Senin, 27 September 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Usung Program Metode Melukis dengan Aroma Untuk Tunanetra, Universitas Airlangga Ikut Serta Penjurian Top CSV Award 2021

Posted by: 14-09-2021 17:37 WIB 111 viewer

Usung Program Metode Melukis dengan Aroma Untuk Tunanetra, Universitas Airlangga Ikut Serta Penjurian Top CSV Award 2021
Penjurian Top CSV Award 2021 - Universitas Airlangga (foto istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Universitas Airlangga merupakan Universitas Negeri di Surabaya, yang merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di kawasan Timur Indonesia, berdiri pada tahun 1954. Universitas Airlangga memiliki lima fakultas, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Hukum, Sastra, Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Sejak didirikan, Universitas Airlangga terus berkembang, antara lain dengan melahirkan fakultas-fakultas baru, seperti; Ekonomi dan Bisnis, Farmasi, Kedokteran Hewan dan masih banyak lagi.

Universitas Airlangga memiliki program CSV This is Ability Not Disability, Metode Melukis dengan Aroma untuk Tuna Netra. Program tersebut adalah perwujudan konsep bahwa semua orang bisa menggambar atau melukis, tidak terkecuali untuk teman-teman penyandang tunanetra.

Berkat program tersebut, Pertamina masuk dalam nominasi penjurian Top CSV Award yang diadakan oleh Infobrand.id bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia yang digelar, Selasa (7/9/2021). Fuguh Afrian Imami, selaku Ketua Pelaksana Public Movement “This is Ability not Dissability, dalam pemaparan saat penjurian menjelaskan. “Konsep CSV ini bermula dari pemikiran mengenai apa peran Universitas, sebagai lembaga pendidikan tinggi. Universitas sebagai salah satu institusi penyedia pendidikan bagi masyarakat tentunya harus memiliki nilai peran serta dalam pemerataan pendidikan bangsa. Hal ini terwujud dalam misi kampus Universitas Airlangga di butir ketiga, yaitu mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu, teknologi, dan humaniora kepada masyarakat.

Berdasarkan 17 poin dalam SDG UNT, poin yang menjadi latar belakang CSV ini adalah poin pendidikan yang menyentuh angka 4 untuk Pendidikan Inlusif Untuk Semua yang artinya berkualitas setara bagi semua, dan di poin 10 untuk mengurangi ketimpangan di dalam dan antar negara.

“Merujuk pada issue pendidikan inlusif, kami menyoroti issue pendidikan pada pelajar tunanetra. Tidak seperti anak-anak pada umumnya, anak-anak dengan kondisi tunanetra memerlukan perlakuan khusus dalam pembelajaran. Tanpa adanya metode pendidikan yang tepat, anak dengan disabilitas akan mengalami kesulitan dalam pembelajaran seperti sulitnya mendapatkan keanekaragaman pengalaman dan rasa tidak aman dalam eksplorasi” kata Afrian.

Untuk kegiatan CSV ini, terdapat beberapa impact seperti peningkatan awareness terhadap issue Pendidikan penyandang disabilitas dan pengenalan metode pembelajaran baru dalam mengajar penyandang tunanetra. Dan untuk Universitas Airlangga sendiri mendapat impact dari kegiatan ini berupa exposure terbesar sebagai pemrakarsa acara yang mengurus isu sosial dan pendidikan, sedangkan untuk penyandang tunanetra mendapatkan manfaat berupa mendapat exposure sebagai peserta dan mendapatkan metode pembelajaran baru yang bisa dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan sekolah. Sedangkan untuk sponsor dan pemerintah dalam acara CSV ini, dapat impact sebagai pihak yang memahami pentingnya issue sosial dan pendidikan.

Dalam menjalankan program tersebut, dibutuhkan biaya sebesar Rp. 44. 809.950. dengan langkah kalkulasi seperti berikut: 1) Identifikasi Stakeholders dan dampak yang diterima. 2) Monetisasi & Penentuan nilai proxy. 3) Perhitungan total dampak dengan mempertimbangkan deadweight, attribution dan drop off. 4) Perhitungan total net present value dan memasukkan ke Formula Perhitungan SROI.

Berdasarkan analisa SROI diatas, diketahui aktivitas ini dikatakan berhasil karena nilai rasio kembalinya lebih besar dari nilai input tag dimasukkan. Untuk setiap Rp. 1 yang diinvestasikan menghasilkan manfaat senilai Rp. 38.16 atau lebih tinggi Rp. 37.16 sen dibanding nilai investasinya.

Menanggapi presentasi dalam Penjurian Top CSV Award 2021, Drs. Mas Achmad Daniri, MEc, selaku Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance (2019) menyatakan pendapatnya mengenai program Universitas Airlangga. “Mengenai program tersebut, apakah termasuk dalam Tridarma Perguruan Tinggi, terkait dengan pengabdian masyarakat. Dan juga menurut Universitas sendiri apakah program tersebut merupakan program terbaiknya. Selanjutnya dari saya, apa kaitannya dengan SDGs dan bagaimana kontribusi dari universitas Airlangga terhadap SDGs-nya”

Menjawab pertanyaan tersebut, Afrian menyatakan “Mengenai Tridarma Perguruan Tinggi, kegiatan ini sesuai dengan latar belakang universitas, dan mengenai SDGsnya kami mengambil 2 poin sebagai tolak ukur suatu bangsa, yang pertama pada pendidikan inklusi, karena pendidikan inklusi di negara ini belum merata terutama untuk teman-teman disabilitas. Seperti contoh untuk sekolah tunanetra tidak merata soal pendidikan inklusinya, hanya terdapat di kota-kota besar saja. Sedangkan di poin 10 yang berlandaskan teori mengurangi ketimpangan, sesuai dengan UUD tahun 1945 tentang belajar merupakan hak segala anak bangsa, sedangkan untuk fasilitasnya masih belum mumpuni. Kontribusinya ini dalam SDGs adalah meskipun kegiatan ini baru berlangsung di Surabaya bisa berkembang untuk memasuki seluruh wilayah Indonesia. Jika sudah menyeluruh untuk program ini tentunya bisa membantu negara dalam mengembangkan SDGs-nya” pungkasnya.

TOP CSV Award 2021 merupakan sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atau brand yang telah berhasil menjalankan program “creating share value”. Top CSV Award terselenggara berkat kerjasama INFOBRAND.ID sebagai Indonesia number one brand media, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, dan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga.

Penjurian dilakukan oleh Dr. Gancar C Premananto, CMD, selaku Head of Management Department FEB, Universitas Airlangga, dan Senior Consultant & Mentor CSV, Tri Raharjo, selaku CEO TRAS N CO Indonesia, sekaligus Founder Komunitas Indonesia Brand Network, dan Drs. Mas Achmad Daniri, MEc, selaku Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance, Pakar Good Corporate Governance (GCG), dan Penulis Buku Lead By CSV.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND GROUP mengatakan, setelah proses penjurian, pengumuman akan dilakukan pada hari senin, tanggal 13 September 2021 melalui surat pengumuman secara resmi yang kami kirimkan ke Perusahaan Peserta Nominasi TOP CSV Award 2021. Sedangkan penghargaan TOP CSV Award 2021 akan diberikan bersamaan dengan pengelangaraan Webinar Nasional pada tanggal 14 Oktober 2021, dengan Tema "CSR to CSV", yang bertujuan mengedukasi para pelaku CSR untuk melakukan transformasi program CSR menjadi CSV (Creating Shared Value) bukan hanya konsen pada dampak sosial saja tetapi juga dampak ekonomi. 

“Harapan saya dalam proses penjurian TOP CSV Award 2021 adalah meningkatnya kepercayaan diri perusahaan untuk terus menciptakan program CSV berkelanjutan, yang tentunya mampu memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan ekonomi, lingkungan dan sosial,” tutup Susi.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Sucofindo Raih Penghargaan di Ajang Indonesia Best TJSL Awards 2021

Sucofindo Raih Penghargaan di Ajang Indonesia Best TJSL Awards 2021
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT SUCOFINDO (Persero) meraih penghargaan sebagai Best TJSL 2021 with Outstanding Partners' Capacity and Capabilities...


Bantu Tangani Pandemi Covid-19, Pegadaian Dapat Penghargaan Best TJSL 2021

Bantu Tangani Pandemi Covid-19, Pegadaian Dapat Penghargaan Best TJSL 2021
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Konsisten bantu masyarakat menghadapi pandemi Covid-19, PT Pegadaian diganjar penghargaan di bidang sosial kemanusiaan dan bin...


Blue Bird Raih Penghargaan Asias Outstanding Company 2021

Blue Bird Raih Penghargaan Asias Outstanding Company 2021
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Blue Bird Tbk (Bluebird) sebagai penyedia layanan transportasi darat terdepan di Indonesia kembali meraih penghargaan....


Anak Usaha Archi Menang Penghargaan Platinum di Event Indonesian SDGs Award 2021

Anak Usaha Archi Menang Penghargaan Platinum di Event Indonesian SDGs Award 2021
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Anak Usaha yang dimiliki sepenuhnya oleh PT Archi Indonesia Tbk yang bergerak di bidang pertambangan emas, PT Meares Soputan M...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR






Index