JAKARTA, INFOBRAND.ID – Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1440 Hijriah yang jatuh pada 12 Agustus 2019, Shopee kembali menghadirkan program kurban online melalui “Shopee Berkurban”. Untuk membantu pengguna dapat berkurban dengan mudah secara online, Shopee berkolaborasi dengan tiga lembaga penyalur kurban yaitu BAZNAS, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.
Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar mengatakan bahwa nantinya hewan kurban yang dibeli pengguna akan didistribusikan menggunakan alternatif wadah non-plastik, seperti besek bambu dan kaleng. Hal ini dilakukan guna mendukung komitmen pemerintah dalam mengurangi penggunaan plastik.
“Tidak hanya menunaikan ibadah berkurban, pengguna juga diajak untuk turut serta membantu mengurangi sampah plastik kurban,” kata Rezki dalam siaran persnya.
Menurut Rezki, ketiga lembaga yang bekerjasama dengan Shopee memiliki tema masing-masing. BAZNAZ misalnya yang mengangkat tema Kurban Berdayakan Desa dengan menyediakan hewan kurban berupa sapi dan kambing.
Nantinya, kurban yang ditunaikan melalui BAZNAS akan didistribusikan ke lebih dari 20.000 Kepala Keluarga di 30 provinsi di Indonesia.
“Hewan ternak dibeli langsung dari peternak binaan di desa, disembelih dan didistribusikan di desa agar peternak semakin berdaya secara ekonomi dan mustahik dapat memenuhi kebutuhan gizi melalui daging kurban yang didistribusikan,” jelasnya.
Selanjutnya Rumah Zakat yang mengusung Superqurban. Dimana nantinya daging kurban kambing dan sapi akan dioptimalisasi menjadi kornet dan rendang sehingga pendistribusian dapat dilakukan sepanjang tahun dan dapat menjangkau seluruh pelosok Indonesia.
Terakhir Dompet Dhuafa melalui Tebar Hewan Kurban. Dimana lembaga ini menyediakan beragam pilihan hewan kurban, yaitu kambing standar, kambing premium dan sapi. “Kurban yang ditunaikan melalui Dompet Dhuafa akan didistribusikan ke lebih dari 1 juta jiwa di 25 provinsi di Indonesia,” tandasnya.
Untuk berpartisipasi dalam “Shopee Berkurban” silahkan kunjungi https://shopee.co.id/m/shopee-berkurban-2019.