Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Viral BTS Meal, Pakar Sebut McD+BTS The Power of Fans Marketing

Posted by: 2467 viewer

Viral BTS Meal, Pakar Sebut McD+BTS The Power of Fans Marketing
Menu varian spesial edisi ‘BTS Meal’ McD. (Foto: IG @yuswohady)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Hari ini 9 Juni 2021 jagat netizen di Indonesia diramaikan dengan peluncuran perdana menu varian spesial edisi ‘BTS Meal’. Yang menghebohkannya lagi, sejumlah postingan berseliweran di media sosial seperti instagram yang menggambarkan kerumunan dan kehobohan kang ojol di sejumlah outlet McDonald’s (McD).

Rupanya para penggemar K-Pop di Indonesia tidak mau melewatkan untuk mendapatkan menu baru tersebut di hari pertama. Banyaknya masyarakat yang ingin mendapatkan menu tersebut, tidak sedikit memanfaatkan jasa pesan-antar makanan, yang membuat kerumunan di sejumlah outlet McD. Saking ramainya, postingan keramaian pun viral di media sosial.

Tagar #BTSMeal pun menggema dengan berbagai penuturan pengakuan para netizen terkait order menu spesial tersebut.

IKLAN INFOBRAND.ID

Viral peluncuran perdana menu varian spesial edisi ‘BTS Meal’ itupun tak luput dari sorotan pakar marketing di Indonesia. Yuswohadi, Pakar Marketing dan Managing Partner Inventure dalam postingan di akun instagram @yuswohady menulis McD + BTS The Power of Fans Marketing.

“Ini lho yang membuat anak saya HISTERIS,” tulis Yuswohady.

Diungkapkan bahwa anaknya yang juga ngefans sama BTS mengetahui adanya menu spesial McD edisi BTS itu langsung histeris dan minta untuk memesannya.

“Baru pesen aja sudah HISTERIS,” imbuhnya.

Tidak sampai di situ, begitu petugas antaran McDelivery nyampek di rumah, anaknya kembali histeris untuk yang kedua kali. Dan begitu foto di atas diposting di IG, maka pecah HISTERIS ke-tiga kali.

IKLAN INFOBRAND.ID

Mengomentari hal tersebut, lanjut Yuswo, menurutnya itulah cerdasnya McD memahami suasana psikologis "BTS Army" untuk meroketkan penjualan dan melakukan brand building.

Menurutnya McD selalu memiliki taktik jitu yang selalu dikeluarkan di saat-saat tertentu. Taktik itu dinamakan Tormenting The Customer, yaitu menyiksa konsumen dengan cara membatasi availibility atau ketersediannya.

“Yaitu hanya utk tiga channels: drive-thru, order delivery, dan online delivery,” katanya.

Tujuannya jelas, yaitu untuk menciptakan exclusivity akibatnya gampang ditebak semua org penasaran dan merasa istimewa. Tak heran jika begitu dibuka pemesanan jam 11 siang, jagat sosial media langsung gempar oleh aneka ragam postingan foto McD BTS Meal. Antrean drive-thru McD mengular di berbagai kota, menjadi sasaran empuk viral media sosial.

“The most powerful salesman is your customers di era HOR (horizontal marketing),” tutup Yuswohady.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...