Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Waralaba Bisa Jadi Sumber Pendapatan Pasif

Posted by: 167 viewer

Waralaba Bisa Jadi Sumber Pendapatan Pasif
waralaba

INFOBRAND.ID-Pendapatan pasif tak melulu datang dari investasi di pasar modal dan properti. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh pendapatan, tanpa Anda harus terjun langsung mengurusi usaha tersebut.

 Hal ini disampaikan  Melvin Mumpuni, perencana keuangan finansial. Menurutnya, untuk memperoleh passive income ada tiga hal yang bisa dimanfaatkan. Pertama, rental income, yakni pendapatan dari menyewakan apa pun. Kedua, royalty income, yakni pendapatan dari karya seni termasuk di antaranya hak cipta dari musik. Selain itu, ada pula  income dari waralaba.

"Ada pendapatan dari waralaba yang sudah jalan. Misalnya minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Sekarang ini juga banyak warung makan seperti warteg," kata Melvin. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Model waralaba ini, menurutnya, cocok bagi mereka yang sudah pensiun. Mereka tidak perlu mengurusi bisnisnya di usia yang seharusnya beristirahat dan cukup memantau dri rumah. Dari sana, mereka  memperoleh pendapatan yang nilainya cukup besar. 

Erlina Juwita, perencana keuangan OneShildt, juga sependapat. Waralaba bisa menjadi salah satu sumber passive income. Akan tetapi, Anda perlu jeli melihat seperti apa pengelolaannya. Untuk waralaba yang sudah punya nama seperti Indomaret atau Alfamart itu bisa dijajal walaupun modalnya juga tidak sedikit. 

Erliana memberi contoh Alfamart itu biasanya ada gerai baru atau take over. Nilainya  bisa dari Rp 500 jutaan untuk gerai baru, sementara take over itu bisa Rp 800 juta. 

"Take over lebih mahal karena sudah kelihatan pasarnya.  Kalau gerai baru, kan harus buka jalan dulu," kata Erlina. 

Hal ini juga berlaku untuk usaha lain, misalnya, warteg.  Erlina bilang, ketika warteg tersebut sudah punya langganan, maka saat membeli warteg, tak perlu repot lagi memikirkakn pasarnya seperti apa. Akan berbeda jika Anda harus membuat warteg sendiri. Paling tidak, Anda  harus membangun sistem sendiri, mencari pasarnya sepeti apa, dan bahkan masak  jadi tanggungjawab pribadi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Nah, sekarang ini  ada waralaba yang bisa dibeli secara crowdfunding.

Erlina memberi contoh  Landx. Di dalamnya ada beberapa pilihan pendanaan pada waralaba yang bisa dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan pendapatan pasif. Modalnya pun lebih aman di kantong.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...