Ahad, 23 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Setempat, Taspen Bangun Kampung Wisata Ulos 

Posted by: 728 viewer

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Setempat, Taspen Bangun Kampung Wisata Ulos 
Kampung Wisata Ulos Taspen/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Taspen (Persero) membangun dan menata Kampung Wisata Ulos di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah setempat.

"Pembangunan dan penataan Kampung Ulos di Samosir merupakan wujud komitmen PT Taspen dan Kementerian BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Direktur Keuangan Taspen Rena Latsmi Puri dalam keterangannya dikutip Senin (13/11/2023).

Taspen membangun fasilitas gedung toilet dan food court di kawasan Kampung Ulos sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan guna meningkatkan kenyamanan wisatawan dalam mendukung pertumbuhan ekosistem perekonomian usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) setempat.

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan, Taspen berkomitmen memberikan dukungan terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat, termasuk kegiatan yang mendukung roda perekonomian di Kampung Ulos.

Dengan tersedianya sarana dan prasarana yang baik, diharapkan masyarakat Kampung Ulos dapat mengembangkan diri dan lebih berdaya secara ekonomi. Pembangunan tersebut juga sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mendorong BUMN berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain pembangunan fasilitas, Taspen juga melakukan pembinaan dan pelatihan manajemen kepada warga setempat. Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya guna dan nilai tambah bagi warga untuk terus meningkatkan antusiasme wisatawan yang berkunjung ke Kampung Ulos.

Sementara itu, Asisten II Pemerintah Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang mengatakan program pembangunan dan penataan Kampung Ulos di Kabupaten Samosir yang dilakukan Taspen mendukung pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Samosir.

"Pembangunan dan penataan Kampung Ulos ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat, utamanya pembangunan gedung toilet dan food court akan meningkatkan daya tarik Kampung Ulos sebagai destinasi wisata. Dengan demikian, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Kampung Ulos melalui peningkatan kunjungan wisatawan," ujarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kegiatan pembangunan dan penataan Kampung Wisata Ulos merupakan program unggulan unit tanggung jawab sosial dan lingkungan Taspen yang dilakukan sejak 2022. Program tersebut bertujuan untuk mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat yang sesuai dengan salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ditetapkan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), yakni masyarakat sejahtera.

Pada Februari 2023, Taspen menyelenggarakan program serupa di Desa Melati Wangi, Kabupaten Bandung dengan membangun Rumah Kolaborasi Andal Taspen (Ruko ATAS) dan Taman Rekreasi Sehat Andal Taspen (Teras ATAS).

Dua fasilitas itu merupakan pusat inovasi bersama (collaboration innovation centre) berkonsep kafe sebagai sarana penjualan dan pemasaran produk UMKM binaan Taspen.

Selain itu, Teras ATAS juga termasuk pusat kesehatan yang dilengkapi alat fitness khusus untuk lansia, serta dapat menjadi sarana olahraga bagi remaja dan bermain untuk anak-anak.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...