Rabu, 27 Mei 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

UMKM Indonesia Masih Belum Maksimal Garap Peluang Go Digital, Kenapa?

Posted by: 12-02-2019 17:06 WIB 829 viewer

UMKM Indonesia Masih Belum Maksimal Garap Peluang Go Digital, Kenapa?
Ilustrasi digital

INFOBRAND.ID – Di era digital ini, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perlu mendapat dukungan maksimal dari pemerintah. Hal ini sejalan dengan  perkembangan industri 4.0 yang saat ini serba digital. Apalagi UMKM tengah dijadikan sebagai salah satu pilar dan tonggak ekonomi Indonesia. Sehingga pelaku UMKM harus bisa memaksimalkan peluang tersebut.

Pengamat ekonomi digital yang juga menjabat sebagai CEO PT Duta Sukses Dunia, Yudi Candra mengatakan, pelaku UMKM yang sudah go digital masih sangat sedikit. Menurutnya, hingga akhir tahun 2018, jumlah usaha mikro sebanyak 58,91 juta unit, usaha kecil 59.260 unit dan usaha besar 4.987 unit. Meski demikian, hanya 5 persen yang sudah go digital dan sisanya masih konvensional.

“Ada beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan UMKM di Indonesia melambat seperti masalah modal, sumber daya manusia dan menembus pasar. Itulah pentingnya UMKM melek media supaya mampu merambah pasar lebih luas,” ujar Yudi pada wartawan di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

IKLAN INFOBRAND.ID

Meski saat ini media sosial bisa dijadikan sebagai wadah promosi secara gratis, tapi tetap saja banyak pelaku UMKM yang tak bisa memanfaatkan peluang tersebut. Hal itu, lanjut Yudi, karena minimnya pendampingan dari pemerintah akan pemahaman tentang digitalisasi dan potensi media sosial sebagai sarana promosi.

“Masih banyak pelaku usaha yang tidak punya media sosial. Bahkan tidak sedikit yang sudah punya tapi tidak bisa mengoperasikannya karena dibuatkan orang lain. Lantas, bagaimana mereka bisa mempromosikan produknya kalau tidak punya akun media sosial atau tidak mengoperasikannya,” jelasnya.

Dengan adanya pendampingan maksimal dari pemerintah, Yudi berharap, UMKM nasional bisa mendongkrak ekonomi dan taraf hidup masyarakat luas.

“Karena UMKM butuh perhatian lebih, bukan dibiarkan liar jalan sendiri-sendiri,” pungkasnya. [ded]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Survei Alvara: Perilaku Publik Selama Pandemi Covid-19

Survei Alvara: Perilaku Publik Selama Pandemi Covid-19
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Sejak tanggal 2 Maret 2020, virus corona atau covid-19 telah masuk Indonesia dan telah menyebar ke seluruh Indonesia. An...


8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19

8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Konsultan Brand ETNOMARK melakukan riset untuk mengenali gaya perilaku masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini. Sedi...


WFH Karena Corona, 5 Aplikasi Ini Bisa Jadi Rekomendasi Untuk Meeting Online

WFH Karena Corona, 5 Aplikasi Ini Bisa Jadi Rekomendasi Untuk Meeting Online
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pada pertengahan Maret 2020 lalu, Presiden Joko Widodo telah memberikan instruksi kepada berbagai perusahaan yang ada di...


Perangi Virus Corona, Program CSR Jadi Strategi Jitu Bangun Citra Perusahaan

Perangi Virus Corona, Program CSR Jadi Strategi Jitu Bangun Citra Perusahaan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bencana wabah virus corona (Covid-19) yang terjadi di Indonesia semakin mengkhawatirkan masyarakat. Dampaknya pun telah dirasa...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index