Top Innovation Choice Award 2025 Apresiasi 300 Brand Inovatif, Momentum Peluncuran Didominasi Awal & Akhir Tahun
Posted by: Alvin Pratama | 08-05-2025 10:23 WIB | 361 views

INFOBRAND.ID– Ajang penghargaan Top Innovation Choice Award 2025 kembali digelar untuk mengapresiasi berbagai merek dan perusahaan yang berhasil menghadirkan inovasi unggulan di Indonesia. Tahun ini, riset dilakukan terhadap 300 brand yang meluncurkan produk atau jasa inovatif di pasar nasional.
Dalam pemaparannya, perwakilan dari tim penyelenggara menyebutkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu mendorong brand untuk semakin diterima di pasar, seiring dengan proses seleksi ketat yang dilakukan oleh tim juri, Trust Inode, dan Infobrand.
“Dari kegiatan Top Innovation Choice Award ini, kami berharap brand Bapak/Ibu semakin diterima oleh pasar karena telah melalui serangkaian seleksi yang ketat,” ujar CEO Tras N Co Indonesia, Tri Raharjo.
Salah satu temuan menarik dari riset ini adalah waktu peluncuran produk-produk inovatif yang ternyata didominasi pada awal dan akhir tahun. Dari data yang dikumpulkan, terungkap bahwa bulan Januari mencatat 14% peluncuran inovasi, Februari 12%, November 15% (tertinggi), dan Desember 13%.
“Menariknya, sebagian besar brand memilih awal dan akhir tahun sebagai momentum peluncuran produk atau jasa inovatif. Di bulan November dan Desember, peluncuran produk sangat tinggi, salah satunya karena momentum Harbolnas yang kerap dimanfaatkan oleh brand, khususnya di sektor beauty,” jelas Tri Raharjo.
Selain faktor momentum tahunan seperti Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), strategi penetapan target tahunan perusahaan juga menjadi pendorong kuat bagi peluncuran inovasi di awal tahun.
Meski demikian, riset juga mencatat bahwa peluncuran inovasi tetap berlangsung merata di bulan-bulan lain, seperti Maret hingga September, meski dengan persentase yang lebih rendah. Ini menunjukkan bahwa inovasi tetap menjadi fokus strategis brand sepanjang tahun.
Dengan digelarnya Top Innovation Choice Award 2025, diharapkan ekosistem inovasi di Indonesia terus tumbuh dan mampu meningkatkan daya saing brand lokal di pasar nasional maupun internasional.
Baca berita lainnya di Google News