Ahad, 21 April 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Posted by: 01-02-2019 09:00 WIB 277 viewer

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Utomo Njoto, Senior Franchise Consultant di FT Consulting Indonesia/ Foto: dok istimewa

Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis franchise. Dimana tujuan keduanya adalah sama, yakni meraih keuntungan serta menambah kekayaan pelaku usaha.

Kendati demikian, masih banyak pertimbangan-pertimbangan yang saling mempengaruhi antara dua pilihan tersebut sehingga membuat calon pelaku usaha cukup bingung untuk memilih mana yang lebih menguntungkan.

Senior Franchise Consultant di FT Consulting Indonesia, Utomo Njoto mengatakan, baik bisnis franchise maupun usaha sendiri masing-masing memiliki plus minus yang harus dipahami oleh calon pelaku usaha. Sehingga calon pelaku usaha bisa mencermati setiap peluang serta risiko dari bisnis tersebut.

“Kalau usaha sendiri sudah pasti modal yang dikeluarkan lebih rendah dan profit yang didapat bisa lebih tinggi kalau performance-nya sama dengan yang franchise. Sementara kalau franchise itu kan harus ada biaya franchise, royalti dan lain sebagainya,” ucap Utomo saat berbincang dengan wartawan usai menggelar seminar bertajuk ‘Usaha Sendiri Atau Franchise? Kenali Kiat dan Perangkapnya’ di GoWork FX Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2019).

Menurutnya, usaha sendiri bisa lebih bebas dalam berinovasi dan bereksperimen. Meski begitu, tingkat risikonya juga lebih tinggi jika dibanding dengan bisnis franchise yang bisa dibilang sudah melewati masa trial error.

Yang harus selalu diingat dan diperhatikan pula, stigma membeli franchise lebih aman daripada memulai usaha sendiri dengan cara dan merek sendiri tidak sepenuhnya benar, khususnya di Indonesia. Sama halnya dengan usaha sendiri, franchise tetaplah merupakan sebuah bisnis atau usaha yang juga memiliki risiko dan harus dilakukan dengan serius dan benar.

“Maka dari itu, orang juga kalau mau beli franchise harus lihat brandnya, jangan asal-asalan. Yang paling utama saat ingin membeli bisnis franchise adalah produk dan layanannya harus benar-benar spesial. Kalau itu tidak dapat maka risikonya sangat tinggi. Setelah itu pilih lokasi yang strategis, branding dan desain yang menarik, smart launching dan program promosi, dan harga yang cukup masuk akal. Karena seorang franchisor itu harus membuat relasinya win win,” tuturnya.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dari masing-masing pilihan, maka keputusannya ada pada anda sebagai seorang calon pelaku usaha.

Selamat berwirausaha.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Yuswohady : Inovasi Bukan Semata Kebutuhan, Tetapi Survivalnya Setiap Perusahaan

Yuswohady : Inovasi Bukan Semata Kebutuhan, Tetapi Survivalnya Setiap Perusahaan
INFOBRAND.ID – Yuswohady selaku Managing Partner, Inventure mengatakan inovasi bukan hanya menjadi kebutuhan melainkan sudah menjadi upaya survi...


Terkait Inovasi, Dosen Unair: Pilihannya 'Change or Be Changed'

Terkait Inovasi, Dosen Unair: Pilihannya 'Change or Be Changed'
INFOBRAND.ID – Kata-kata inovasi saat ini menjadi salah satu tema sentral, terutama di era revolusi industry 4.0 ini. Dimana semua jenis organis...


Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital

Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital
Satu dekade terakhir terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam...


Millennials  & Creativity

Millennials & Creativity
Memang tak mudah untuk mendapat gelar Startup Unicorn.   Tapi Indonesia punya anak-anak muda kreatif yang menggawangi perusahaan rintisan&nb...


Fenomena Dual Screen

Fenomena Dual Screen
PT The  Nielsen  Company Indonesia (Nielsen) cukup adaptif melihat  perkembangan media di Indonesia.  Kami  punya  layan...


Membangun Marketing Channel di Media Digital

Membangun Marketing Channel di Media Digital
Sejatinya media digital bisa menjadi sarana yang powerfull untuk melakukan serangkaian aktifitas marketing. Namun, hingga saat ini media digital baru...


Strategic Branding Management

Strategic Branding Management
Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang t...


Membidik Pasar Milenial

Membidik Pasar Milenial
Berbicara digital dan milenial  itu dua hal yang saling berhubungan.   Enabler atau teknologi nya adalah digital, customernya  ada...


Menjadi Digital Brand Champion

Menjadi Digital Brand Champion
Tak dipungkiri bila marketing digital mempengaruhi market offline. Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengungkapkan, sebagian bes...


Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta sampai akhir 2019. Selama 4 tahun target  kunj...


Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital

Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital
Perkembangan teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat...


Digital Branding Atau Tergerus?

Digital Branding Atau Tergerus?
Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era...


Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis fra...


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Sign In
VIP Members

BRAND UPDATES








Index

EDITOR NOTES




Index

OPINIONS







Index