Hubungan masyarakat atau HUMAS telah menjadi aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan dalam aktivitas bisnis. Memiliki tujuan untuk menciptakan image positif perusahaan, membangun hubungan baik, dan meningkatkan visibilitas sebuah prusahaan atau brand yang dimiliki, membuat konsep yang juga populer dengan istilah Public Relations (PR) terus dibangun dan dijaga oleh setiap perusahaan.
Seiring perkembangan teknologi digital, aktivitas PR mengalami transformasi, yang mengubah cara perusahaan berkomunikasi dengan public atau masyarakat. Dengan teknologi internet komunikasi dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan luas. Namun demikian, kemudahan komunikasi yang dilakukan juga menghadirkan berbagai tantangan, terutama dalam memaksimalkan teknologi yang ada.
Karenanya, praktisi PR wajib menjalankan aktivitas PR melalui platform digital terutama media sosial dan media digital. Lebih dari sekedar mengelola komunikasi media digital dan media sosial, insan PR juga dituntut mampu membuat konten yang tidak hanya menarik, tapi juga mampu membangun image atau reputasi perusahaan, agar berdampak positif terhadap kelangsungan bisnis perusahaan yang menaunginya.
Guna mengukur keberhasilan sebuah brand dan perusahaan dalam membangun PR digital, TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand, melakukan riset Indonesia Top Digital Public Relations Index, yang dilakukan terhadap brand dan perusahaan emiten maupun non emiten, untuk selanjutnya diberikan penghargaan Top Digital Public Relations Award 2025.
Untuk brand, riset dan penilaian dilakukan menggunakan tiga parameter penilaian yakni; Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, Digital Mention Aspect. Dimana dari hasil riset yang dilakukan, peraih penghargaan Top Digital Public Relations Award 2025, yang diberikan kepada brand-brand yang berada di posisi tiga teratas di kategorinya, atau peringkat pertama jika hanya terdapat maksimal tiga brand di kategorinya.
Sedangkan untuk perusahaan emiten dan non emiten, riset dan penilaian dilakukan menggunakan tiga parameter penilaian yakni; Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect, Digital Awareness Aspect. Dan peraih penghargaan Top Digital Public Relations Award 2025 untuk perusahaan emiten dan non emiten, diberikan kepada perusahaan ter-riset yang memiliki dominasi pemberitaan positif dalam 5 halaman google news pertama dengan angka dominasi minimal 80% pemberitaan positif.
Kami ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan Top Digital PR Award 2025, yang akan berlangsung pada Selasa, 11 Februari 2025 di Sultan Hotel Jakarta. Semoga penghargaan ini mampu meningkatkan kepercayaan konsumen, stakeholder, maupun shareholder terhadap sebuah perusahaan.
Salam,
Tri Raharjo
CEO TRAS N CO Indonesia &
Chairman Indonesia Brand Community (IBC)