Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tunjang Kerja di Masa Pandemi, Semen Padang Kembangkan Aplikasi Simple

Posted by: 1771 viewer

PT Semen Padang, dalam menghadapi kondisi pandemi memaksimalkan berbagai fasilitas teknologi digital. Salah satunya dengan mengembangkan aplikasi Simple. Aplikasi Simple merupakan sistem pengendalian dokumen yang telah go-live di lingkungan Semen Padang sejak Oktober lalu.

Tunjang Kerja di Masa Pandemi, Semen Padang Kembangkan Aplikasi Simple
PT Semen Padang mengembangkan aplikasi Simple untuk menunjang aktivitas perusahaan.

Jakarta, INFOBRAN.ID – Di masa pandemi, aktivitas perusahaan harus dijalankan sesuai peraturan protokol kesehatan. Salah satunya adalah dengan mengurangi interaksi dan aktivitas yang melibatkan orang banyak di satu tempat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, banyak perusahaan yang akhirnya menerapkan kerja dengan memanfaatkan teknologi digital. Mulai dengan mengatur pertemuan dan laporan secara online hingga memanfaatkan berbagai aplikasi terintegrasi untuk menunjang pekerjaan.

Seperti yang dilakukan PT Semen Padang, dalam menghadapi kondisi pandemi memaksimalkan berbagai fasilitas teknologi digital. Salah satunya dengan mengembangkan aplikasi Simple. Aplikasi Simple merupakan sistem pengendalian dokumen yang telah go-live di lingkungan Semen Padang sejak Oktober lalu.

Kepala Unit Sistem Manajemen PT Semen Padang Nelvi Irawati mengatakan bahwa aplikasi Simple tersebut diimplementasikan di SIG dengan tujuan untuk menunjang aktivitas karyawan/ti PT Semen Padang.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Aplikasi Simple yang baru go-live ini sangat menunjang aktivitas seluruh karyawan PT Semen Padang, terutama saat kerja di masa pandemi COVID-19 saat ini,” Nelvi, Kamis (19/11).

Nelvi menjelaskan bahwa aplikasi Simple ini merupakan pengganti Sistem Dokumentasi Online (SDO) yang sebelumnya digunakan di PT Semen Padang. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan dibanding pendahulunya. Di antaranya, proses drafting, review dan approve dokumen (pedoman, prosedur, instruksi kerja) dapat dilakukan secara online di aplikasi Simple.

Selain aplikasi Simple, PT Semen Padang menggunakan aplikasi lainnya yang juga menunjang aktivitas karyawan di masa pandemi yaitu Microsoft Teams, WhatsApp Grup, Trello, One Drive, dan share point.

“Pada masa pandemi sekarang ini, semuanya dilakukan secara online. Jadi, walaupun karyawan/ti PT Semen Padang tidak masuk kantor atau kerja dari rumah, pekerjaan apa pun tetap dapat berjalan seperti biasa salah satunya dengan implementasi aplikasi Simple ini, khusus surat menyurat untuk internal dan eksternal bisa menggunakan fasilitas NDO (Nota Dinas Online),” ujarnya.

PT Semen Padang, kata Nelvi melanjutkan, telah mengintegrasikan berbagai sistem manajemen yang ada di perusahaan dan merupakan panduan bagi seluruh kegiatan di perusahaan pada semua level. Mulai dari level Direksi sampai kepada Karyawan pelaksana di semua unit kerja.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dengan sistem manajemen terintegrasi, perusahaan dapat menggabungkan persyaratan umum dalam standar sistem manajemen yang diterapkan, sehingga dapat mengurangi duplikasi pekerjaan karena penggabungan proses kerja dan dokumentasi.

“Sistem manajemen terintegrasi ini juga dapat menghemat biaya, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi bagi perusahaan PT Semen Padang,” ungkap Nelvi.

Unit Sistem Manajemen PT Semen Padang, tambah Nelvi, tidak hanya mengelola sistem manajemen perusahaan, tapi juga merupakan unit yang mengelola, mengembangkan dan memonitor kegiatan kearsipan yang ada di PT Semen Padang, karena arsip sangat penting bagi suatu perusahaan. Dimana arsip merupakan rekaman informasi, pusat ingatan, alat bukti dan sebagai alat bantu dalam mengambil keputusan dan merumuskan kebijakan.

Kearsipan PT Semen Padang sudah terakreditasi untuk penyelenggaraan kearsipan dengan kualifikasi “A” dari Arsip Nasional Republik Indonesia pada tahun 2015, dimana PT Semen Padang merupakan satu-satunya perusahaan persemenan yang meraih prestasi kualifikasi A di Indonesia.

“Di arsip, kami pun juga melakukan perubahan-perubahan. Salah satunya, membuat layanan perbaikan arsip rusak (restorasi),” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...