Senin, 03 Oktober 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

TV dan Digital Menempati Porsi Tertinggi Belanja Iklan  Semester I 2022

Posted by: 15-08-2022 11:19 WIB 503 viewer

TV dan Digital Menempati Porsi Tertinggi Belanja Iklan  Semester I 2022
Iklan Digital.

INFOBRAND.ID - Belanja iklan semester pertama 2022 mencatatkan kenaikan 7% dibandingkan periode yang sama sebelumnya dengan total belanja iklan mencapai 135 triliun berdasarkan gross rate card. Laporan Nielsen Ad Intel mengungkapkan TV masih mendominasi dengan porsi belanja iklan sebesar 79,2%, tumbuh lebih dari 8% dengan total belanja iklan mencapai Rp107.5 Triliun.

Selanjutnya diikuti digital yang meningkat 15,2% dengan kenaikan lebih dari 6 persen dengan belanja iklan mencapai Rp 20.5 Triliun.  Akan tetapi, kontraksi terjadi pada media cetak (4.8%) dan radio (0.3%).

Selama semester pertama 2022, kategori layanan online menjadi pembelanja terbesar dengan total belanja iklan hingga 69 persen atau sebesar Rp 28.5 triliun. Kategori Hair Care berada di peringkat kedua dengan pertumbuhan 20% dan total belanja iklan sebesar Rp 6,9 Triliun. Namun secara umum, layanan online, hair care, facial care, seasoning and condiments, dan government and political organization mengambil porsi sebesar 35% dari total angka belanja iklan.

Dalam periode tersebut, Nielsen juga mencatat beberapa kategori juga memiliki penurunan belanja iklan. Dua kategori dengan penurunan tertinggi adalah communication equipment dan health drink, keduanya turun masing-masing 28% dan 20%.

Hellen Katherina, Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia menjelaskan, secara umum peningkatan belanja iklan ini cukup menandakan optimisme pengiklan masih cukup tinggi untuk beriklan di tengah transisi ini. Khususnya untuk saluran televisi dan digital masih dipercaya menjadi kanal yang efektif untuk mempromosikan produknya ke publik. Hal tersebut terefleksi dari pengiklan yang masih memberikan porsi yang besar terhadap budget belanja iklannya pada kedua kanal tersebut.

“Terlihat belanja iklan didominasi oleh produk FMCG dan e-commerce, dimana FMCG banyak beriklan di saluran televisi sedangkan e-commerce banyak beriklan di saluran digital,” ucap Hellen Katherina.

Dalam laporan Nielsen Digital Ad Intel semester pertama 2022 ini, Nielsen juga mencatat peningkatan jumlah kreatif iklan sebesar 40 persen yang didominasi oleh iklan-iklan digital dengan masa tayang pendek. Namun yang menjadi perhatian dari laporan Nielsen adalah terkait jumlah produk baru yang muncul.

Jika dibandingkan dengan tahun 2019, jumlah produk baru pada semester pertama 2022 justru lebih kecil, yaitu sebesar 4,334 dari total 13,704 produk yang beriklan. Kategori leisure dan facial product mendominasi untuk meluncurkan iklan produk baru.

Menurut Hellen, angka belanja iklan setiap semester memang cenderung mengalami kenaikan, seiring dengan kenaikan angka ratecard. Untuk semester pertama 2022 ini, bisa dikatakan bahwa pengiklan sudah mulai menunjukkan rasa percaya diri untuk kembali beriklan. Hal ini menunjukkan bahwa industri mulai pulih pasca pandemi. Namun, masih ada kehati-hatian untuk meluncurkan produk baru dan juga para pengiklan mulai menggunakan strategi campaign yang lebih pendek untuk tema-tema tertentu.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


TV dan Digital Menempati Porsi Tertinggi Belanja Iklan  Semester I 2022

TV dan Digital Menempati Porsi Tertinggi Belanja Iklan  Semester I 2022
INFOBRAND.ID - Belanja iklan semester pertama 2022 mencatatkan kenaikan 7% dibandingkan periode yang sama sebelumnya dengan total belanja iklan mencap...


Catat, 5 Asuransi Ini Harus Dimiliki Sejak Muda

Catat, 5 Asuransi Ini Harus Dimiliki Sejak Muda
INFOBRAND.ID - Perencanaan keuangan merupakan hal yang penting dilakukan kaum milenial dan generasi Z, untuk mewujudkan financial freedom atau merdeka...


Jadi Pembicara di Megabuild Indonesia, CEO TRAS N CO Indonesia Berbagi Ilmu Branding

Jadi Pembicara di Megabuild Indonesia, CEO TRAS N CO Indonesia Berbagi Ilmu Branding
JAKARTA, INFOBRAND.ID - CEO TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo berbagi ilmu branding kepada para pengunjung pameran Megabuild Indonesia 2022 yang berlan...


Pentingnya Omnichannel Bagi Bisnis di Era Digital

Pentingnya Omnichannel Bagi Bisnis di Era Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dalam perkembangannya teknologi semakin memberikan kemudahan bagi kita dalam melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan sehar...