Rabu, 21 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Trakindo Goes to Campus Siapkan Mahasiswa Hadapi Revolusi Industri 4.0

Posted by: 1251 viewer

Trakindo Goes to Campus Siapkan Mahasiswa Hadapi Revolusi Industri 4.0
Trakindo/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Trakindo Utama, penyedia solusi alat berat Caterpillar di Indonesia, terus berkomitmen untuk memajukan pendidikan di Indonesia. 

Komitmen tersebut diwujudkan melalui program "Trakindo Goes to Campus" sebagai sarana berbagi keahlian dan pengalaman Trakindo di industri alat berat kepada mahasiswa, khususnya di tengah disrupsi industri 4.0. 

Acara tersebut digelar secara virtual dengan bekerja sama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada 11 September 2021 dan Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar pada 18 September 2021, dengan tema “Prospek dan Masa Depan Pendidikan Teknologi di Indonesia pada Era Disrupsi Industri 4.0”. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Masing-masing acara diikuti sekitar 250 mahasiswa dan belasan staf pengajar di kedua institusi pendidikan bergengsi tersebut. 

Pendidikan teknologi menjadi salah satu bidang paling terdisrupsi di tengah transformasi dan transisi akibat Revolusi Industri 4.0 yang terjadi secara intensif. 

Untuk menjawab kebutuhan baru yang muncul di lanskap tenaga kerja global, maka sektor pendidikan tinggi teknologi perlu melakukan berbagai perubahan dan penyesuaian agar anak didik memiliki bekal memadai untuk menghadapi tuntutan industri yang terus berubah. 

Candy Sihombing, Corporate Communication and CSR Manager Trakindo mengh saat ini, seiring dimulainya disrupsi Industri 4.0, terjadi peningkatan kebutuhan akan bakat terbaik, terutama di bidang teknologi. 

“Sayangnya, di saat yang sama kita harus menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang menghadirkan tantangan serius bagi dunia pendidikan. Untuk itu kami melakukan Trakindo Goes to Campus guna memberikan gambaran mengenai kebutuhan dan masa depan industri," kata dia dalam keterangannya, Senin (27/9/2021).

IKLAN INFOBRAND.ID

Dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian 50 Tahun Dedikasi Trakindo Berkarya untuk Indonesia, Trakindo Goes to Campus merupakan upaya Trakindo menunjukkan kepedulian terhadap kemajuan pendidikan teknologi di Indonesia beserta mahasiswanya.

Selain itu, Trakindo juga berharap dapat membantu mahasiswa dengan berbagi dan mengenal secara langsung disrupsi dan transformasi pada industri alat berat di era Revolusi Industri 4.0. 

Maklum, selama ini, selain menyediakan solusi alat berat, Trakindo memang berupaya menerapkan tanggung jawab sebagai warga korporat yang baik dengan menitikberatkan pada pilar-pilar corporate citizenship, salah satunya di bidang Pendidikan.

"Perkembangan teknologi di industri alat berat saat ini mengarah ke Connected Asset dan Automation, seperti Equipment Management, sebuah solusi digital yang mampu memonitor kinerja dan kesehatan alat berat dari jarak jauh," ujarnya lagi.

Sementara itu, Fajar Nur Hendri Winarko, Instructor Technology Trakindo Tembagapura menjelaskan lebih jauh mengenai teknologi Minegem atau Cat® Minestar Command for Underground. 

IKLAN INFOBRAND.ID

“Minegem merupakan teknologi otomasi yang membuat operator dapat mengontrol alat berat dari jarak jauh yang saat ini banyak diimplementasikan di pertambangan bawah tanah, sehingga penggunaannya lebih aman dan meningkatkan produktivitas,” jelas Fajar. 

Selain berbicara mengenai teknologi Cat Minestar, Fajar juga bercerita mengenai pengalamannya, serta kisah serunya bekerja di pertambangan.

Pada acara ini, Trakindo berbagi kebutuhan hingga keahlian yang diperlukan mahasiswa dan cara menghadapi tantangan di tengah kemajuan teknologi yang pesat. Paparan mengenai hal ini diharap mampu mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan zaman dan menambah wawasan sebelum terjun ke dunia kerja. 

Trakindo berharap akan lahir generasi-generasi yang adaptif sehingga mampu menjadi para generasi penerus di bidang teknologi untuk menghadapi disrupsi industri 4.0.

“Dengan berbagai kemajuan teknologi, serta pemanfaatannya pada industri alat berat saat ini, lulusan teknik dari berbagai jurusan bisa bergabung di industri alat berat, tidak hanya satu jurusan tertentu saja,” jelasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak

BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BSI Maslahat menyalurkan bantuan kepada penyintas banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, senilai Rp100...


Jaga Kawasan Konservasi, Perusahaan Sawit Gandeng Masyarakat Setempat

Jaga Kawasan Konservasi, Perusahaan Sawit Gandeng Masyarakat Setempat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan sawit PT Rimba Harapan Sakti (RHS), Wilmar Group menggandeng masyarakat di sekitar Kawasan Konservasi Sungai Pukun...


Tahun Lalu, PLN Indonesia Power Jalankan 1.886 Program SGD's

Tahun Lalu, PLN Indonesia Power Jalankan 1.886 Program SGD's
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT PLN Indonesia Power telah menjalankan sebanyak 1.886 program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development...


Dukung Keberlanjutan Perekonomian Lokal, ASDP Terus Bina UMKM

Dukung Keberlanjutan Perekonomian Lokal, ASDP Terus Bina UMKM
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus membina usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mendukung keberlanjutan perekono...