Selasa, 23 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tokopedia E-Commerce Paling Sering Digunakan untuk Berjualan Online

Posted by: 2935 viewer

Tokopedia E-Commerce Paling Sering Digunakan untuk Berjualan Online
Tokopedia.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Tokopedia menduduki peringkat teratas, sebesar 49% sebagai e-commerce yang paling sering digunakan sebagai media berjualan online. Selanjutnya disusul Shopee dan Lazada diperingkat kedua dan ketiga, dengan nilai 45% dan 3%.

Demikian terungkap dalam Studi Internal DSIInnovate (DailySocial). Ketiga eCommerce tersebut tercatat memiliki serangkaian strategi untuk memikat para konsumennya. Tokopedia misalnya, menghadirkan kampanye sesuai kebiasaan atau tradisi lokal, seperti promo akhir bulan setiap tanggal gajian lewat program "Waktu Indonesia Belanja".

Sementara itu, Shopee dan Lazada menghadirkan Singles Date Sale seperti 2.2 dan 3.3, yang awalnya diperkenalkan oleh 11.11 Alibaba. Sementara itu, Bukalapak pada tahun lalu menghadirkan promo cashback melalui program 11.11 untuk penjualan komputer, konsol game, dan mainan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Itu artinya, perkembangan bisnis eCommerce dengan serangkaian strateginya, telah memberikan kontribusi penting bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Dalam laporan DSInnovate, salah satu kontribusi eCommerce adalah memberikan dampak sosial-ekonomi bagi pelaku usaha, termasuk UMKM, melalui jangkauan pasar yang lebih luas.

Penggunaan e-commerce terhitung menguntungkan bagi UMKM, terutama yang baru memulai bisnis. Dari sisi biaya operasional, eCommerce membantu mengurangi biaya operasional, termasuk sewa toko, etalase produk, strategi pemasaran dan logistik, serta rantai pasokan. Penjual tidak lagi membutuhkan biaya pemasaran yang cenderung mahal dan rawan kegagalan.

“Mereka hanya perlu aktif berpromosi di media sosial dan memaksimalkan penjualan lewat platform e-commerce,” demikian dikutip dari laporan DSInnovate.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI

Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital seperti sekarang ini, insan kehumasan (public relations) harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi...


Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan

Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT Indodana Multi Finance (Indodana Finance) bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam ra...


Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda

Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Momentum akhir bulan menjadi kesempatan terbaik bagi para anak muda untuk beralih ke smartphone baru, terlebih jika smartphone...


Tahun Ini, PLN Targetkan Bangun 2.000 SPKLU Tiang Listrik

Tahun Ini, PLN Targetkan Bangun 2.000 SPKLU Tiang Listrik
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti mengatakan, uji coba Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPK...