Selasa, 24 Mei 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Viral di Ranah Digital jadi Strategi Jitu jadi Brand Pilihan Konsumen

Posted by: 04-10-2021 15:01 WIB 603 viewer

Viral di Ranah Digital jadi Strategi Jitu jadi Brand Pilihan Konsumen
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia memberikan sambutan dalam kegiatan Top Digital PR Award dan Brand Choice Award 2021.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam bisnis dan perusahaan, seiring perkembangan teknologi digital, perusahaan dan praktisi brand dituntut untuk adaptif, aktif di ranah digital dan memanfaatkan berbagai platform digital dalam menjalankan bisnisnya. Tujuannya tentu saja untuk efektifitas proses, jika tidak mengikuti perkembangan tersebut, perusahaan akan tertinggal.

Demikian, diungkapkan oleh Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, saat membuka kegiatan Top Digital PR Award 2021 dan Brand Choice Award 2021 yang digelar, Kamis 30/9/2021), jika melihat perkembangan pertumbuhan internet di Indonesia, menurut data We Are Sosical, hingga Januari 2021, jumlah pengguna internet mencapai 202,6 juta dari 274,9 jumlah penduduk Indonesia. Bisa dikatakan 73,7% penduduk Indonesia saat ini telah terhubung ke internet. Hal itu harus menjadi pertimbangan utama bagaimana perusahaan mulai melakukan aktivitas Public Relation atau membangun reputasi di ranah internet.

Tidak hanya itu, masih dari We Are Social, untuk aktivitas e-commerce, setiap bulan pengguna internet usia 16-64 tahun, sebanyak 93% mencari produk di internet untuk dibeli, dan 87,3% mengunjungi marketplace atau e-commerce untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Dan tercatat, sepanjang tahun 2020, terdapat 138,1 juta transaksi di e-commerce dengan nilai transaksi mencapai 30,31 miliar USD.

Sementara dari riset yang pernah dilakukan oleh TRAS N CO Indonesia, mengcapture ada sebanyak 126 juta lebih transaksi penjualan yang terjadi melalui Official Store dari brand-brand di dua marketplace teratas. Dimana survei tersebut kami lakukan terhadap 4.425 official store yang terdaftar secara resmi di Marketplace dengan rata-rata rating yang didapatkan oleh official store diangka 4,77 dari 5.

Karena itu, membangun branding di ranah digital kini semakin penting. Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan, dan yang paling efektif di era digital ini adalah mem-viralkan brand atau bisnis di ranah digital. Barang kali kita ingat salah satu brand yang pernah viral, salah satu restoran cepat saji yang menggandeng K-Pop hingga membuat menunya viral dan diserbu oleh konsumen. Cara-cara seperti itu sangat efektif untuk mendongkrak brand awareness sehingga produk cepat dikenal dan menjadi pilihan konsumen.

Untuk mengetahui perusahaan-perusahaan yang berhasil membangun reputasi di internet, dan brand pilihan konsumen di ranah digital, TRAS N CO Indonesia melakukan riset dan penelitian Digital PR Index dan Brand Choice Index. Riset Digital PR Index, yang dilakukan pada bulan Juni-Agustus 2021, dengan metode Desk Reserch terhadap 747 perusahaan Emiten dan 557 perusahaan Non Emiten dari berbagai industri, dengan tiga parameter penilaian, yaitu; Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect.

Sementara Riset Brand Choice Index, dilakukan pada bulan Juni – Agustus 2021, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand ter-riset, dengan pendekatan metodologi desk research dengan mengacu pada tiga aspek penilaian digital, yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect.

Dari riset tersebut, selanjutnya kami menentukan pemenang yang berhak mendapatkan penghargaan Top Digital PR Award 2021 dan Brand Choice Award 2021. Melalui penghargaan ini, diharapkan tolok ukur bagaimana sebuah perusahaan memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat. Dan barometer brand-brand pilihan konsumen di ranah digital.

“Selamat kami ucapkan kepada Bapak dan Ibu yang telah terpilih untuk mendapatkan penghargaan “TOP DIGITAL PR AWARD 2021 & BRAND CHOICE AWARD 2021”. Terus aktif dan kreatif di ranah digital, untuk menjadi perusahaan dan brand terbaik dan menjadi pilihan konsumen Indonesia,” tutup Tri Raharjo.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


5 Tips Membuat Konten Media Sosial yang Ciamik

5 Tips Membuat Konten Media Sosial yang Ciamik
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bisnis di era digital dapat dilakukan dengan lebih mudah dalam setiap prosesnya. Termasuk dalam kegiatan branding dan marketin...


Memperbaiki Value Brand agar Tetap Relevan dengan Pasar

Memperbaiki Value Brand agar Tetap Relevan dengan Pasar
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat ternyata telah memicu adanya disrupsi atau gangguan yang membuat sejumlah bra...


Perilaku Konsumen di Era Digital

Perilaku Konsumen di Era Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Gelombang disrupsi akibat perkembangan teknologi digital juga dipengaruhi oleh perubahan perulaku konsumen dalam memilih sebua...


Peran PR di Era Digital

Peran PR di Era Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital telah menyentuh berbagai aktivitas bisnis. Tak terkecuali dalam aktivitas bisnis. Kegiatan hubu...