Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tingkatkan Produktivitas, Pupuk Indonesia Perkuat Kolaborasi Makmur

Posted by: 376 viewer

Tingkatkan Produktivitas, Pupuk Indonesia Perkuat Kolaborasi Makmur
Pupuk Indonesia/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) memperkuat kolaborasi program Makmur untuk meningkatkan produktivitas pangan nasional di tengah adanya ancaman krisis pangan global.

"Saat ini, produktivitas pangan dunia berada di posisi terendah dalam 60 tahun terakhir," kata Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi, dalam keterangan tertulisnya dikutip Selasa (14/11/2023).

Menurutnya, Indonesia perlu untuk mengamankan kebutuhan pangan. Di antara strateginya ialah dengan meningkatkan produktivitas pertanian dengan berbagai cara, tidak hanya menambah pabrik pupuk dan anak-anak muda atau ahli-ahli di bidang pertanian, tetapi juga membangun dan memperkuat ekosistem budi daya pertanian.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Program Makmur merupakan ekosistem yang mendukung petani dari hulu ke hilir, sehingga proses budi daya maupun pemasaran hasil pertanian bisa berjalan lebih optimal," ujarnya.

Melalui program Makmur, kata dia lagi, petani memiliki kemudahan akses pada tiga hal.

Pertama ialah akses teknologi, karena dalam pelaksanaannya program Makmur memberikan pendampingan teknologi pertanian, seperti pemanfaatan teknologi smart precision farming atau pertanian presisi.

Salah satunya melalui drone yang dilengkapi sejumlah fitur untuk menjadikan pemupukan lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan tanaman, dan hasilnya pun semakin optimal.

"Drone yang digunakan Petrokimia Gresik pada smart precision farming canggih, tidak hanya mampu menyebarkan pupuk, tapi sebelumnya memetakan kondisi tanaman, sehingga pupuk yang disebarkan presisi sesuai dengan kebutuhan," jelasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kemudahan kedua yang didapatkan petani dari program Makmur adalah akses pasar, sehingga nilai jual hasil panen petani menjadi lebih optimal.

"Seperti program Makmur kita di Pati, biasanya setelah panen dijual ke pengepul, pengepul ke pengepul besar, pengepul besar ke pedagang, pedagang baru ke ujungnya. Di Pati, petani Makmur menjual hasilnya secara langsung ke industri makanan," imbuhnya.

Terakhir, Rahmad menyampaikan kemudahan ketiga dari program Makmur ialah akses permodalan.

Menurut dia, program Makmur Pupuk Indonesia berkolaborasi dengan perbankan untuk memberikan akses modal kepada petani. Selain itu, juga asuransi guna melindungi petani dari risiko gagal panen.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...