekonomi nasional dengan pendekatan digital. Sebagai anak perusahaan BUMN kami siap terus berinovasi untuk usaha pemulihan ekonomi nasional yang juga diamanahkan oleh Kementrian BUMN untuk BRI Group.

“Kami melihat TaniHub Group merupakan partner yang tepat bagi kami melihat inovasi dan pengalaman mereka sebagai perusahaan agri-tech yang sudah berdiri sejak tahun 2016,” ungkap Ebeneser Girsang.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa sektor pertanian mengalami pertumbuhan positif pada kuartal III-2020, yakni tumbuh sebesar 2,15% (y0y). Sebelumnya BPS juga mencatatkan peningkatan sebesar 2,19% pada kuartal II-2020. Peningkatan dalam sektor pertanian ini memiliki peran besar terhadap pertahanan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Belajar dari hal di atas, dengan memperkuat pertanian Indonesia, kita juga dapat berperan dalam memperkuat ekonomi Indonesia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Manajemen FEB Universitas Airlangga, Menyiapkan Mahasiswa Ready for Business with AI

Manajemen FEB Universitas Airlangga, Menyiapkan Mahasiswa Ready for Business with AI
INFOBRAND.ID - Artificial Intelligence (AI) merupakan fenomena terkini di dunia IT, yang menjadikan berbagai profesi bisa jadi di masa depan akan terg...


Survey Internal HPM, Ini Tiga Kekhawatiran Konsumen Beralih ke EV

Survey Internal HPM, Ini Tiga Kekhawatiran Konsumen Beralih ke EV
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Survei internal PT Honda Prospect Motor (HPM) beberapa waktu lalu menyebutkan, terdapat tiga faktor yang belum bisa menggerakk...


Indonesia Sport Facility Expo (ISFEX) 2024 Hadirkan Inovasi dan Peluang Baru di Industri Olahraga

Indonesia Sport Facility Expo (ISFEX) 2024 Hadirkan Inovasi dan Peluang Baru di Industri Olahraga
INFOBRAND.ID - Turut menggerakkan roda industri olahraga agar melaju lebih cepat, maka PT Debindo Exponet Asia (Debindo Group) siap menggelar Ind...


Mudahkan Pengguna Mencari Pesan, WhatsApp Hadirkan Fitur Pencarian Berdasarkan Tanggal

Mudahkan Pengguna Mencari Pesan, WhatsApp Hadirkan Fitur Pencarian Berdasarkan Tanggal
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Aplikasi perpesanan instan, WhatsApp, menghadirkan fitur pencarian pesan berdasarkan tanggal untuk memudahkan pengguna dalam m...